Trans Jabodetabek Akan Diganti Trainway?

Dinar | Selasa, 16 Oktober 2018 17:15
Trans Jabodetabek Akan Diganti Trainway?

Reporter : Syahid Latif

Dianggap lebih menguntungkan karena bisa mengangkut penumpang lebih banyak.

Dream - Keberadaan angkutan bus Trans Jabodetabek yang melayani masyarakat di kota penyangga ibukota bakal dipensiunkan. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) tengah mengkaji moda massal semacam trainway.

Tak seperti angkuta kereta KRL yang sudah ada, moda transportasi baru ini dirancang menggunakan jalur busway atau Trans Jabodetabek yang sudah beroperasi.

Namun, rencana pengubahan moda transportasi ini baru sebatas pengkajian. BPTJ baru melakukan studi banding dan survei ke masyarakat.

" Sebenarnya sudah ada sejak dulu loh, seiring perkembangan jaman semakin ke sini digantikan bus sampai sekarang," kata Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengutip laman Liputan6.com.

Menurut Bambang, moda transportasi massal kereta dinilai lebih menguntungkan karena bisa mengangkut lebih banyak penumpang. Sebagai gambaran, dengan membawa delapan gerbong, trainway memiliki daya angkut penumpang 200 - 300 orang.

Sementara bus ukuran sedang hanya bisa mengangkut antara 30 - 40 orang. " Maka itu terpikir dari bus pindah ke trainway," kata Bambang.

 

2 dari 2 halaman
Komentar
Beri Komentar
MRT Ramah Disabilitas?
Join Dream.co.id
Deretan Artis yang Diprediksi Gagal Masuk DPR