Tips Jitu Pemasaran Digital yang Wajib Dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi

Dinar | Rabu, 14 April 2021 15:21
Tips Jitu Pemasaran Digital yang Wajib Dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi

Reporter : Jeffreydien Winanda

Adaptasi perlu dilakukan pelaku UMKM agar tetap bisa bertahan di tengah kerasnya pandemi, bagaimana caranya?

Dampak terbesar dari pandemi tak hanya dirasakan dari segi kesehatan, namun juga sektor perekonomian. Adaptasi kebiasaan baru yang cenderung menjauhkan masyarakat dari keramaian membuat banyak pelaku usaha yang pelan-pelan mulai kehabisan bahan bakar dalam memutar roda perekonomian.

Pelaku UMKM adalah salah satu golongan yang terdampak secara ekonomi dari pandemi. Untuk itu, adaptasi perlu dilakukan agar bisnis tetap berjalan dan perekonomian kembali pulih.

Salah satu hal yang wajib dilakukan para pelaku UMKM adalah pengembangan strategi pemasaran serta penjualan digital. Untuk itu, Adira Finance menggelar Business Coaching kepada finalis Festival Kreatif Lokal 2020. Bagaimana sih langkah menentukan strategi marketing digital yang tepat? Berikut penjelasannya.

Kenali Target Market Secara Mendalam

Serba-Serbi Pemasaran Digital yang Perlu dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi
© 2021 Adira Finance

Dalam Business Coaching hari pertama, dihadiri oleh pakar branding dan pemasaran strategis yaitu Alfred Albert Tuwahatu. Satu hal terpenting dalam membuat langkah yang tepat agar strategi marketing bisa berjalan adalah melalui penentuan target market yang ideal.

Secara sederhana, target market bisa dikelompokkan hanya berdasarkan kebutuhan, usia, atau hal spesifik lainnya. Padahal, penentuan target market harus mendetail dan dikelompokkan menjadi beberapa kategori yang meliputi demografi, geografi, aspek psikologis, hingga kebiasaan yang dilakukan masyarakat.

Tumbuhkan Empati Untuk Mengetahui Kebutuhan Masyarakat

Serba-Serbi Pemasaran Digital yang Perlu dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi
© 2021 Adira Finance

Unsur kedekatan secara personal menjadi penting dalam meningkatkan awareness masyarakat terhadap suatu produk. Oleh sebab itu, riset mengenai kebutuhan masyarakat harus dilakukan secara mendalam hingga secara personal.

Caranya dengan mengubah pola berpikir dari perspektif masyarakat, mencari tahu apa yang digemari di luar sana, hingga menciptakan inovasi yang membuat target pasar tidak sadar bahwa meereka membutuhkannya.

Ciptakan Komunikasi Pemasaran yang Tepat, Bagaimana Caranya?

Serba-Serbi Pemasaran Digital yang Perlu dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi
© 2021 Adira Finance

Komunikasi pemasaran yang baik akan menentukan image dari produk yang akan dipasarkan. Melalui Integrated Marketing Communication atau IMC, Alfred Albert Tuwahatu menyampaikan jika IMC model bisa diterapkan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran secara digital.

Adanya komunikasi pemasaran yang sesuai dengan keunggulan produk dan relevan di tengah masyarakat akan mampu memunculkan rasa penasaran bagi target pasar. Hasil akhir yang bisa dilihat adalah dengan semakin terkenalnya suatu produk atau brand dan banyak dibicarakan oleh banyak orang.

Banyak banget pengalaman dan ilmu yang diberikan Alfred Albert Tuwahutu dalam Business Coaching kepada finalis Festival Kreatif Lokal 2020. Dengan semangat untuk bangkit yang diusung oleh Adira Finance, maka bisa membuat masyarakat terinspirasi daan optimis untuk bertahan di tengah pandemi.

Terkait
Join Dream.co.id