Wanita Ini Sukses Jadi Miliarder Berkat `Ngalis`

Dinar | Selasa, 27 November 2018 10:16

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Melalui alis mata, dia bisa mengumpulkan pundi-pundi kekayaan.

Dream Brand Anastasia Beverly Hills tak asing di dunia kecantikan. Bisnis kosmetik inilah yang membuat sang pendiri, Anastasia Soare, sukses menjadi miliarder.

Dari bisnis make up, wanita asal Rumania ini berhasil mencatatkan kekayaan sebesar US$1 miliar, atau sekitar Rp14,74 triliun. Menurut Forbes, Anastasia bersama anaknya berhasil menjual 480 produk kosmetik ke tiga ribu. Pendapatannya ditaksir sebesar US$200 juta atau sekitar Rp2,89 triliun.

Miliarder ini mendapatkan skor 9 dari nilai self made score Forbes. Anastasia dinilai sukses meskipun tak punya latar belakang orang kaya.

Di balik kesuksesannya, siapa sangka wanita ini meraih kekayaan dari 'ngalis'?

Harper Bazaar memberitakan, Anastasia menghabiskan waktu 20 tahun untuk membangun kerajaan bisnis di dunia alis mata. Pelanggannya bukanlah orang sembarangan. Selebritis Hollywood, seperti Victoria Beckham, Oprah Winfrey, sampai keluarga Kardashian.

Bisnisnya ini bermula dari sebuah salon di Beverly Hills pada 1997. Ketika itu, dia mulai bisnis gambar alis mata—bisnis ini belum begitu populer. " Tidak ada di Hollywood yang mengerjakan alis mata pada 90-an,” kata dia.

Anastasia mengingat ucapan sang guru tentang pentingnya alis mata ketika menggambar. Dikatakan bahwa alis mata bisa mengubah emosi seseorang.

" Jika kamu ingin mengganti emosi dari si subyek, gantilah alis mata mereka. Marah, terkejut, gembira, gambar saja alis mata yang berbeda," kata wanita yang sempat mengenyam pendidikan arsitektur.

Wanita Ini Sukses Jadi Miliarder Berkat `Ngalis`
Wanita Berias (Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Luncurkan Produk Alis Mata

Pada tahun 2000, Anastasia meluncurkan produk alis mata, mulai dari pensil sampai jel alis, di bawah bendera “ Anastasia Beverly Hills”. Harganya kompetitif. Wanita ini terjun langsung untuk mengecek kualitas produk sebelum dirilis ke pasar.

Sang putri juga ikut membantu penjualan produk bisnis ibunya dengan media sosial. Dia mengandalkan Instagram untuk menginteraksikan produk kepada 18,2 juta pengikut di seluruh dunia. Para influencer di dunia make up juga sering muncul di akun sosmed Anastasia Beverly Hills untuk menampilkan kreasi produsen make up ini.

Anastasia patut diacungi jempol. Dia bisa berbisnis di Amerika Serikat tanpa bisa berbicara bahasa Inggris.

“ Jika saya mampu melakukannya - tanpa bisa bicara Bahasa Inggris, berada di negara baru dengan seorang anak - maka siapa saja pasti bisa melakukannya,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Apa Tips Suksesnya?

Wanita ini tak segan berbagi tips sukses. Dalam bisnis, Anastasia ingin semua produknya punya kualitas yang lebih. Hal ini mengingat ketatnya persaingan di bisnis make up. Komunitas dunia kecantikan tak ingin ada tiruan.

Itulah yang memotivasi Anastasia untuk menjaga loyalitas pelanggan.

" Bertahun-tahun yang lalu, terdapat 50 merek, sekarang ada 500 merek. Kualitaslah yang membedakan mereka dan merek yang otentik memiliki sesuatu yang unik untuk diberikan,” kata dia.

Anastasia juga tak memusingkan ketenaran atau uang terlebih dahulu. Yang utama adalah menjadi yang terbaik di keahlian yang dimiliki.

" Jangan khawatir mengenai ketenaran atau menghasilkan uang. Yang terpenting adalah menjadi yang terbaik. Kamu harus menjadi master dari kerajinanmu, dan segala hal lainnya akan menyusul," ujarnya.

(Sumber: Liputan6.com/Tommy Kurnia)

Join Dream.co.id