Tips Mengelola Uang Ala Raditya Dika, Nomor 15 Wajib Dipatuhi

Dinar | Senin, 10 Juni 2019 19:19
Tips Mengelola Uang Ala Raditya Dika, Nomor 15 Wajib Dipatuhi

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Mengatur keuangan bisa jadi masalah serius bagi sebagian kaum milenial, terlebih para pekerja pemula.

Dream - Libur Lebaran telah usai. Mungkin ini waktu yang cocok untuk kembali mengecek kondisi keuangan Sahabat Dream.

Tak dipungkiri momen Lebaran membuat pengeluaran kita bertambah. Apalagi jika kamu termasuk tipe orang yang tak mempersiapkan budget Lebaran dengan cermat. Bisa-bisa uang gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) tak cukup untuk sampai hari gajian mendatang.  

Berbagai kebahagian di Lebaran memang sah-sah saja. Namun jangan sampai kamu terjebak dalam masalah keuangan sehingga menyebabkan boros atau bahkan berutang. 

Mengatur keuangan sejak sedini mungkin wajib dilakukan. Semakin dewasa, tuntutan dan beban keuangan yang harus ditanggung makin membesar. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga jaminan kesehatan dan tagihan-tagihan lainnya.

Tentu sebagai warga negara yang baik, kita juga harus membayar pajak. Oleh sebab itu, kita perlu mengatur keuangan dengan baik.

Dilansir dari Commerce Bank, ada banyak hal bisa dilakukan untuk menyelaraskan pemasukan dengan pengeluaran sehingga keuangan kita bisa sehat.

 Tips Mengatur Keuangan

Di akun Youtube Channel-nya, Raditya Dika juga membagikan tips mengatur keuangan berdasarkan pengalaman dan sudah diterapkannya selama ini.

Banyak tips yang dibagikan Raditya Dika. Apa saja ya? Yuk tengok cara mengatur keuangan bagi milenial bersumber dari Commerce Bank dan Raditya Dika.

2 dari 5 halaman

Pelajari dan Pahami Apa yang Dimiliki

Seperti yang dilansir dari Commerce Bank, sebelum kita mengatur keuangan, baiknya kita mempelajari dan memahami apa yang kita punya terlebih dahulu. Tidak hanya barang dan pemasukan, namun juga tagihan-tagihan yang harus dibayarkan.

 Tips Mengatur Keuangan


Dimulai dari berapa penghasilan perbulan, hingga tagihan apa saja yang harus dibayarkan perbulan.

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi milik dan tanggungan, kita dapat menempatkan pemasukan kita untuk memenuhi kebutuhan dengan keuangan yang sehat.

3 dari 5 halaman

Tentukan Tujuan Keuangan

Ketika mengatur keuangan, kita seharusnya sudah memiliki pandangan dan rencana yang baik, akan digunakan untuk apa sajakah pemasukan kita. Namun yang terpenting adalah kita memahami tujuan keuangan kita.

 Tips Mengatur Keuangan


Setiap kita membuat perencanaan untuk mengatur keuangan, kita harus memiliki tujuan yang jelas. Apakah rencana ini untuk jangka panjang atau jangka pendek.

Seperti yang disampaikan Raditya Dika dalam videonya yang berjudul, “ 15 Tips Ngatur Duit Ala Raditya Dika”, ia sudah melakukan budgeting sejak awal ia berkarir dengan prinsip, “ Pengeluaran harus lebih sedikit daripada pemasukan.”


Ia menambahkan, bahwa banyak pemasukan bukan berarti pengeluaran juga banyak. Mengatur keuangan memerlukan tekad dan fokus untuk mencapai tujuan keuangan yang sehat.

4 dari 5 halaman

Prioritas dan Bijak dalam Mengeluarkan Uang

Dalam mengatur keuangan tentu kita juga harus memperhatikan pengeluaran. Pun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita harus memprioritaskan yang penting dan bijak dalam mengeluarkan uang.

 Tips Mengatur Keuangan


Masih mengutip pernyataan Raditya Dika, “ Belilah barang untuk diri sendiri… dan pikirkan cost per use, nilainya…”

Membeli sesuatu yang tidak terlalu penting dengan mendahulukan gengsi tentu tidak akan bisa membuat kondisi keuangan kita sehat. Ketika membeli sesuatu, utamakan prioritas dan juga nilai yang didapatkan apabila kita membeli barang atau jasa tersebut.

Tentu setiap orang memiliki prioritas yang berbeda-beda. Perlu digaris bawahi, untuk mencapai keuangan yang sehat, kita harus bijak dalam mengeluarkan uang dengan memikirkan nilai yang diperoleh dari barang atau jasa yang akan kita bayar.

5 dari 5 halaman

Pelajari Instrumen Investasi

Tips lain dari Raditya Dika, adalah mempelajari instrument investasi. Sebagai kaum muda, kita juga harus memikirkan masa depan dan hari tua. Dengan mempelajari instrument investasi, kita dapat memilih dan menentukan mana instrumen yang cocok dengan tujuan keuangan kita.

Raditya Dika sendiri memilih investasi dalam bentuk saham, yang menurutnya lebih efektif. Pun, dengan para kaum milenial juga harus menentukan instrument investasi mana yang cocok digunakan.

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda dalam berinvestasi, pelajari terlebih dahulu instrument-instrumen investasi sebelum menginvestasikan penghasilan, ya Sahabat Dream.

Ada banyak sekali tips mengatur keuangan, di antaranya yang disampaikan Raditya Dika dalam videonya di akun Youtube-nya. Yuk cek dan atur keuangan kita dengan bijak.

(Sah, Sumber: Commerce Bank dan Youtube Channel Raditya Dika)

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id