Waduh! 11% Pegawai di Indonesia Tak Yakin Atasannya Orang Jujur

Dinar | Rabu, 17 Oktober 2018 09:16
Waduh! 11% Pegawai di Indonesia Tak Yakin Atasannya Orang Jujur

Reporter : Syahid Latif

Padahal perilaku jujur sangat menentukan motivasi seorang pegawai.

Dream - Survei dari konsultan pengembangan kompetensi diri, Dale Carnegie, menemukan ada empat perilaku pemimpin yang bakal menentukan laju perusahaan. Sayangnya empat hal penting itu kerap kali luput dari perhatian para bos.

Dalam survei bertajuk Global Leadership Study, terungkap jika banyak pemimpin yang merasa sudah kompeten dalam memimpin perusahaan atau organisasinya. Namun tanpa sadar perilaku yang ditunjukan selama ini ternyata berdampak negatif pada bawahannya.

" Inilah yang disebut `titik buta`," ujar Director National Marketing Dale Carnegie Indonesia, Joshua Siregar dalam keterangan tertulis yang diterima Dream.

Keempat perilaku titik buta seorang pemimpin itu adalah menunjukan apresiasi, mengakui kesalahan, sungguh-sungguh mendengarkan, dan kejujuran pada diri sendiri maupun orang lain.

Meski empat perilaku itu dianggap penting, Dale Carnegie menemukan hanya sedikit bos atau pemimpin yang melakukannya dengan konsisten.

Dalam perilaku menunjukan apresiasi, tercatat hanya 36 persen saja pegawai atau pimpinan yang konsistem melakukannya. Begitu pula dengan perilaku mengakui kesalahan sevesar 37 persen, sungguh-sungguh mendengarkan (36%), dan kejujuran (32%).

Studi ini melibatkan sekitar 4.400 pekerja tetap di 17 negara dan empat benua - termasuk Indonesia. Pihak yang diterima mulai dari tingkat karyawan hingga direktur atau pemilik perusahaan, dengan metode online web-based survey.

Di Indonesia, studi menyertakan sekitar 205 pekerja dari perusahaan kecil hingga besar,

 

2 dari 3 halaman
Komentar
Beri Komentar
Ibu Ani: Rasanya Seperti Palu Godam Menimpa Saya
Join Dream.co.id
DEBAT CAPRES: Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup Sesi 5