Wow! Orang RI Butuh Uang Tunai Rp 167 Triliun Pas Ramadan

Dinar | Sabtu, 3 Juni 2017 08:02
Wow! Orang RI Butuh Uang Tunai Rp 167 Triliun Pas Ramadan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dibandingkan tahun lalu, total kebutuhan uang tunai ini selama Ramadan sampai Lebaran itu meningkat. Apa pemicunya?

Dream - Bank Indonesia (BI) memperkirakan kebutuhan uang tunai masyarakat Indonesia selama Ramadan dan Lebaran tahun ini mencapai Rp167 triliun. Angka ini meningkat dari realisasi tahun 2016 yang sebesar Rp146 triliun.

" Ini ada beberapa hal yang mempengaruhi (kebutuhan) yang naik signifikan," kata Deputi Gubernur BI, Sugeng, di Jakarta, Jumat 2 Juni 2017.

Sugeng menduga kenaikan kebutuhan uang tunai itu dipicu pertumbuhan ekonomi yang naik signifikan. Faktor lain adalah masyarakat menikmati libur Lebaran tahun ini lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya.

Terakhir, kebutuhan uang untuk Puasa dan Lebaran dipengaruhi oleh pemberian tunjangan hari raya (THR) oleh perusahaan.

Menurut SUgeng, tinggi rendahnya kebutuhan uang dilihat dari kondisi perekonomiannya. Sebagai contoh, daerah yang pertumbuhan ekonominya tinggi, biasanya tingkat kebutuhan uangnya juga tinggi.

" Untuk di DKI Jakarta, (kebutuhan uangnya) sebesar 25,5 persen dan Jawa di luar Jakarta, sebesar 34,6 persen. Kalau ditotal, angkanya sekitar 60 persenan. Kurang lebih sama dengan perekonomian di Jawa terhadap nasional sebesar 58 persen," kata dia. (Sah)

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id