Pria Tajir Ini Doyan Bikin Rekor Pembelian Apartemen Termahal

Dinar | Senin, 28 Januari 2019 17:45
Pria Tajir Ini Doyan Bikin Rekor Pembelian Apartemen Termahal

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Yang terakhir dia membeli apartemen seharga Rp3,43 Triliun, termahal di negara AS

Dream – Sebuah apartemen di Manhattan, Amerika Serikat, laku terjual US$238 juta (Rp3,43 triliun). Apartemen ini langsung mencetak sejarah sebagai apartemen termahal di negara tersebut.

Dikutip dari BBC, Senin 28 Januari 2019, apartemen ini adalah yang termewah di Central Park 220 South. Properti ini memiliki empat lantai dan menghadap taman di New York, Amerika Serikat.

Pembelinya adalah seorang miliarder bernama Ken Griffin. Pria itu merupakan pendiri perusahaan investasi Citadel.

Selain di Amerika Serikat, Griffin juga membeli properti berupa rumah senilai US$214 juta (Rp3 triliun). Rumah mewah ini terletak di dekat Istana Buckingham, London, Inggris.

Dia juga telah mencetak rekor pembelian apartemen termahal di Miami, Amerika Serikat. Harganya mencapai US$60 juta (Rp842,85 miliar) pada 2015 dan di Chicago, Amerika Serikat, pada 2017 senilai US$59 juta (Rp828,8 miliar).

Miliarder ini juga punya tiga rumah mewah di Chicago, 6 di Florida, dan 2 di Hawaii. Sebelum membeli apartemen di Central Park, Griffin punya rumah termahal di daerah East Hampton, Amerika Serikat. Kala itu, pria berusia 50 tahun ini merogoh kocek US$137 juta (Rp1,92 triliun).

2 dari 3 halaman

Lebih Kecil dari Parkir Mobil, Apartemen Ini Seharga Rp5 Miliar

Dream – Hong Kong terkenal untuk harga properti yang mahal, misalnya, apartemen. Bicara tentang apartemen, salah satu pengembang properti belum lama ini menjadi buah bibir publik.

Dikutip dari Oddity Central, Selasa 22 Januari 2019, perusahaan ini menjual apartemen jenis T-Plus yang mirip “ apartemen kotak sepatu”. Ukurannya hanya 11 meter persegi. Ukuran ini lebih kecil daripada area parkir di Hong Kong yang seluas 12 meter persegi.

Namun, apartemen mini ini sudah dilengkapi dengan dapur, toilet, gudang, kulkas, kasur, dan meja makan. Sangat mengagumkan. Saking mininya, kamu cukup berjalan lima langkah untuk menjangkau satu area ke area lain di dalam apartemen.

Inspirasi apartemen ini berasal dari hostel pelajar yang memiliki ruang minimalis, tapi fungsinya maksimal.

Pengembang lokal itu telah membangun apartemen T-Plus sebanyak 73 unit. Perusahaan itu berharap bisa menjual sebagian besar unit apartemen pada Desember 2018. Sayangnya, mereka harus menelan pil pahit karena apartemen itu hanya terjual dua unit. Pengembang lokal ini gagal menarik minat masyarakat.

“ Penjualan terburuk belakangan ini,” kata Chief Executive of Residential Division of Midland Realty, Sammy Po Siu-ming.

3 dari 3 halaman

Harganya Mahal

Apartemen tipe T-Plus ini dijual seharga 2,85 juta dolar Hong Kong (Rp5,19 miliar). Percaya atau tidak, harga ini lebih murah daripada harga rata-rata apartemen mini lainnya. Pada Maret 2018, sebuah apartemen mikro seluas hanya 209 meter persegi di Pok Fu Lam, dijual seharga 7,9 juta dolar Hong Kong (Rp14,41 miliar).

Apartemen seluas 128 meter persegi ini terdengar mirip sebagai kandang daripada tempat tinggal. Pengembang lokal ini malah berencana membuatnya lebih sempit lagi.

Pada 2016, ada suatu perusahaan yang membangun apartemen seluas 61,4 meter persegi. Luasnya lebih kecil daripada sel penjara.

Kamu bisa melihat video apartemen mungil itu di sini.

Join Dream.co.id