Dibikin Selimut Mewah, Sekilogram Bulu Bebek Langka Ini Seharga Rp72 Juta

Dinar | Rabu, 4 Agustus 2021 08:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pantas saja tiap tahun bulunya diburu oleh orang-orang.

Dream – Setiap musim panas, ratusan pemburu menjelajahi pulau kecil yang terpencil di Teluk Breizafjorzur, Islandia. Mereka berburu harta karun yang tidak biasa yaitu bebek kutub Eider--eiderdown.

Bukan karena ingin makan dagingnya, bebek itu jadi perburuan karena memiliki bulu termahal di dunia.

Dikutip dari Oddity Central, Rabu 4 Agustus 2021, perburuan bulu ini diadakan hampir setiap tahun selama lebih dari seribu tahun.

Bulu bebek kutub Eider--eiderdown diketahui memiliki serat alami terhangat dan awet. Biasanya, bulu bebek itu digunakan sebagai bahan membuat selimut.

Satu kilogram eiderdown dijual seharga ribuan dolar. Bulu ini digunakan untuk produk mewah. Misalnya, selimut dari bulu eiderdown dijual seharga US$5 ribu (Rp71,56 juta).

Dibikin Selimut Mewah, Sekilogram Bulu Bebek Langka Ini Seharga Rp72 Juta
Bebek Ini Punya Bulu Termahal Di Dunia. (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Tapi, Sangat Langka

Bebek eider ini melepaskan bulu dari dada mereka. Bulu itu digunakan untuk melapisi sarang dan melindunginya dari predator selama masa bertelur. Sarang inilah yang dicari para pemburu selama perburuan eiderdown tahunan.

“ Saat masa bertelur, kami hanya mengambil sebagian bulunya dari bawah. Saat Eiderdown keluar dari sarang, kami mengambil semuanya,” kata pemimpin King Eider—salah satu eksportir eiderdown—Erla Fridksdottir, kepada AFP.

Namun, eiderdown terbilang langka dan hidup di tempat yang sangat terisolasi. Menurut hasil global tahunan, bulu halus bebek ini ada kurang dari empat ton dan tiga perempatnya berasal dari Islandia.

Pemburu bulu bebek eider harus menemukan 60 sarang bebek untuk mengumpulkan satu kilogramnya. Setelah dikumpulkan, bulu itu harus diperiksa dengan kualitas yang ketat dan serangkaian proses. Ini membuat harganya semakin mahal.

3 dari 6 halaman

4 Satpam dan 6 Anjing Disewa Buat Jaga Mangga Termahal di Dunia

Dream – Pasangan suami istri di Madhya Pradesh, India, mempekerjakan empat orang satpam dan enam ekor anjing untuk memastikan keamanan barang berharga mereka. Bukan rumah ataupun perhiasan, Satpam dan anjing ini diberi tugas khusus menjaga sebuah pohon.

Diketahui pasangan ini memiliki sebuah pohon mangga —yang tengah berbuah sebanyak 7 buah — agar dijaga sebaik mungkin dari para pencuri.

 

 4 Satpam dan 6 Anjing Disewa Buat Jaga Mangga Termahal di Dunia
© Dream

 

Dikutip dari India.com, Senin 22 Juni 2021, pohon mangga yang dijaga ini bukan sembarangan. Tujuh mangga yang dijaga termasuk kategori langka dan paling mahal di dunia. Namanya mangga jepang miyazaki.

Pasangan yang bernama Rani dan Sankalp Parihar ini menanam dua pohon mangga yang dibeli dari seorang pria tahun lalu. Kala itu, mereka sedang bepergian ke Chennai.

Keduanya mengira pohon itu akan tumbuh seperti pohon mangga lainnya. Tapi, saat tumbuh, warna mangganya justru merah delima.

4 dari 6 halaman

Awalnya Terkejut

Awalnya mereka terkejut saat pohon mangga itu berbuah dengan warna yang tidak biasa. Setelah diteliti, pasangan ini baru menyadari jika mangga yang ditanam adalah buah paling mahal dan langka di dunia.

Sankalp mengatakan pria tersebut menawarkan bibit mangga kepada pasutri ini. Dia juga meminta mereka merawat pohon mangga selayaknya bayi.

“ Kami menanam di kebun tanpa mengetahui varietas mangga yang akan dihasilkan,” kata Sankalp kepada Hindustan Times.

 

5 dari 6 halaman

Pohon Diberi Nama Ibunya

Sankalp menamai pohon mangga itu dengan nama ibunya, Damini. Hal ini dilakukan karena tak tahu jenis mangga tersebut.

Kini, pasangan tersebut tak ingin menjual mangga miyazaki sekarang.

Sekadar informasi, mangga miyazaki jarang tumbuh di India. Awalnya, mangga ini tumbuh di Miyazaki, Jepang, lalu dinamai sebagai mangga miyazaki.

 

6 dari 6 halaman

Harga Mangga per Buah

Mangga ini tergolong yang paling mahal di dunia. Harganya per kilogram senilai 270 ribu rupee (Rp52,46 juta). Untuk per buahnya, mangga berwarna merah delima ini senilai 21 ribu rupee (Rp4,08 juta).

Mangga miyazaki adalah jenis mangga “ Irwin” yang berbeda dari mangga pelican kuning yang banyak ditanam di Asia Tenggara.

Join Dream.co.id