Terima Sertifikat Halal Vaksin Sinovac, Dirut Bio Farma: `Ini Pekerjaan Besar`

Dinar | Rabu, 13 Januari 2021 17:33
Terima Sertifikat Halal Vaksin Sinovac, Dirut Bio Farma: `Ini Pekerjaan Besar`

Reporter : Dwi Ratih

Hari ini, vaksin COVID-19 untuk Indonesia dimulai.

Dream - Setelah melewati beberapa tahapan sejak Oktober 2020, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) resmi menerbitkan sertifikat halal untuk vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Sertifikat ketetapan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang kehalalan CoronaVac itu diserahkan kepada PT. Biofarma pada Selasa, 12 Januari 2021 kemarin.

Sehari sebelum penerbitan sertifikat halal tersebut, MUI juga telah mengeluarkan peraturan No. 2 tahun 2021 tentang produk vaksin COVID-19 dari Sinovac Biotech Ltd China.

" Kami akan melaksanakan amanah ini sebaik mungkin, produknya telah mendapat sertifikasi, sekarang bagaimana kita bisa menjalankan program vaksinasi ini kepada masyarakat, karena kita tahu ini suatu pekerjaan yang besar," ungkap Honesty Basyir selaku Kepala PT. Biofarma pada penyerahan sertifkat halal, Rabu 13 Januari 2021.

2 dari 6 halaman

Sudah sesuai regulasi

Ilustrasi© Shutterstock

Wakil Menteri Agama Zainut Sahid sebelumnya juga telah memastikan bahwa pemberian sertifikat halal vaksin Sinovac dilakukan sesuai regulasi yang diatur Undang Undang No. 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal.

Dalam prosesnya, BPJH menetapkan LPPOM MUI sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) untuk melakukan pengujian langsung ke fasilitas produksi Sinovac.

" Untuk itu saya mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia untuk dengan penuh kesadaran dan tanpa keraguan vaksinasi yang akan segera dilaksanakan pemerintah dengan tujuan untuk melindungi satu sama lainnya," ungkap Zainut Tauhid di kesempatan yang sama.

3 dari 6 halaman

Tenang, sudah halal

Ilustrasi© Shutterstock

Selain itu, ia juga menegaskan adanya sertifikasi halal dan proses uji klinis, masyarakat tidak perlu ragu lagi menerima suntikan vaksin Sinovac. Zainut memastikan vaksin tersebut 'halalan thayyiban' atau halal dan baik aman dipastikan suci dan tidak tercemar hal-hal yang dilanggar syariat agama.

Ia juga berharap dengan adanya vaksinasi sinovac ini, dapat segera dipergunakan masyarakat, dan COVID-19 akan segera berakhir.

Sertifikat halal vaksin Sinovac pun telah diserahkan secara resmi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid kepada Kepala PT. Biofarma Honesty Basyir hari ini didampingi Kepala BPJH Sukoso.

(Laporan: Yuni Puspita Dewi)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

4 dari 6 halaman

Waspada, Ini Tanda-Tanda 'Long Covid'

Dream – Sejak Covid-19 hadir di dunia pada akhir 2019, banyak studi baru dan observasi mengenai virus tersebut, baik tentang rentang gejala yang bervariasi hingga efek 'Long Covid'.

'Long Covid' adalah kondisi yang ditandai dengan gejala jangka panjang mulai dari bertahan hingga pemulihan dari virus corona, dalam hal ini Covid-19.

Ditambah lagi, setiap gejala Covid-19 dapat berubah dari ringan hingga parah. Kompilasi medis yang dihadapi penular 'Long Covid' juga jadi masalah besar belakangan ini.

Beberapa gejala Covid-19 yang paling umum; demam, batuk kering, sakit tenggorokan, hidung berair dan tersumbat, nyeri dada, dan sesak napas, kelelahan, infeksi saluran pencernaan, dan hilangnya indera penciuman dan perasa.

Times of India melaporkan pada Senin, 11 Januari 2021 bahwa durasi virus pada 'Long Covid' juga sangat berpengaruh pada kehidupan manusia ke depannya.

5 dari 6 halaman

Seperti apa saja, sih?

Menurut Pusat Pegendalian dan Pencegahan Penyakit, masa inkubasi, waktu antara seseorang pertama kali terpapar virus hingga saat mengalami gejala, dapat diperpanjang hingga 14 hari, dengan rata-rata 4-5 hari.

Berdasarkan sebuah penelitian, 97,5% orang dengan Covid-19 yang memiliki gejala akan mengalami gejalanya dalam 11,5 hari.

Ilustrasi© Shutterstock

Untuk membantu staf medis melawan gejala Covid-19 yang masih ada, Insitusi Nasional untuk Kesehatan dan Perawatan (NICE) menerbitkan serangkaian pedomannya sendiri.

Sebab, Covid-19 yang lama dikatakan Nice, “ Berlanjut selama lebih dari 12 minggu setelah infeksi korona dan tidak ada kejelasan diagnosis lebih lanjut."

6 dari 6 halaman

Wajib tahu hal penting ini

Sementara itu yang terpenting adalah mengetahui jangka waktu yang dibutuhkan Covid-19 menjadi 'Long Covid'.

Sahabat Dream juga wajib mengenali tanda atau gejala dari efek ini.

- Sakit kepala berkelanjutan
- Kecapean secara terus menerus
- Brain Fog (saat otak tiba-tiba lupa akan seuatu)
- Dada terasa sesak
- Mengalami nyeri pada otot

Ilustrasi© Shutterstock

Kata penelitian

ilustrasi© Shutterstock

Penelitian terbaru yang diterbitkan di medRxiv belum ditinjau lebih lanjut, banyak pekerja jarak jauh yang tidak dapat kembali bekerja setelah enam bulan terinfeksi virus corona.

Disimpulkan melalui bantuan studi, para peneliti berhasil menentukan tiga gejala yang paling sering dilaporkan pada pasien yang mengalami 'Long Covid' yaitu; kelelahan, Brain Fog, dan perasaan tidak enak badan serta tidak nyaman pasca positif Covid-19.

Laporan: Josephine Widya

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id