Wapres Berpesan Soal Entrepreneurship, Ini Capaian KNEKS Selama Ini

Dinar | Rabu, 25 Mei 2022 07:12

Reporter : Editor Dream.co.id

Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) akan menggelar Rapat Pleno pada pekan depan.

Dream - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan agar Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) memperhatikan program peningkatan bidang entrepreneurship untuk menciptakan para pengusaha baru.

Pesan Wapres tersebut disampaikan kepada Menteri Keuangan yang juga menjabat Sekretaris KNEKS, Sri Muyani Indrawati yang menyampaikan rencana rapat pleno KNEKS pada Senin, 30 Mei 2020 mendatang.

Menurut Ma'ruf, ekonomi syariah di Indonesia tidak akan berjalan sukses jika tidak ada pengusaha yang menjalankan sistem tersebut.

" Ini barangkali tugas kita, menciptakan pengusaha-pengusaha melalui langkah-langkah yang kita buat,” ujar Ma'ruf.

Sejalan dengan tema rapat pleno KNEKS yaitu Bergerak Lebih Cepat Untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia, Wapres menyatakan hal tersebut sudah sesuai dengan tujuan yang tengah diupayakan pemerintah.

Wapres Berpesan Soal Entrepreneurship, Ini Capaian KNEKS Selama Ini
Wapres Ma'ruf Amin Menerima Sekretaris KNEKS Sri Mulyani Terkait Rencana Rapat Pleno KNEKS (Foto: Wapresri.go.id)
2 dari 2 halaman

Capaian KNEKS

Sementara Kepala Sekretariat KNEKS Wempi Saputra melaporkan salah satu capaian KNEKS dalam pengembangan industri adalah adalah adanya strandarisasi ekspor halal dan sertifikasi produk UMKM halal.

" Kodifikasi dan standardisasi ekspor halal itu sudah selesai, sudah dipakai di dalam ekspor barang di Bea Cukai dan database-nya sudah tersedia. Jadi, kita bisa monitor berapa jumlah produk halal yang akan diekspor,” jelas Wempi dikutip dari laman Wapresri.go.id.

Sedangkan untuk program sertifikasi produk UMKM halal masih terus dikembangkan dan KNEKS mencoba sertifikasi melalui Online System Submission (OSS) yang sudah diikuti 230 ribu pengusaha.

Sri Mulyani dalam penjelaskan menegaskan Rapat Pleno KNEKS akan lebih banyak melibatkan partisipasi banyak pihak untuk bersinergi memajukan ekonomi dan keuangan syariah.

Join Dream.co.id