Viral Suasana Haru Pegawai Shopee Saat Kabar PHK Datang

Dinar | Jumat, 23 September 2022 08:36

Reporter : Alfi Salima Puteri

Ia menuliskan curhat mengenai kejadian saat itu, info yang serba mendadak tersebut membuat beberapa karyawan kaget dan sedih.

Dream - Shopee Indonesia mengonfirmasi kebijakan perusahaan yang terpaksa menempuh jalan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawan. Langkah ini merupakan bagian dari efisiensi perusahaan di tengah kondisi ekonomi global yang sedang dalam tekanan.

Pengumuman yang serba mendadak ini lantas membuat karyawannya sangat kaget dan sedih dengan keputusan perusahaan.

Salah satu unggahan seorang warganet yang mengaku pegawai Shopeef dan ikut terkena PHK Curahan hati itu awalnya dituliskan di platform media sosial profesional LinkedIn dan diunggah ulang oleh akun Instagram @statusfakta pada Rabu, 21 September 2022.

Dalam unggahannya, sang pegawai menggambarkan momen memilukan kala para pegawai mendapatkan kabar adanya kebijakan efisiensi yang dilaukan manajemen perusahaan. 

Informan yang mendadak tersebut membuat beberapa karyawan terkejut, sedih, serta bingung mengungkapkan perasaannya. 

Viral Suasana Haru Pegawai Shopee Saat Kabar PHK Datang
Foto: Shopee.co.id
2 dari 7 halaman

Dalam cerita tersebut, pegawai ini mengaku jika para pegawai yang awalnya tengah serius bekerja tiba-tiba mendapat panggilan pesan elektronik (email) dari bagian HRD perusahaan.

" Lagi serius-seriusnya kerja dapat panggilan email dari HR. Kaget banget sih pastinya nggak ada info apa-apa, nggak ada kabar apapun," tulisnya. 

Pegawai itu lalu menggambarkan beragam situasi rekan kerja satu kantor usai menerima kabar tersebut. Sebagian besar para pegawai terlihat menangis, adapula yang langsung menghubungi orang tuanya, dan yang lainnya terdiam. 

" Ada yang udah nangis kejer, ada juga yang langsung pesen tiket balik karena anak rantau. Gue cuma stuck tiba-tiba netes, sedih bingung, nggak tahu mau gimana lagi," tulisnya.

3 dari 7 halaman

Selain itu, dirinya mengaku sedih karena perjuangannya untuk bekerja di perusahaan e-commerce tersebut tidaklah mudah. Untuk proses rekrutmennya pun butuh waktu yang panjang.

Namun di akhir ceritanya, karyawan Shopee satu ini dapat mengikhlaskan keputusan pihak Shopee, dan tidak lupa menyemangati teman-temannya yang bernasib sama dengannya. 

Sontak unggahan curahan hati karyawan Shopee yang terkena PHK ini pun viral dan menuai beragam komentar dari warganet.

4 dari 7 halaman

“Tetap semangat kawan, kita masih punya Allah yang menjamin rezeki kita. Selalu yakin, sabar berusaha dan tawakal," komentar warganet.

"Pelajaran bersama kalau pas di atas jangan lengah, kita tidak pernah tau kemana takdir akan membawa. Jangan sombong jangan congkak, roda terus berputar, tetap semangat buat kalian semoga dapat pekerjaan baru lagi lebih cepat," komentar warganet lainnya.

"Efek endorse yang terlalu gede makanya keuangan perusahaan memburuk karena pemasukan gak sebanding pengeluaran," tutur warganet.

"September sepertinya membawa berita duka bagi sebagian orang dan juga untukku pribadi. Semoga diberi ketabahan hati dan dibukakan pikiran yang jernih agar bisa bangkit lagi menata arah hidup dan tujuan, memang ga mudah, nangis boleh kok tapi besok bangkit ya!!!," sahut warganet lainnya.

      View this post on Instagram      

A post shared by STATUS FAKTA (@statusfakta)

 

5 dari 7 halaman

Sebelumnya manajemen Shopee mengonfirmasi keputusan perusahaan yang terpaksa melakukan efisiensi dengan menjalankan PHK. 

Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira, mengatakan Shopee Indonesia dengan berat hati melepas sejumlah karyawannya. Manajemen sebelumnya sudah melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis namun langkah PHK tak bisa dihindari lagi.

" Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," kata Radynal, dikutip dari laman Liputan6.com, Selasa, 20 September 2022.

Tanpa menyebutkan jumlah pegawai yang terkena PHK, Radynal menjelaskan, langkah efisiensi sejalan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan.

Keduanya dianggap sebagai komponen penting dalam menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

6 dari 7 halaman

" Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri serta berkelanjutan, dan kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan kami stabil di situasi ekonomi saat ini," kata dia.

Shopee juga memastikan setiap karyawan yang terdampak PHK akan mendapatkan pesangon serta tambahan satu bulan gaji.

" Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan, dengan tambahan satu bulan gaji," kata Radynal.

Selain itu, karyawan terdampak juga masih bisa menggunakan fasilitas asuransi kesehatan hingga akhir tahun dengan seluruh manfaatnya.

7 dari 7 halaman

Radynal juga memastikan langkah PHK karyawan tidak mempengaruhi operasi bisnis dan layanan Shopee terhadap seluruh penjual, pembeli, dan mitra Shopee di Indonesia. Shopee tetap akan melayani jutaan pembeli dan penjual termasuk di antaranya UMKM dan pengusaha lokal di 514 kota dan kabupaten se-Indonesia.

Kehadiran Shopee di Indonesia disebut telah memberikan peluang bagi banyak pelaku usaha untuk bertumbuh. Radynal memaparkan, pencapaian Shopee selama ini tidak lepas dari kerja keras dari komitmen tim Shopee.

" Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi Shopee Team sejauh ini," tutur Radynal.

Saat ini, perusahaan mengaku akan tetap berkomitmen terus menjalankan program bagi UMKM, salah satunya mulai 9 Kampus UMKM Shopee yang ada saat ini.

" Kami akan terus melanjutkan misi kami untuk melayani jutaan penjual, pembeli, dan UMKM untuk menikmati manfaat dari ekonomi digital melalui platform kami," katanya.

Join Dream.co.id