Hore! Belanja Harbolnas Ramadan, Ongkir Ditanggung Pemerintah

Dinar | Kamis, 22 April 2021 13:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Harbolnas Ramadan bakal digelar pada awal Mei, siap-siap, ya.

Dream – Pemerintah akan menggelar Program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Ramadan 2021. Menariknya, pemerintah menanggung ongkos kirim selama Harbolnas berlangsung.

Dikutip dari setkab.go.id, Kamis 22 April 2021, pemerintah akan menggelar Harbolnas Ramadan selama lima hari menjelang Idul Fitri, yaitu H-10 sampai H-6. Jika Lebaran 2021 ditetapkan pada tanggal 12 Mei, H-10 Idul Fitri akan jatuh pada 3 Mei. Dengan begitu, Harbolnas akan diperkirakan digelar pada 3-7 Mei 2021.

“ Ongkos kirim ditanggung oleh pemerintah ataupun platform digital,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, di Jakarta.

Sekadar informasi, pemerintah menganggarkan dana senilai Rp500 miliar untuk program Harbolnas Ramadan. Diketahui bahwa ongkir yang ditanggung itu berlaku untuk produk-produk lokal.

Hore! Belanja Harbolnas Ramadan, Ongkir Ditanggung Pemerintah
Pemerintah Akan Menanggung Ongkos Kirim Untuk Harbolnas Ramadan, Lho. (Foto: Shutterstock)
2 dari 2 halaman

Belanja Nasional Meningkat Pada April

Airlangga memaparkan selama bulan April 2021 terjadi peningkatan pertumbuhan belanja nasional yang cukup tajam.

“ Dari hasil monitor data big data dari perbankan, sudah terlihat pertumbuhan belanja nasional di bulan April, mengalami kenaikan yang cukup besar di mana tumbuh 32,48 persen (year-on-year/YoY) untuk yang non-seasonally adjusted dan 13,11 persen (YoY) untuk yang seasonally adjusted,” kata dia.

Selain capaian Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Maret 2021 yang mencatatkan rekor tertinggi di level 53,2, sektor industri juga mencatatkan pertumbuhan penerimaan yang cukup signifikan.

“ Penerimaan sektor industri, ini mengalami kenaikan, yaitu tumbuh 10,26 persen (YoY), itu untuk non-seasonally adjusted dan 1,46 persen (YoY) yang seasonally adjusted,” kata mantan menteri perindustrian itu.

Join Dream.co.id