Wisatawan Muslim Kekinian Bakal Tumbuh Rp1.349 T di 2025

Dinar | Minggu, 5 November 2017 13:28
Wisatawan Muslim Kekinian Bakal Tumbuh Rp1.349 T di 2025

Reporter : Ahmad Baiquni

Sudah seharusnya pertumbuhan tersebut menjadi perhatian penting bagi pasar produk dan layanan yang ramah terhadap Muslim.

Dream - Jumlah wiatawan Muslim dunia kekinian mengalami pertumbuhan cukup fantastis. Ini disebabkan perkembangan teknologi yang mendorong meningkatnya minat di kalangan Muslim untuk berwisata ke sejumlah belahan dunia.

Berdasarkan survei Mastercard-HalalTrip Muslim Millenial Travel Report 2017 yang diluncurkan CrescentRating & HalalTrip, wisatawan Muslim diprediksi tumbuh mencapai US$100 miliar, setara Rp1.349 triliun. Sementara segmen perjalanan Muslim diprediksi juga tembus US$300 miliar pada 2026, setara Rp4.047 triliun.

Melihat fenomena tersebut, EO CrescentRating & HalalTrip, Fazal Bahardeen, mengatakan sudah seharusnya pertumbuhan tersebut menjadi perhatian penting bagi pasar produk dan layanan yang ramah terhadap Muslim. Dia menjelaskan pertumbuhan wisatawan Muslim akan berada di titik tertinggi pada 5 hingga 10 tahun mendatang.

" Tidak ada keraguan bahwa semua pihak di sektor pariwisata harus lebih memperhatikan pasar wisatawan Muslim milenial ini yang dapat mendorong pengeluaran untuk tiket pesawat, hotel dan wisata," kata Bahardeen dikutip Dream dari merdeka.com, Minggu, 5 November 2017.

Hal senada diungkapkan Vice President Core & Digital Products Mastercard Indonesia, Malaysia & Brunei Division, Aisha Islam. Menurut Aisha, ada sekitar 1 miliar Muslim berusia di bawah 30 tahun yang merupakan pasar potensial traveling

" Pada tahun 2030, Muslim diperkirakan akan berkontribusi sebesar 29 persen dari populasi global yang berusia 15-29 tahun," jelas Aisha.

CrescentRating menyatakan lebih dari 30 persen wisatawan Muslim pada tahun 2016 merupakan masyarakat kekinian sedangkan 30 persen lainnya merupakan Generasi Z, yakni kelompok demografis setelah kaum milenial.

Dengan 121 juta pengunjung dunia pada 2016, lebih dari 72 juta wisatawan Muslim merupakan generasi milenial ataupun Generasi Z.

Dari Muslim milenial yang disurvei, terungkap sejumlah motivasi yang dipakai. Sebanyak 93 persen responden berwisata untuk liburan, 63 persen menikmati budaya dan warisan lokal, dan 43 persen mengunjungi teman dan kerabat.

Destinasi favorit yang paking banyak dituju oleh Muslim kekinian adalah Malaysia, Indonesia, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat dan India.

Terkait
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id