Wow! Ini Besaran Uang Pensiun dan Hari Tua Mantan Anggota DPD dan DPR

Dinar | Selasa, 1 Oktober 2019 14:48
Wow! Ini Besaran Uang Pensiun dan Hari Tua Mantan Anggota DPD dan DPR

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tabungan pensiun dan hari tua para mantan anggota DPR dan DPD ini dihitung dari besaran uang per bulan

Dream – Pelantikan 575 anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2019-2024 dilangsungkan hari ini, Selasa, 1 Oktober 2019. Masuknya para anggota lembaga tinggi dan tertinggi negara itu membuat ratusan anggota  memasuki masa pensiun. 

Sama seperti pegawai pemerintah lainnya, para mantan anggota DPR yang berjumlah 116 anggota DPD dan 556 orang anggota DPR akan mendapatkan tabungan pensiun dan hari tua.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 44 anggota DPD dan DPR hanya akan mendapatkan tabungan hari tua dan tidak mendapatkan jaminan pensiun karena terpilih kembali di periode berikutnya.

Tabungan pensiun dan hari tua ini diberikan Direktur Utama Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen), Iqbal Latanro, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

" Saya melihat kurang lebih 40 persen itu tidak terpilih kembali. Itu kami bayarkan pensiunannya. Besarnya, karena basisnya berdasarkan gaji pokok, berarti hanya Rp3,2 juta per bulan," kata Iqbal seperti mengutip dikutip Dream dari dari Liputan6.com, Selasa 1 Oktober 2019.

Tabungan Hari Tua (THT) Anggota DPD, jika ditotal untuk 116 orang, maka Taspen membayarkan sebesar Rp 1,36 miliar. Sedangkan, Tabungan Hari Tua (THT) untuk Anggota DPR, jika ditotal untuk 556 orang, maka Taspen membayarkan sebesar Rp6,22 miliar.

Acara penyerahan dokumen manfaat THT dan Tabungan Pensiun tersebut sudah dimulai bertahap sejak 23 September 2019. Namun, simulasi digelar hari ini bagi pimpinan DPD dan DPR. Penyerahan terakhir nanti tanggal 8 Oktober 2019.

Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) memberikan apresiasi kepada Taspen dalam memberikan layanannya sehingga mampu memotivasi para penyelenggara negara.

" Apresiasi anggota DPD kepada PT. Taspen, semoga terus berkembang sehingga memberi motivasi pada Penyelenggara Negara," ujar Wakil Ketua DPD, Darmayanti Lubis saat membuka rapat pleno anggota DPD RI di gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan Jakarta.

(Sumber: Liputan6.com/Nurmayanti)

2 dari 7 halaman

Hindari Demo, Anggota DPR yang Akan Dilantik Diminta Datang Pagi

Dream - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang terpilih periode 2019 hingga 2024 yang akan dilantik, diminta datang lebih awal ke Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2019.

Sekjen DPR, Indra Iskandar mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk pelantikan 575 anggota DPR. Dia meminta para anggota DPR ini datang pukul 07.00 WIB.

" Jadi lebih awal berangkat jam 07.00 tapi acara semua tetap sesuai jadwal kami mulai jam 10.00 setelah kedatangan bapak presiden dan wapres," kata Indra, Senin, 30 September 2019.

Indra mengatakan, acara pelantikan akan digelar sejak pukul 10.00 WIB. Acara pelantikan akan selesai pukul 11.40 WIB.

Seteleh selesai, akan digelar rapat Badan Musyawarah atau Bamus yang diikuti oleh seluruh fraksi. Rapat ini digelar untuk menentukan jajaran pimpinan.

" Bamus dari semua fraksi-fraksi. Bamusnya akan setelah jam 2 akan kami pertemukan, pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat bamus. Kami perkirakan sudah akan ketemu formatnya, DPR itu tidak sulit ya, semua sudah diatur jelas di dalam UU-nya," ungkapnya.

Setelah itu, akan digelar acara pelantikan pimpinan DPR. Pelantikan pimpinan DPR bisa saja dilakukan pada malam hari setelah rapat Bamus.

" Kalau staminanya masih kuat malam itu kami berkoordinasi dengan MA untuk langsung diadakan pelantikan, malamnya, DPR. Kalau terlalu lelah, besok paginya, tanggal 2," ucap dia.

Sumber: Merdeka.com/Sania Mashabi

3 dari 7 halaman

Gaya Modis Mulan Jameela, Calon Politisi Baru DPR

Dream - Kiprah baru Mulan Jameela di panggung dunia politik tinggal hitungan jam. Dijadwalkan seluruh anggota DPR terpiliha periode 2019-2024 akan dilantik pada 1 Oktober 2019. 

Sebelum pelantikan, ratusan calon anggota legislatif itu mendapat pembekalan pada Minggu, 29 September 2019. 

Mulan juga ikut hadir dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Gedung Nusantara IV bersama beberapa anggota DPR terpilih seperti Putra Nababan, Arsul Sani dan Dede Yusuf.

Seperti diketahui, istri Ahmad Dhani lolos sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra. Ia berhasil menduduki kursi DPR di Senayan.

Kebersamaan Mulan dengan para anggota legislatif wanita diperlihatkan di akun Instagram @illizasaaduddin.

 Mulan Jameela

Foto: Instagram @illizasaaduddin

Berbeda dari anggota legislatif lainnya, Mulan tampil minimalis dengan busana simpel. Ia mengenakan setelan plaid blazer yang sangat kekinian. Atasan itu dipadu dengan trousers bermotif serupa.

Seperti biasa, Mulan terlihat santun dalam balutan hijab yang menutupi bagian dada. Kerudung hitam itu memberi kesan simpel yang elegan.

4 dari 7 halaman

Malam Ramah Tamah

Proses acara pembekalan berlanjut di malam ramah tamah sumpah dan janji anggota DPR/MPR periode 2019-2024. Acara berlangsung di hotel Shangri-La Jakarta dan dihadiri oleh sejumlah tokoh legislatif wanita.

Penampilan Mulan Jameela kembali terlihat di postingan akun Instagram @hetifah. Ia berpose dengan sejumlah anggota legislatif, termasuk Krisdayanti yang tampak merangkul Mulan.

 Mulan Jameela

Foto: Instagram @hetifah

Di acara malam hari, Mulan mengubah outfit menjadi lebih formal tanpa mengurangi kesan feminin. Kontras dengan busana Krisdayanti yang bernuansa bold warna ungu.

 Mulan Jameela

Foto: Instagram @hetifah

Ia memakai blazer polos warna baby pink nan lembut. Outer terlihat dipadukan dengan hijab segi empat motif abstrak bernuansa earthy tone. Ia semakin lembut dengan polesan makeup tipis serta ciput berwarna krem.

5 dari 7 halaman

Komentar Warganet

Kedua potret tersebut mencuri perhatian netizen. Tak sedikit yang memuji kecantikan Mulan Jameela dan sejumlah anggota legislatif.

" Mulan nya kayak anak gadis msih ya,"  kata @mithikitty

" @mulanjameela1 cantik skali bunda @krisdayantilemos mimi juga cantikkk,"  ujar akun @mnoorhamidahr

" Aiih... legislatif keren dan cantik,"  puji @khairiah_muhammad

6 dari 7 halaman

Sah! Mulan Jameela Ditetapkan Jadi Anggota DPR Terpilih

Dream - Mulan Jameela akhirnya ditetapkan sebagai calon anggota lehislatif terpilih. Dia berhak menduduki kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2019-2024 dari Partai Gerindra.

Komisi Pemilihan Umum telah mengeluarkan surat penetapan Mulan Jameela sebagai calon anggota DPR RI terpilih. Penetapan itu dilakukan setelah KPU mendapat surat dari Dewan Pengurus Pusat Partai Gerindra.

Sebelumnya, Mulan Jameela dan sejumlah calon legislatif Partai Gerindra melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Mulan dan para caleg itu merasa lebih berhak mendapatkan kursi di DPR. Gugatan itu kemudian dikabulkan.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade, membenarkan masuknya Mulan Jameela sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Menurut Andre, Gerindra hanya menjalankan putusan hakim.

" Memang Gerindra telah mendapat surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dan putusan itu in kracht," kata Andre, dikutip dari Merdeka.com, Minggu 22 September 2019.

 

 Sah! Mulan Jameela Ditetapkan Jadi Anggota DPR Terpilih

 

" Tentu kita melaksanakan perintah pengadilan itu dengan berkoordinasi dengan KPU dan KPU sudah memberikan surat ketetapan itu," tambah dia.

Komisioner KPU, Ilham Saputra, juga membenarkan penetapan Mulan sebagai anggota DPR terpilih. Ilham mengatakan, keputusan ini telah melalui rapat pleno KPU.

Tapi, dia tidak menjelaskan kapan rapat pleno dilakukan oleh KPU. " (Pleno) sudah (kami lakukan)," kata dia.

7 dari 7 halaman

In Kracht

Ditetapkannya Mulan Jameela sebagai anggota DPR dari Daerah Pemilihan Jabar XI, membuat dua caleg yang sama-sama dari Partai Gerindra, Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi, tersingkir.

Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon terpilih anggota DPR RI, meskipun suara mereka lebih banyak dari Mulan Jameela.

Terkait pencoretan itu, Andre menegaskan bahwa partainya hanya menjalankan keputusan pengadilan.

" Intinya kita melaksanakan perintah pengadilan yang sudah in kracht dan sudah memenuhi persyaratan administrasi. Dan KPU sudah mengeluarkan surat ketetapan," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id