Viral Alumni Sombong Tolak Gaji Rp8 juta, UI Beri `Sentilan Halus`

Dinar | Kamis, 25 Juli 2019 14:36
Viral Alumni Sombong Tolak Gaji Rp8 juta, UI Beri `Sentilan Halus`

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bagaimana sentilannya?

Dream – Pengelola akun Instagram Universitas Indonesia (UI) bereaksi dengan viralnya seorang netizen yang mengaku alumni, menolak tawaran gaji Rp8 juta dari perusahaan lokal. Merasa lulusan UI, netizen itu merasa gaji yang ditawarkan tak pantas untuk seorang lulusan UI. 

Unggahan yang muncul sejak kemarin, (Rabu, 24 Juli 2019), membuat banyak orang emosional. Beberapa artis juga turut berkomentar dengan unggahan tersebut.

Kali ini, pengelola akun UI juga angkat bicara tentang “ curhatan” warganet. Secara tak langsung, akun itu menyentil perilaku alumni sombong tersebut.

Dikutip dari akun UI, @univ_indonesia, Kamis 25 Juli 2019, UI menyentil curhatan warganet yang mengaku alumnus kampus ini. Pihak kampus menyebut pendidikan di perguruan tinggi membuka peluang dan kesempatan untuk eksplorasi potensi serta jaringan yang luas.

Namun, UI mengingatkan alumnus dan mahasiswanya untuk menjunjung tinggi karakter yang baik. Pihak kampus mengingatkan mereka untuk tetap rendah hati.

 Sindiran UI.

" So, Guys. Mahasiswa UI di mana pun kelak kamu berkarya, perusahaan lokal, perusahaan LN (luar negeri) atau jadi pengusaha pencetak lapangan kerja. Jangan lupa tetap perkaya diri dengan ilmu dan selalu rendah hati," tulis UI.

 

 UI menyindir warganet yang ngaku alumni UI.

2 dari 6 halaman

Lima Keterampilan untuk Dapatkan Pekerjaan

UI juga menyebut ada lima kriteria bagi mahasiswa dan alumninya agar berhasil mendapatkan pekerjaan. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Career Development Center (CDC) tahun 2018.

Survei ini dilakukan kepada 230 institusi pengguna lulusan UI.

Lima keterampilan ini adalah:

  • Kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan.
  • Skill teknis dan pengetahuan yang berkaitan dengan perusahaan yang akan dilamar.
  • Kemampuan bekerja dalam tim.
  • Kemampuan beradaptasi.
  • Kemampuan analisis.

Dari 230 responden, 83 persen puas dengan lulusan UI dan 83,8 persen merasa alumni UI memiliki daya saing yang lebih baik daripada lulusan non-UI.

3 dari 6 halaman

Masa Tunggu Kerja 3 Bulan?

Selain itu, menurut data CDC, masa tunggu lulusan UI mendapatkan pekerjan pertama adalah tiga bulan.

Tempat kerja alumnus UI ini adalah perusahaan swasta (60 persen) dan BUMN (35 persen). Namun alumnus UI yang memilih menjalani bisnis dengan menjadi wirausaha baru 5 persen.

Dikatakan juga lulusan kampus ini memiliki enam keunggulan, seperti cepat mengerti, bisa beradaptasi dengan baik, dan menguasai pengetahuan dalam bidang kerja.

Survei ini dilakukan pada 2018 kepada 2.735 sarjana S-1 UI. 

4 dari 6 halaman

Viral Lulusan Mengaku dari UI Tolak Gaji Rp8 Juta dari Perusahaan Lokal

Dream - Saat melamar pekerjaan pertama, sering kali kamu menerima penawaran dari perusahaan yang tak sesuai harapan. Alasannya bisa beragam.

Lazimnya para pelamar kerja akan menolak tawaran perusahaan karena pekerjaan yang tak sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki atau penawaran gaji di bawah ekspetasi.

Setelah meminta waktu untuk berpikir dengan tawaran itu, kamu yang merasa tak cocok tentu akan langsung menolak pekerjaan tersebut.

 

 Viral Lulusan Mengaku dari UI Tolak Gaji Rp8 Juta dari Perusahaan Lokal

 

Meskipun menolak, tetap saja kamu harus menjaga tata krama. Hal itu wajib demi kebaikanmu sendiri dan tetap menjaga reputasi. Apalagi kini sudah banyak perusahaan memantau postingan calon pegawainya di akun Instagramnya.

Apalagi jika kamu masih seorang freshgraduate. Jangan sampai kamu memperlihatkan sifat sombong seperti terlihat di postingan seorang warganet di instagram stories ini.

5 dari 6 halaman

Aksi Sombong

Dalam postingan itu terlihat seorang netizen yang mengaku freshgraduate dari Universitas Indonesia (UI). Dia menolak tawaran sebuah perusahaan lokal yang siap menggajinya sebesar Rp 8 juta.

Netizen yang diduga wanita itu beranggapan status sebagai alumnus UI seharusnya menempatkannya di level yang lebih tinggi.

Inilah isi instastorynya :

 UI

Jadi tadi gue di undang interview kerja perusahaan lokal. Dan nawarin gaji 8juta doang," tulisnya. Hellooo meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI Pak!! Universitas Indonesia. Jangan disamain ama fresh graduate kampus lain dong ah.Level UI mah udah perusahaan LN, kalo lokal mah oke aja asal harga cucok."

6 dari 6 halaman

Artis Ikut Berkomentar

Isi instastory wanita ini pun sontak membuat gemas peselancar sosial media. Bahkan beberapa artis sampai memberikan reaksi terhadap aksi sombong lulusan UI tersebut.

Salah satunya Melanie Subono yang memposting unggahan tersebut di instagramnya. Melanie menyindir kesombongan freshgraduate lulusan UI tersebut.

Berikut postingannya:

      Lihat postingan ini di Instagram

Dik minum ANGGUR gih skali kali ato piknik......... - Makasih Tuhan emak bapak saya kagak maksain gw sekolah di UI kalo keluar keluar otaknya dan bahasanya kek gini Kan dah gw bilang ..... sekolah tinggi, Duit banyak dll KAGAK JAMINAN hati ama mulut orang bener ....... - Mending sekolah setengah kek gw tapi masih punya akal dikit , mending gw #nguberanggur #anggurinajaah colek @bukuakik - #katamel #diarymel #melaniesubono #generasipenerusbangsat #malaikatbrengsek #berbagibumi #gembeltapikece #peminumbertanggungjawab

Sebuah kiriman dibagikan oleh Melanie Subono (@melaniesubono) pada 

Komentar juga diberkan presenter Feno Rose yang merupakan salah satu alumni UI

Meski pernah berkuliah di UI, Fenu mengaku pernah bekerja kantoran. Namun dia menegaskan tak pernah memperlihatkan sifat seperti unggahan mahasiswi tersebut. 

"Gw sekolah UI... gw pernah kerja kantoran.. tp gw kok gak tengil kyk gitu..," tulisnya. 

Sebaliknya, Feni malah menyindir si pengunggah status tersebut.

"mungkin itu UI jalur susah payah kali ya? Susah masuk susah keluar....," sindirnya.

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id