Waspada Skimming ATM, Jangan Sampai Jadi Korban

Dinar | Selasa, 25 Mei 2021 16:45

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Penipu bisa menggasak saldo rekeningmu dengan skimming. Lalu, bagaimana caranya untuk menghindari skimming?

Dream – Seiring berjalannya waktu, teknologi perbankan semakin canggih dan praktis. Salah satunya penggunaan ATM sebagai mesin tarik tunai yang lebih praktis dibandingkan teller bank.

Hal itu tentunya sangat memudahkan kegiatan perbankan nasabah. Namun kurangnya literasi akan teknologi yang ada juga bisa menjadi masalah karena akan memberi kesempatan bagi pelaku penipuan untuk beraksi. Salah satu kejahatan yang kerap dialami nasabah bank yaitu skimming.

Tentunya hal tersebut menjadi masalah yang ditakuti para nasabah bank. Untuk itu terdapat hal-hal yang harus kamu ketahui agar terhindar dari kejahatan skimming dan menjaga kerahasiaan data secara aman.

Skimming adalah trik yang digunakan untuk mencuri data kartu debit/kredit dengan cara menggandakan kartu. Untuk mendapatkan data tersebut, penipu akan memasang skimmer, perangkat yang terpasang pada slot pembaca kartu untuk menyalin data serta memasang kamera tersembunyi untuk merekam penekanan PIN kartu.

Setelah itu, mereka akan menggunakan duplikasi ATM tersebut untuk menyedot uang dari akun tersebut. Untuk itu perlu memperhatikan apakah ATM yang kamu gunakan terlihat mencurigakan atau tidak, seperti benda asing di mulut ATM, stiker hingga kabel yang terlepas.

Lantas, bagaimana caranya agar terhindar dari risiko skimming?

Waspada Skimming ATM, Jangan Sampai Jadi Korban
Hati-hati Dengan Skimming ATM, Sahabat Dream. (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Teliti dan Waspada

Pertama, kamu sebaiknya teliti dengan slip transaksi. Biasakan untuk selalu menghitung uang yang dikeluarkan melalui mesin ATM dengan cara melihat slip transaksi secara hati-hati.

Setelah penghitungan uang tersebut selesai, segera masukkan kartu ke dalam dompet. Jika terdapat kejanggalan dari jumlah uang yang diterima, segera daftarkan keluhan pada bank yang kamu gunakan untuk mengambil kembali sejumlah uangmu.

Ke dua, selalu waspada. Pastikan memilih ATM dengan penerangan yang baik dan ramai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan bantuan saat terjadi kejahatan.

Selain itu pastikan bahwa ATM tersebut memiliki kamera pengawas seperti CCTV yang aktif sebagai antisipasi. Jika terlihat kejanggalan segera pergi dan batakan transaksi. Walaupun banyak mesin ATM yang beroperasi selama 24 jam, hindari menggunakan mesin ATM sendiri pada malam hari.

3 dari 4 halaman

Jaga Privasi Data

Ke tiga, menjaga privasi data. Selalu pastikan untuk menutup keypad ATM dengan tangan saat mengetik nomor PIN dan menghalangi layar mesin ATM dengan tubuh agar lebih menjaga keamanan privasi.

Simpan struk agar orang lain tidak mengetahui jumlah uang yang telah kalian ambil. Yang terpenting, tidak membagikan informasi PIN atau data informasi lainnya kepada orang lain.

Ke lima, memperhatikan laporan saldo. Terus cek saldo secara berkala. Ini tidak hanya akan memberi informasi tentang berapa banyak transaksi yang telah dilakukan dalam waktu dekat, tetapi juga dapat membantu melacak transaksi penarikan uang yang tidak dikenal.

4 dari 4 halaman

Jangan Lupa Cek Saldo

Ke enam, jangan gunakan Wi-Fi publik ketika bertransaksi perbankan. Perlu diketahui, skimming ini tidak hanya terjadi di ATM. Kemudahan internet banking yang lebih efisien untuk bertransaksi juga menjadi sasaran terjadinya skimming.

Untuk itu, yang perlu diperhatikan adalah tidak menggunakan wifi publik saat sedang menggunakan internet banking serta memantau rekening secara rutin. Selain itu, disarankan untuk mengganti password secara berkala untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. (Sumber: dnaindia.com)

(Laporan: Yuni Puspita Dewi)

Join Dream.co.id