Email Zoom Meeting Paling Pedih, 900 Karyawan Diundang Cuma Buat Dengar Kabar Di-PHK

Dinar | Senin, 6 Desember 2021 16:12

Reporter : Alfi Salima Puteri

CEO Better.com lakukan pemecatan 900 karyawan melalui Zoom meeting.

Dream - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menjadi hal yang menakutkan di masa pandemi Covid-19. Dengan kondisi ekonomi yang tak menentu, banyak perusahaan limbung dan terpaksa memiliki jalan mengurangi jumlah karyawan untuk efisiensi biaya.

Terlebih jika pegawai mulai merasakan tanda-tanda produktivitas perusahaan mulai menurun, order semakin sedikit, dan efisiensi sudah dilakukan di berbagai bidang. PHK selalu menjadi ancaman setiap hari.

Seperti perusahaan, Better.com yang juga sedang berjuang untuk bertahan di masa pandemi Covid-19. Manajemen akhirnya harus mengambil langkah dratis mengurangi jumlah pegawainya.

Namun sang CEO, Vishal Garg, menggunakan cara tak biasa untuk memberhentikan karyawan yang mungkin akan diingat sepanjang sejarah perusahaan.

Dilansir dari Channel3000, perusahaan menggelar pertemuan secara online melalui aplikasi Zoom dengan mengundang 900 orang karyawannya.

Email Zoom Meeting Paling Pedih, 900 Karyawan Diundang Cuma Buat Dengar Kabar Di-PHK
© MEN
2 dari 9 halaman

Isi Pesannya Bikin Syok

Dalam pesan undangan tersebut, CEO perusahaan itu membuat pesan yang pastinya membuat semua pegawai yang membaca akan terkejut.

" Jika Anda menerima panggilan ini, maka Anda adalah bagian dari kelompok yang diberhentikan. Pekerjaan Anda di sini segera dihentikan," kata Vishal Garg dalam Zoom meeting tersebut.

Dia kemudian mengatakan bahwa karyawan akan mendapat email dari HR yang merinci tunjangan dan pesangon mereka.

CFO Better.com, Kevin Ryan, mengatakan pemecatan ini dilakukan sebagai bentuk efisiensi kinerja dan produktivitas. Adapun mereka yang dipecat ialah tim rekrutmen keragaman, kesetaraan dan inklusi.

3 dari 9 halaman

Sudah 2 Kali Lakukan PHK

Sebelumnya, Vishal Garg juga sudah pernah melakukan pemecatan, dan ini adalah yang kedua kali baginya.

“ Ini adalah kedua kalinya dalam karir saya, saya melakukan pemecatan dan saya tidak ingin melakukan ini. Terakhir kali saya melakukannya, saya menangis,” ungkap Vishal Garg.

Garg pernah terlibat kontroversi sebelumnya, terbukti dari email yang ia kirimkan kepada staf yang diperoleh Forbes.

“ Kalian terlalu lambat. Kalian adalah sekumpulan lumba-lumba bodoh. Jadi. hentikan itu. Hentikan. Hentikan sekarang. Kalian mempermalukanku," tulisnya.

4 dari 9 halaman

Pilu! Baru 2 Bulan Berlayar Sudah Kena PHK, Pelaut Jual Cincin Kawin untuk Hidup

Dream – Pandemi virus corona yang tak diketahui bakal separah ini meluluhlantakkan aktivitas global, terpaksa membuat orang harus berpikir lebih keras.

Banyak orang yang diberhentikan oleh perusahaan, dipulangkan, dan PHK secara besar-besaran. Namun di setiap cobaan pasti selalu ada hikmahnya.

Banyak orang yang menginspirasi karena berhasil bangkit dari pandemi. Seperti kisah seorang pelaut yang satu ini.

Baru saja bekerja dua bulan, ia terpaksa dipulangkan karena pandemi. Tentu saja ia kesulitan menghidupi keluarganya di perantauan.

Namun akhirnya ia bangkit dan terus melanjutkan hidup. Seperti apa kisahnya? Simak di bawah ini.

5 dari 9 halaman

Dipulangkan Karena Pandemi

Seorang pelaut diceritakan sedang mengalami PHK. Baru saja berlayar selama dua bulan, ia dipulangkan karena pandemi. Video ini diceritakan oleh istri pelaut yang mengalami kisah pilu tersebut.

 Ilustrasi© TikTok/@susrix

“ Baru 2 bulan berlayar suami dipulangkan karena pandemi,” tulis keterangan video yang diunggah oleh akun TikTok @susrix.

6 dari 9 halaman

Jual Cincin Kawin Demi Bertahan Hidup

Dipulangkan secara mendadak, sang suami pun tidak menyiapkan apa-apa untuk melanjutkan hidup. Sang suami pun menganggur selama 10 bulan lamanya. Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, terpaksa mereka harus menjual cincin kawin.

 Ilustrasi© TikTok/@susrix

“ 10 bulan jadi pengangguran. Perhiasan dan cincin kawin terpaksa dijual agar bisa bertahan di rantauan,” lanjutnya.

7 dari 9 halaman

Jualan Rujak yang Lagi Viral

Tak ta mau bekerja apa lagi di saat pandemi, akhirnya keduanya berinisiatif berjualan rujak buah yang lagi viral. Mereka pun mencari modal dan pinjaman sepeda motor untuk berjualan.

 Ilustrasi© TikTok/@susrix

“ Akhir Februari 2021 kami mencoba berjualan rujak yang lagi viral. Modal dipinjami, Motor untuk bawa barang dagangan juga pinjam,” ujarnya.

8 dari 9 halaman

Hasil Tak Akan Menghianati Usaha

Hasil tidak akan menghianati usaha yang telah diupayakan. Keduanya pun menabung sedikit demi sedikit dari hasil jualan rujak buah tersebut. Tujuannya agar mereka bisa membeli motor untuk berjualan.

“ Hasl jualan kami sisihkan biar bisa beli motor sendiri,” tulisnya.

 Ilustrasi© TikTok/@susrix

Setelah beberapa bulan berjualan, akhirnya keduanya mampu membeli motor. Sehingga mereka tak harus berjualan dengan motor pinjaman lagi.

“ Dan akhirnya akhir Agustus 2021 kami bisa membelinya. Walau motor second tp sudah senang dan bersyukur banget bisa beli,” lanjutnya.

9 dari 9 halaman

Video kisah keluarga mantan pelaut itu pun kemudian mendapat sorotan dari warganet. Mereka mendukung dan mengatakan ucapan semangat kepada keduanya.

“ Gak ada yang gak mungkin ketika niat baik dan gak putus asa selalu bersama tuhan bersama kita,” tulis BebySusaan.

“ Tetap semangat ya, semoga kedepannya semakin sukses,” ucap Luluk Asyaroh.

“ Jangan menyerah sis tetap semangat karena hari esok akan lebih baik dari hari ini,” tulis ecik putri toraja.

 

@susrix

Jangan pernah menyerah walau dititik terendah,tetaplah berusaha dan berjuang💪💪😇

♬ Fire On Fire - From " Watership Down" - Sam Smith
Join Dream.co.id