Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Uang THR Masih Sisa? Alokasikan Saja ke Investasi Syariah

Uang THR Masih Sisa? Alokasikan Saja ke Investasi Syariah THR Masih Sisa, Sahabat Dream? (Foto: Shutterstock)

Dream – Sahabat Dream, uang Tunjangan Hari Raya (THR) masih sisa? Lalu, bingung uangnya hendak dikemanakan?

Tak ada salahnya kamu mengalokasikan sisa THR untuk investasi, terutama investasi syariah.

Dikutip dari CekAja, Kamis 13 Juni 2019, investasi merupakan salah satu cara terbaik mengamankan dan mengembangkan uang. Ada beragam jenis investasi yang menjanjikan keuntungan berlimpah.

Tapi, cara yang dilakukan kurang sesuai dengan syariah Islam, terlebih jika mengandung riba.

Tren hijrah yang tengah ramai juga bukan hanya sampai ke gaya berpakaian, tetapi juga termasuk gaya hidup yang mencakup urusan finansial seperti investasi. Nah, bagi masyarakat Muslim tentu kehalalan investasi menurut agama sering menjadi tanda tanya.

Meski begitu, ternyata ada beberapa jenis investasi syariah yang telah disetujui oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kalau kamu tertarik untuk mulai menanamkan uang sisa THR-mu, berikut ini adalah daftar investasi syariah yang bisa menjadi pertimbangan.

Investasi Emas

Investasi emas, termasuk memperjual-belikannya menurut fatwa MUI termasuk ke dalam perbuatan mubah atau diperbolehkan. Akan tetapi, ada ketentuan yang harus diperhatikan, antara lain, harga jual emas tidak bertambah selama masa perjanjian, tidak menjadikan emas tersebut sebagai jaminan atau objek akad lain yang bisa menyebabkan perpindahan kepemilikan. Emas juga merupakan alat tukar resmi.

Emas menjadi salah satu pilihan investasi terfavorit karena cenderung stabil. Harganya selalu naik dan progresif setiap tahunnya. Kamu juga tak perlu pertimbangan kalau memutuskan untuk berinvestasi emas.

Kamu juga tidak memerlukan berbagai pertimbangan jika memutuskan untuk berinvestasi emas. Untuk berinvestasi di instrumen yang satu ini, kamu bisa membelinya di gerai resmi Antam atau membuka tabungan emas di Pegadaian.

Atau kalau mengikuti cara paling mudah, investasikan dana kamu di perhiasan emas. Sejak dahulu, tidak ada gonjang-ganjing perkara riba kalau kamu membeli perhiasan emas. Selain untuk investasi, kamu dapat manfaat lain yaitu untuk mempercantik diri. Meski begitu, jika tujuanmu fokus untuk investasi, sebaiknya pilih emas batangan atau logam mulia ya.

Properti

Jenis investasi lain yang sangat dianjurkan untuk kamu yang tidak ingin berhubungan dengan riba adalah properti. Keuntungan yang kamu dapatkan murni karena memang ada harga jual yang bertambah hampir setiap tahunnya.

Selain itu, investasi ini juga tergolong mudah dan jelas bentuknya serta bisa difungsikan.

Tapi, kamu harus membeli properti tanpa melibatkan sistem bunga. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membeli properti secara tunai atau mengambil KPR berbasis syariah dengan sistem margin.

Dalam hal ini, pihak bank syariah akan menetapkan presentase margin yang harus dibayarkan dengan sistem flat atau cicilan tetap.

Instrumen Syariah Lainnya

Deposito Syariah

Kamu juga bisa memilih investasi jenis deposito syariah. Untuk bisa berinvestasi di deposito syariah, kamu harus memiliki tabungan syariah. Hal ini disebabkan oleh fatwa MUI, deposito syariah diperbolehkan kalau sertifikatnya diterbitkan oleh bank syariah.

Untuk itu, pembagian keuntungan dari deposito syariah ini sudah sangat jelas. Presentase keuntungan didasarkan pada bagi hasil yang disesuaikan dengan keuntungan bersih pengelolaan dana.

Berbeda dari deposito konvensional yang bunganya sudah ditetapkan sejak awal, bergantung pada tenor yang diambil.

Reksa Dana Syariah

Selain itu, jenis investasi yang bisa kamu pilih adalah reksa dana syariah. Secara umum, reksa dana dikelola secara terbuka, produktif, dan transparan. Jika kamu ragu akan reksa dana konvensional, pilih reksa dana syariah untuk memastikan tidak ada unsur nonhalal di dalamnya.

Surat Berharga Syariah Negara (SBBN)

Surat Berharga Syariah Negara (SBBN) adalah obligasi atau surat utang yang diatur dengan sistem syariah sehingga surat yang diperjualbelikan tidak berasal dari produk jual beli haram. Sama dengan reksa dana syariah, pengelolaan dan penyerahan data juga dilakukan secara transparan dan menghindari segala hal yang berhubungan dengan investasi non-halal.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Terlilit Utang Sesuai Sunnah, Pahami Bahaya Besar Jika Sengaja Menunda Melunasinya

Doa Terlilit Utang Sesuai Sunnah, Pahami Bahaya Besar Jika Sengaja Menunda Melunasinya

Membaca doa terlilit utang sangat dianjurkan, khususnya bagi mereka yang sedang berhadapan dengan utang.

Baca Selengkapnya
Baca Doa Ini Ketika Keuangan Sulit dan Kehidupan Terhimpit!

Baca Doa Ini Ketika Keuangan Sulit dan Kehidupan Terhimpit!

Tujuan doa ini adalah memohon rezeki yang lancar, mudah, halal, dan penuh berkah agar bisa terbebas dari masalah keuangan yang menekan.

Baca Selengkapnya
Bagaimana Hukum Meminjam Uang di Bank untuk Modal Usaha dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya

Bagaimana Hukum Meminjam Uang di Bank untuk Modal Usaha dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya

Ada dua jenis bank, yakni konvensional dan syariah. Di samping itu, tidak menutup kemungkinan terjadinya riba yang sangat dilarang Islam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Lakukan 4 Langkah untuk Jaga Kesehatan Otak, Investasi untuk Masa Tua

Lakukan 4 Langkah untuk Jaga Kesehatan Otak, Investasi untuk Masa Tua

Menjaga kesehatan otak adalah cara kunci untuk menjaga otak tetap berkerja dengan baik. Coba tips menjaga kesehatan otak berikut.

Baca Selengkapnya
Pernah Rasakan Pajak Hiburan Mahal, Menteri Bahlil: `Bahaya, Konsumennya (bisa) Sedikit`

Pernah Rasakan Pajak Hiburan Mahal, Menteri Bahlil: `Bahaya, Konsumennya (bisa) Sedikit`

Menteri Bahlil mengungkap pajak hiburan bisa ganggu iklim investasi

Baca Selengkapnya
Bagaimana Hukum Memberi Nafkah dengan Uang Haram pada Keluarga? Ini Dia Bahayanya yang Harus Diwaspadai

Bagaimana Hukum Memberi Nafkah dengan Uang Haram pada Keluarga? Ini Dia Bahayanya yang Harus Diwaspadai

Melalui nafkah halal itulah yang mampu mendatangkan keberkahan dan juga pahala dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya