Wanita Ini Jadi Pilot Pertama di Saudi, Dipuji Putri Mesir sampai Dubes

Dinar | Rabu, 19 Juni 2019 17:12
Wanita Ini Jadi Pilot Pertama di Saudi, Dipuji Putri Mesir sampai Dubes

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kini, dia menjadi kapten pilot di sebuah maskapai Arab Saudi.

Dream – Para wanita di Arab Saudi makin menunjukan kiprahnya sejak negara tersebut mulai menggalakkan program modernisasi. Kini, Arab Saudi telah memiliki seorang wanita pilot pertama.

Wanita bernama Yasmeen Al Maimani diketahui telah didapuk sebagai kapten penerbangan domestik di salah satu maskapai Arab Saudi.

Dikutip dari Harpers Bazaar Arabia, Rabu 19 Juni 2019, Al Maimani telah mendapatkan sertifikat penerbangan dari Otoritas Penerbangan Arab Saudi. Wanita ini menjadi perempuan pertama yang menjadi pilot penerbangan domestik di kerajaan Saudi.

“ Alhamdulillah, mimpi saya tercapai hari ini,” ujar dia dalam bahasa Inggris dikutip dari akun Instagramnya @captain0jazz.

Dia menjadi pilot wanita pertama enam tahun setelah mendapatkan lisensi. Sebelum menjadi pilot wanita pertama di Arab, Al Maimani telah mengantongi 300 jam terbang di Amerika Serikat.

Kini, dia bekerja sebagai pilot di maskapai Arab Saudi, Nesma Airways.

Prestasi Al Maimani ini menjadi sejarah penerbangan Arab Saudi.

2 dari 6 halaman

Selfie di Kokpit Pesawat

Al Maimani menggungah foto selfie di kokpit pesawat bersama pilot lainnya. Foto ini diunggah di Instagramnya, @captain0jazz.

" Resmi menjadi pilot perempuan pertama di Kerajaan Arab Saudi. Alhamdulillah," tulis Al Maimani.

Capaian ini diapresiasi oleh warganet. Mereka menyampaikan selamat kepada Al Maimani yang menjadi pilot wanita pertama di Arab Saudi.

 Unggahan Yasmeen Al Maimani.

" Selamat," tulis @kaliyowin dalam bahasa Inggris.

" Selamat, kapten, untuk pencapaian besar. Saya yakin orang sepertimu takkan pernah berhenti. Insya Allah, Allah akan bersamamu. Semoga beruntung," tulis @asma_anjum dalam bahasa Inggris.

" Selamat, sepupu. Saya bangga kepadamu," tulis @osama_maimani.

3 dari 6 halaman

Diapresiasi Putri Arab

Putri Mesir dan Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat, Reema Bandar Al Saud, mengapresiasi capaian Al Maimani dalam cuitannya.

" Pilot perempuan Saudi akan menjadi kepala penerbangan di kerajaan," tulis Reema dalam akun Twitternya @rbalsaud.

 Apresiasi dari Dubes Arab untuk Amerika Serikat, Reema Bandar Al Saud.

4 dari 6 halaman

Putri Bangsawan Jadi Pilot Wanita Pertama Dubai

Dream - Seorang wanita anggota keluarga bangsawan Dubai, Sheikha Mozah Al Maktoum, mencatatkan sejarah. Dia menjadi pilot wanita maskapai penerbangan komersial pertama Dubai, Uni Emirat Arab.

Bibinya, yang merupakan seorang artis, Sheikha Lateefa, membagi foto penerbang muda itu dalam seragam lengkap di Instagram. Dia menjelaskan Mozah sebagai 'pilot wanita pertama dari keluarga' pada Minggu, dalam bahasa Arab.

 Dubai Punya Pilot Wanita Maskapai Komersial Pertama

" Mozah Marwan, anak perempuan kakakku. Pilot wanita pertama di keluarga, yang sedang dalam penerbangan pertamanya sebagai pilot komersial bagi UEA. Sejauh kamu mau bermimpi, kami bisa meraihnya," tulis Lateefa, dilaporkan Gulf News.

Anggota keluarga lain, termasuk Sheikha Maitha binti Mohammed bin Rashid Al Maktoum dan Sheikh Marwan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, membagi harapan mereka pada Mozah di akun instagram masing-masing.

" Sangat bangga padamu, Sepupu," bunyi unggahan itu.

Mozah mendapatkan pin wing, sebagai lisensi terbang, pada April tahun lalu. Dia berhasil menyelesaikan program APP Penerbang Pertama pada CAE Oxford Aviation Academy di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Pecinta dunia penerbangan ini punya akun Instagram berisi foto-foto pelbagai tipe pesawat serta video saat dia menjalani uji terbang.

Sumber: indiatimes.com

[crosslink_1]

5 dari 6 halaman

Kopilot Wanita Garuda Indonesia Sholat di Kokpit, Panen Pujian

Dream - Tidak mau menunda sholat. Sikap itulah yang diperlihatkan oleh seorang kopilot Garuda Indonesia.

Foto sang kopilot yang sedang sholat di atas ketinggian telah mendapat pujian dari netizen di situs media sosial. Foto itu diunggah Kapten Pilot Jaka Pituana ke akun Instagram pribadinya @pituanajaka.

Kopilot perempuan yang sedang menjalankan sholat itu bernama Sarah Widayanti Kusuma. Dia sedang sholat di dalam kokpit sebelum pesawat terbang ke tujuan.

 Sarah saat mengenakan hijab

Foto itu telah viral di Instagram. Pituana menuliskan komentar, 'terima kasih ya doanya ... pantas aje cuaca clear selama penerbangan ... #sarahwidiyanti, #crewlife #airbus330 #pilot'.

Pituana juga menyatakan, asistennya itu adalah seorang Muslimah yang taat kepada agama. Dia tidak pernah meninggalkan sholat meskipun sedang bekerja.

 Sarah saat bertugas bersama Pituana

Pesawat yang dikemudikan mereka sering menempuh rute jarak jauh. Saat itu pesawat sedang menuju ke Zhengzhou, China setelah tinggal landas dari Denpasar, Bali, Indonesia.

Penerbangan dari Denpasar ke Zhengzhou tersebut memakan waktu selama enam jam. (Ism) 

[crosslink_1]

6 dari 6 halaman

Foto Pramugari AirAsia Salat di Pesawat Bikin Haru

Dream - Profesi pramugari kerap diidentikkan dengan pakaian seksi dan gaya hidup bebas. Namun foto-foto ini seolah menepis anggapan tersebut.

Baru-baru ini dua foto pramugari menjadi viral dan ramai diperbincangkan di media sosial. Foto-foto tersebut memperlihatkan seorang pramugari Maskapai AirAsia tengah mengerjakan salat lima waktu di dalam pesawat, di sela-sela aktivitasnya.

Apa yang dilakukan pramugari ini pun menuai pujian banyak netizen. Foto-foto yang beredar itu seolah menegaskan, anggapan kebanyakan orang terhadap profesi pramugari selama ini salah.

Sebagian besar netizen salut dan memberikan reaksi sangat positif. Berikut foto-foto pramugari Air Asia yang beredar di media sosial.

 Foto Pramugari AirAsia Salat di Pesawat Bikin Haru

 Foto Pramugari AirAsia Salat di Pesawat Bikin Haru

(Ism, Sumber: mynewshub)

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie
Join Dream.co.id