Ibu Ibukota Awards 2022, Berkumpulnya 62 Sosok Penebar #AksiHidupBaik

Dreamitie | Jumat, 19 Agustus 2022 19:36

Reporter : Dwi Ratih

Bertemu kembali dengan 62 sosok perempuan penggerak yang tak pernah lelah berkontribusi untuk mewujudkan Jakarta yang humanis dan penuh harapan.

Dream – Rutin digelar sejak 2019 lalu, Ibu Ibukota Awards kembali hadir di 2022 ini dengan terus menebarkan #AksiHidupBaik. Setelah sempat terhadang pandemi yang membuat semua pihak harus berjaga jarak, event penghargaan untuk para ibu yang menginspirasi ini bisa dilaksanakan secara hybrid, alias offline dan online.

“ Saat pandemi kita tetap melakukan #AksiHidupBaik melalui webinar dan kami diberi kesempatan untuk bersosialisasi ke-5 wilayah di Jakarta Timur dari Ibu Walikota Jakarta Timur untuk melakukan #AksiHidupBaik,” ucap Chevi Mawarti sebagai angkatan pertama dari Ibu Ibukota saat konferensi pers di Jakarta, Jumat, 19 Agustus 2022.

Menghadirkan acara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Ibu Ibukota Awards 2022 yang digagas Fery Farhatikini tak lagi mencari sosok-sosok baru. 

Event Ibu Ibukota Awards 2022 pada tahun ini digelar dengan mengajak 62 sosok perempuan penggerak untuk kembali bertemu dan terus konsisten tanpa kenal lelah berkontribusi untuk mewujudkan Jakarta yang humanis dan penuh harapan.

“ 62 sosok yang selama ini menemani tumbuhnya Ibu Ibukota Awards 2022 akan kembali diangkat melalui cerita yang sungguh luar biasa menginspirasi dan memiliki keunikannya masing-masing,” ujar Komariyah selaku Ketua Panitia Ibu Ibukota Awards 2022.

Ibu Ibukota Awards 2022, Berkumpulnya 62 Sosok Penebar #AksiHidupBaik
Foto: Instagram.com/fery.farhati
2 dari 7 halaman

Diketahui, Ibu Ibukota Awards hadir untuk memberikan apresiasi kepada sosok Ibu Ibukota yang tak pernah berhenti untuk belajar dan berjuang dalam menyebarkan literasi #AksiHidupBaik di Indonesia khususnya DKI Jakarta.

“ Ibu Ibukota ini akan terus punya niat baik dalam setiap langkah yang dikerjakan dan juga ada sustainability seperti yang dikerjakan ibu-ibu ini adalah aksi hidup baik melakukan sesuatu atas dasar kebaikan dan mejaga lingkungan,” ucap Feri Farhati sang penggagas Ibu Ibukota Awards.

Di kesempatan ini, Feri mengungkapkan alasan mempertahankan 62 sosok yang telah menemani perkembangan Ibu Ibukota selama ini adalah untuk bertukar pikiran, bekerjasama, dan berbagi pengalaman dengan ibu-ibu. untuk menjadikan Jakarta lebih baik.

“ Yang paling berkesan karena kita semua (yang merupakan) sosok Ibu Ibukota dari 3 angkatan, senang dan banyak belajar dari segala bidang serta siap berkolaborasi dari yang muda sampai yang tua,” jelas Nila Sari selaku Ibu Ibukota bidang Lingkungan.

3 dari 7 halaman

Tak cuma itu saja, bentuk kolaborasi bersama Ibu Ibukota Awards 2022 ini juga meliputi:

1. Pelatihan

Membatik, urban farming, membuat kerajinan, alat permainan edukatif, jamu, dan beberapa keterampilan Ibu Ibukota yang siap dibagikan secara gratis kepada publik.

2. Bincang inspiratif

Setiap sosok memiliki cerita #AksiHidupBaik yang menyajikan perjalanan mereka dalam membangun gerakan. Semua cerita ini siap dibagikan kepada publik untuk mewujudkan Jakarta yang humanis dan penuh harapan.

3. Proses kreatif

Memiliki berbagai kegiatan kreatif dan inovatif seperti pemotretan, pembuatan ilustrasi hingga pembuatan video musik untuk theme song Ibu Ibukota termasuk hal-hal yang dapat diapresiasi.

4 dari 7 halaman

“ Satu cerita inspirasi dari teman teman Ibu Ibukota di sini bisa menginsprisai 10 bahkan 100 orang di sekitar kita untuk melakukan #AksiHidupBaik,“ jelas Hilbram Dunar selaku Mentor Bekali (Belajar Kembali).

 Ibu Ibukota Awards 2022© Ibu Ibukota Awards 2022

Sebelumnya, Ibu Ibukota Awards 2022 telah menjalani rangkaian kegiatan seperti Temali (Temu Kembali) pada 2 Juli, Bekali pada 17, 23, 24 Juli yang berisikan kelas belajar untuk pembekalan Ibu Ibukota Awards 2022 dan bulan kolaborasi yang sedang berjalan pada Agustus sampai September mendatang.

Diselenggarakan sampai Oktober 2022 menuju puncak perayaan Gerakan #AksiHidupBaik, Ibu Ibukota Awards 2022 berharap agar cara menebarkan aksi hidup baik tetap bisa terjaga karena semua memiliki nilai dan arti menjadi yang lebih baik dan hebat untuk diri sendiri maupun orang di sekitar.

(Sah, Laporan: Ghina Arifin)

5 dari 7 halaman

Kisah Inspiratif 21 Wanita Ibukota

Dream - Tingkat literasi di Indonesia memang masih relatif rendah. Sehingga tidak heran gerakan literasi di Indonesia terus digencarkan dalam beberapa tahun terakhir.

Literasi, yang merupakan sebuah kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah. Umumnya, literasi juga dikaitkan dengan kecakapan memahami sebuah informasi.

NGOBRAS: Usir Toxic Relationship Lewat Lagu ‘Outta Ur Mind’

Sejak tahun 1967, tiap 8 September diperingati sebagai Hari Literasi Sedunia. Sementara sejak 2019, istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati, menyelenggarakan Ibu Ibukota Awards untuk memberikan apresiasi pada sosok ibu yang melakukan gerakan-gerakan peningkatan literasi di sekitarnya.

Sosok Ibu Ibukota adalah penggerak literasi yang terus melakukan #AksiHidupBaik untuk menciptakan peradaban dan lingkungan yang lebih baik. Pada tahun ini, Ibu Ibukota Awards ingin memperkenalkan makna literasi lebih luas yaitu kecakapan seseorang untuk terus belajar dan mengajar bagi sekitarnya.

6 dari 7 halaman

#AksiHidupBaik

Sebanyak 21 sosok Ibu Ibukota diperkenalkan sebagai penggerak literasi pada momen konferensi pers Menuju Ibu Ibukota Awards 2021 yang disiarkan secara live streaming di akun YouTube Ibu Ibukota, Selasa 7 September 2021.

Acara puncak ajang ini akan diselenggarakan bertepatan dengan Hari Ibu, pada Desember 2021.

Keseruan Event Cafe Takeover Bareng Slay Sisters

" Tahun ini kami kembali menerima ratusan cerita sosok Ibu Ibukota yang diusulkan oleh masyarakat. Kita perlu bersama-sama mengucapkan terima kasih kepada seluruh sosok yang bergerak di sudut-sudut Jakarta," ungkap Fery Farhati.

" Terima kasih karena telah ambil bagian untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat," tuturnya.

Sosok Ibu Ibukota adalah orang-orang yang terus memberdayakan sekitarnya dengan terus menerus belajar dan mengajarkan masyarakat jadi lebih baik. Mereka mendedikasikan diri untuk menjalankan program-program yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar.

Cerita dari para sosok itu akan diangkat di Gelar Wicara Ibu Ibukota yang akan tayang setiap Jumat, mulai Oktober hingga Desember secara eksklusif di YouTube Channel Ibu Ibukota.

Gelar Wicara ini akan menghadirkan 11 Tim Seleksi yang akan berbincang langsung dengan para sosok.

 Ibu Ibukota Awards 2021© Ibu Ibukota Awards 2021

 Ibu Ibukota Awards 2021© Ibu Ibukota Awards 2021

Tim seleksi beranggotakan Ellisa Sumarlin (Istri Wakil Gubernur DKI Jakarta), dr. Widyastuti (Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta), dr. Pandu Riono (Staff Senior Universitas Indonesia), Elizabeth Ratu Rante Allo (Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta), Helianti Hilman (Founder Javara), dan Tiza Mafira (Co-Founder Gerkan Indonesia Diet Kantong Plastik).

Rukun Indonesia: Menebarkan Dakwah Tidak Sebatas Lewat Kajian

Dilanjut dengan Soraya Cassandra (Co- Founder Kebun Kumara), Nurhayati Subakat (Komisaris Utama PT. Paragon Technology & Innovation), Tuty Kusumawati (Kepala Dinas DPPAPP DKI Jakarta), Evi Trisna (Advisor Gerakan Indonesia Mengajar), serta Nahdiana (Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta).

" Ketika saya ditawarkan menjadi tim seleksi saya langsung bersedia karena terkesan dengan kerja ikhlas para ibu-ibu ini. Tidak perlu berpenghasilan besar, tapi mau melakukan sesuatu untuk lingkungannya,” kata Nurhayati Subakat, salah satu tim seleksi Ibu Ibukota Awards tahun ini.

7 dari 7 halaman

Terbagi 5 bidang


 Ibu Ibukota Awards 2021© Ibu Ibukota Awards 2021

Setelah melewati proses seleksi dan registrasi yang berlangsung selama Juni-Juli, berikut 21 sosok Ibu Ibukota 2021 terpilih yang ceritanya akan diangkat hingga Desember nanti.

`Ketiban Rejeki 2 dari KLY` Segera Datangi Sahabat Dream, Banyak Hadiah Menarik Menanti

Bidang Kesehatan:

1. Siti Aminah
2. Ike Ni'mah Tatimu
3. Erna Agnes Sitompul
4. Roosalina Wulandari

Bidang Kewirausahaan:

1. Intan Mustika Anggraeni M
2. Eni Ahaeni
3. Henny Christingsih
4. Sri Sintawati

Bidang Lingkungan:

1. Ida Muslikah
2. Fathimah Himmatina
3. Rohani
4. Nila Sari

Bidang Pendidikan:

1. Erlin Yusnita
2. Ros Yusuf
3. Hoiriyah
4. Sri Utami Satriastuti

Bidang Pemberdayaan:

1. Suyatmi
2. Ayi Asmita
3. Sri Piwelas
4. Setianingsih
5. Fitriyah

 

Join Dream.co.id