Curhat Para Pemudik Pesawat, Bayar Tiket Sekali Terbang Rp20 Juta!

Dinar | Rabu, 29 Mei 2019 15:22
Curhat Para Pemudik Pesawat, Bayar Tiket Sekali Terbang Rp20 Juta!

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Malah, ada juga yang menawarkan penerbangan multi airline dan harus transit.

Dream - Lebaran tahun ini benar-benar jadi cobaan bagi para pemudik. Harga tiket pesawat melambung sangat tinggi. Meski Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menurunkan batas atas tarif pesawat, tetap saja harganya lebih mahal dari biasanya.

Beberapa pemudik bahkan memutuskan untuk membatalkan rencana mudik Lebaran mereka. Ada pula yang terpaksa membeli tiket pesawat meski harganya sangat mahal. Semua demi berlebaran di kampung halaman. 

Seorang pegawai swasta di Jakarta, sebut saja Eko, merasakan mahalnya harga tiket tersebut. 

" Sudah dari dulu, sebelum Lebaran, saya kelimpungungan mencari tiket pesawat," kata Eko kepada Dream

Dream mencoba menelusuri harga tiket pesawat di beberapa situs agen travel di Tanah Air. Beberapa situs travel masih menyediakan tiket pesawat kelas bisnis dan ekonomi untuk beberapa kita tujuan. 

Di situs Traveloka, calon pemudik masih bisa memesan tiket rute Jakarta-Yogyakarta untuk penerbangan pada 31 Mei 2019. Tiket pesawat termurah berasal dari maskapai Sriwijaya Air.

Penumpang dikenakan tarif senilai Rp943 ribu per orang untuk penerbangan kelas ekonomi. 

Di kelas bisnis, tiket penerbangan untuk rute yang sama disediakan Batik Air yang menjual mulai dari Rp2,03 juta sampai Rp2,75 juta.

Untuk para pelanggan maskapai terbesar di Tanah Air, Garuda Indonesia, sebaiknya menyiapkan kocek lebih dalam. Untuk tiket kelas bisnis rute Jakarta-Yogyakarta, Garuda mematok tarif mulai dari Rp7,13 juta per orang hingga Rp16,1 juta.

2 dari 4 halaman

Berapa Tarif Jika Transit?

Selain penerbangan tunggal, ada juga tiket untuk penerbangan multi airline. Misalnya, harga tiket Lion Air untuk penerbangan Jakarta-Yogyakarta dengan transit di Surabaya, senilai Rp2,16 juta-Rp4,89 juta.

Dalam penerbangan, pembeli akan terbang ke Surabaya dengan pesawat Lion Air, lalu menyambung kembali dari Surabaya ke Yogyakarta dengan Wings Air.

Waktu terbang yang biasanya sekitar 1 jam, bisa lebih lama menjadi 4 jam 10 menit.

 

3 dari 4 halaman

`Serasa Terbang ke Negara Lain`

Keriuhan juga terjadi di jagat sosial media. Netizen ramai-ramai mengunggah tangkapan gambar Ponsel berisi daftar tarif tiket pesawat mudik. 

Salah satu yang cukup mengejutkan datang dari pemilik akun @akbartaufiq yang mengunggah harga tiket pesawat untuk rute Balikpapan-Yogyakarta. 

" Rakyat mau mudik dari Kalimantan ke Jawa dan sebaliknya di suruh bayar 20 jt sekali terbang, innalillahi #TiketPesawatTerlaluMahal," cuitnya di akun Twitter. 

Dalam unggahannya, terlihat tarif penerbangan untuk rute Balikpapan-Jakarta  menggunakan maskapai Garuda Indonesia mencapai Rp19.578.900. Sayang tak terlihat tanggal keberangkatan pesawat.

Sementara untuk tarif balik di rute yang sama, pada tanggal 9 Juni 2019 ditetapkan senilai Rp19.991.500 dengan dua kali transit. 

 Tiket Pesawat Mudik

4 dari 4 halaman

`Seperti Mimpi Harganya`

Ada pula netizen yang menyampaikan keluh-kesah mahalnya tarif tiket itu dengan menyebut akun twitter presiden Joko Widodo.

Dilihat dari unggahan fotonya, pemilik akun @ninasilvia diketahui hendak mudik menuju Padang, Sumatera Barat dari Jakarta. Tarif pesawat transit maskapai Batik Air dan Lion Air diketahui dijual pada harga Rp6.625.700 untuk penerbangan tanggal 1 Juni 2019.

" Tolonglah pak @jokowi Yth: Masa tiket pesawat hari raya segini, mudik cuma habis di tiket, gak jadi dong perpindahan uang ke desa. Tahun lalu masih ada yang terjangkau, tahun ini, seperti mimpi harganya @djpu151 #tiketpesawatterlalumahal," cuit Ninasilvia.

 Tiket Pesawat Mudik

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id