Unit Syariah Bank Permata Siap Spin Off

Dinar | Kamis, 20 Februari 2020 15:35
Unit Syariah Bank Permata Siap Spin Off

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mereka sedang bersiap-siap.

Dream - Unit Usaha Syariah PT Bank Permata Tbk (PermataBank) sedang mempersiapkan diri untuk melepaskan diri menjadi bank umum syariah (BUS). Spin off ini sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 21 Tahun 2018 tentang Perbankan Syariah.

Dikutip dari Merdeka.com, Kamis 20 Februari 2020, Direktur Unit Bisnis Syariah, PermataBank, Herwin Bustaman, sedang mempersiapkan model bisnis yang sesuai dengan ketentuan Undang-Undang, lalu menetapkan taget market. Kalau dua hal ini selesai, posisi Permata Syariah akan terlihat.

“ Jadi, ini yang sedang kami persiapkan. Apakah nanti ada perubahan Undang-Undang atau tidak, itu akan tetap kami jalankan,” kata Herwin di Jakarta.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada 20 unit syariah yang wajib melepaskan diri dari induk usahanya. Salah satunya adalah UUS yang dimiliki PermataBank.

Kewajiban ini merujuk undang-undang perbankan syariah yang memberikan kesempatan hingga 2023 untuk melakukan transformasi. Kebijakan ini dibuat dalam rangka meningkatkan pangsa pasar perbankan syariah nasional.

Selain itu, Herwin mengatakan dari sisi statistik perbankan syariah terjadi perlambatan di bulan November lalu. Meski begitu dia optimis perbankan syariah akan tetap tumbuh selaiknya industri umum.

“ Kami optimis tetap tumbuh, paling tidak sama dengan industri 9 sampai 10 persen tahun ini,” kata dia.

2 dari 6 halaman

PermataBank Tantang Kreativitas Anak Milenial Bicara Soal Uang

Dream – Generasi milenial dianggap sebagai generasi yang memiliki sudut pandang yang kritis dan kreatif, serta memiliki pemikiran yang tajam dalam melihat banyak hal. Salah satunya dalam mencari uang.

Merujuk laporan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Head of Costumer Segmentation and Marketing PT Bank Permata (PermataBank), Ivy Widjaja mengatakan, 80 persen pelaku industri kreatif di Indonesia didominasi oleh generasi milenial dengan total 1,6 juta.

Para pelaku kreatif rata-rata berusia 20 tahun—40 tahun dan menggeluti beragam macam bidang usaha, seperti seni.

 

 PermataBank Tantang Kreativitas Anak Milenial Bicara Soal Uang© Dream

 

“ Kami mencoba keluar dari cara-cara yang membosankan dengan tidak menjual produk-produk bank. Kami ingin menyukseskan literasi keuangan kepada masyarakat, khususnya generasi milenial,” kata Ivy di Jakarta, Kamis 28 Maret 2019.

Upaya meliterasi anak zaman now itu dibuat PermataBank salah satunya dengan menggelar kampanye #bicarauang dalam format kegiatan “ Creator Fest”. Ivy berharap kampanye ini bisa menarik perhatian milenial untuk mengasah kemampuannya dengan kelas yang diadakan oleh PermataBank.

3 dari 6 halaman

Begini Cara Pendaftarannya

Ivy mengatakan Creator Fest telah digelar sejak 2017. Pada tahun ini, PermataBank akan menggandeng para penggiat seni seperti Founder Kelas Pagi dan Third Eye, Anton Ismael, dan seorang visual artist Muklay. 

Founder Cerita Film, Yandy Laurends juga hadir dalam acara ini.

Para kreator seni ini nantinya akan menularkan pengetahuan mereka dengan menjadi pengajar kelas Creator Camp. Acara ini berlangsung pada 24 Juni—31 Juli 2019.

Karya 30 orang kreator yang terpilih akan ditampilkan dan dilelang di PermataBank Wealth Wisdom 2019 pada 14—15 Agustus 2019.

Untuk pendaftaran Creator Camp sudah dibuka mulai hari ini sampai 31 Mei, dengan menggunggah karya milik kalian sesuai dengan temanya bicara uang di www.creatorfest.id.

(Sah, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)

4 dari 6 halaman

Masuk ke Semua Generasi, PermataBank Gencar Literasi Fintech

Dream – Memasuki era globalisasi, teknologi finansial mengalami perkembangan sangat pesat. Hanya dengan satu sentuhan di layar Smartphone, setiap orang sudah bisa melakukan transaksi keuangan tanpa perlu mengantre di bank.

Sayangnya, perkembangan teknologi finansial di Indnesia masih belum sepenuhnya bisa diikuti dengan cepat oleh masyarakat. 

“ Kami menyadari kecenderungan saat ini, teknologi menjadi sangat penting dalam keseharian masyarakat,” kata Direktur Utama PermataBank, Ridha DM Wirakusumah, di Jakarta, Rabu 5 September 2018.

Menurut Ridha, data dari Nielsen menunjukan jika pengguna teknologi khususnya internet telah menyasar tidak hanya kalangan milenials. Generasi baby boomers, generasi X, dan Z kini juga mulai tersentuh perkembangan teknologi terkini.

Melihat perkembangan tersebut, Permatabank berinsiatif memfasilitasi masyarakat tentang teknologi finansial lewat Wealth Wisdom 2018 yang bertajuk “ Mind, Body, Soul + Tech" .

Kegiatan rutin PermataBank ini merupakan satu rangkaian acara seputar finansial dan manajemen kekayaan. Program ini akan digelar pada 5—6 September 2018 di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Jakarta.

 

 Masuk ke Semua Generasi, PermataBank Gencar Literasi Fintech© Dream

 

Sebanyak 40 sesi dapat diikuti masyarakat dengan menghadirkan 70 pembicara.

Selain itu, ada juga beberapa workshop yakni #Shoping Museum #JanganDitunda Porperty Expo, #InvestAsyik Welath Bazar. Tak hanya menggelar acara wealth wisdom 2018, PermataBank juga meluncurkan PermataMobile X.

" Ini sebagai jawaban dari perkembangan teknologi yang memudahkan masyarakat melakukan transaksi perbankan, kapan saja dan di mana saja, sehingga menjadi lebih simple, fast, dan realible," kata dia.(Sah)

5 dari 6 halaman

PermataMobile X Dirilis, Apa Keunggulannya?

Dream – Di era digital yang semakin canggih, teknologi-teknologi terbaru hadir dan memberikan dampak yang begitu besar terhadap gaya hidup dan perilaku masyarakat.

Saat ini, mobile banking merupakan sebuah jawaban yang tepat bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan gaya hidup serba praktis.

Sejalan dengan hal tersebut dan untuk merespons perkembangan teknologi mobile banking yang demikian pesat, PT Bank Permata Tbk (PermataBank) memperkenalkan aplikasi mobile banking bernama PermataMobile X.

" Kami akan senantiasa berinvestasi di platform ini secara berkelanjutan dengan menempatkan teknologi yang tepat dan sesuai untuk mewujudkan aspirasi kami yaitu menjadi bank yang simple, fast, dan reliable" , kata Direktur Utama PermataBank, Ridha DM Wirakusumah, di Jakarta, Rabu 1 Agustus 2018.

Chief Information Officer serta Direktur Teknologi dan Operasional PermataBank, Abdy D. Salimin, mengatakan aplikasi ini didedikasikan untuk merayakan customer experience dan era baru masa depan mobile banking di Indonesia dengan merancang ulang platform digital ini.

" X" pada PermataMobile X mencerminkan simbol " Elevated Experience" , bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik yang menjawab kebutuhan nasabah dan calon nasabah.

" PermataMobile X memiliki lebih dari 200 fitur dalam satu aplikasi,” kata dia.

Abdy mengatakan kelebihan PermataMobile X adalah bisa mengintip saldo tanpa login, membuka tabungan, kartu kredit, dan pinjaman, mentransfer uang dalam 5 detik, mengirim uang ke ponsel, mudah kirim pengiriman resi, membeli reksa dana dan obligasi, serta mengambil uang tanpa kartu ATM.

(ism, Laporan: Rahma Yultus)

6 dari 6 halaman

Permata Bank Syariah Ajak Mipster Indonesia Lebih Berprestasi

Dream - Permata Bank Syariah menggelar kegiatan Mipster Project x IndonesianHijabFest 2018 dengan tema " Inspirasi Muslim untuk #MampukanDiri" . Acara tersebut diselenggarakan selama tiga hari sejak 31 Mei hingga 2 Juni 2018 di The Hall Senayan City, Jakarta.

Direktur Utama Permata Bank Syariah, Ridha DM Wirakusumah, mengatakan acara ini diselenggarakan sejalan dengan semakin bangganya generasi Muslim dengan identitas agamanya. Mereka bisa mengikuti perkembangan zaman secara dinamis dan kompetitif namun tetap menjaga syariat Islam.

" Kami menyadari bahwa saat ini generasi Mipster di Indonesia sedang berkembang pesat," ujar Ridha di lokasi acara, Kamis 31 Mei 2018.

Ridha menuturkan jumlah umat Islam di seluruh dunia ada sekitar 1,6 miliar. Selain itu, agama Islam kini menjadi sorotan dunia dengan tokoh-tokoh mudanya yang menginspirasi.

Sebut saja Malala Yousafzai yang memenangkan Nobel di usia 17 tahun, Maher Zain seorang penyanyi, Ibtihaj Muhammad atlet hanggar Amerika Serikat yang mengikuti Olimpiade. Yang terbaru, Mohamed Salah, pemain sepakbola asal Mesir yang kini merumput di Liverpool.

" Permata Bank Syariah mengajak semua Mipster untuk mampukan diri, bukan hanya terlihat lebih keren tapi juga berprestasi," ucap dia.

Founder Indonesia HijabFest, Sheena Krisnawati, menuturkan potensi pasar hijab saat ini sangat menjanjikan. Terlebih wanita Muslim kini semakin trendi dalam menggunakan fashion hijabnya.

" Dengan turut mendukung acara Mipster Project x HijabFest 2018, kami berharap semoga kegiatan ini dapat diterima di Indonesia khususnya di Jakarta," kata Sheena.

Join Dream.co.id