Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tips Jitu Pemasaran Digital yang Wajib Dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi

Tips Jitu Pemasaran Digital yang Wajib Dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi © 2021 Shutterstock

Dampak terbesar dari pandemi tak hanya dirasakan dari segi kesehatan, namun juga sektor perekonomian. Adaptasi kebiasaan baru yang cenderung menjauhkan masyarakat dari keramaian membuat banyak pelaku usaha yang pelan-pelan mulai kehabisan bahan bakar dalam memutar roda perekonomian.

Pelaku UMKM adalah salah satu golongan yang terdampak secara ekonomi dari pandemi. Untuk itu, adaptasi perlu dilakukan agar bisnis tetap berjalan dan perekonomian kembali pulih.

Salah satu hal yang wajib dilakukan para pelaku UMKM adalah pengembangan strategi pemasaran serta penjualan digital. Untuk itu, Adira Finance menggelar Business Coaching kepada finalis Festival Kreatif Lokal 2020. Bagaimana sih langkah menentukan strategi marketing digital yang tepat? Berikut penjelasannya.

Kenali Target Market Secara Mendalam

Serba-Serbi Pemasaran Digital yang Perlu dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi

Dalam Business Coaching hari pertama, dihadiri oleh pakar branding dan pemasaran strategis yaitu Alfred Albert Tuwahatu. Satu hal terpenting dalam membuat langkah yang tepat agar strategi marketing bisa berjalan adalah melalui penentuan target market yang ideal.

Secara sederhana, target market bisa dikelompokkan hanya berdasarkan kebutuhan, usia, atau hal spesifik lainnya. Padahal, penentuan target market harus mendetail dan dikelompokkan menjadi beberapa kategori yang meliputi demografi, geografi, aspek psikologis, hingga kebiasaan yang dilakukan masyarakat.

Tumbuhkan Empati Untuk Mengetahui Kebutuhan Masyarakat

Serba-Serbi Pemasaran Digital yang Perlu dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi

Unsur kedekatan secara personal menjadi penting dalam meningkatkan awareness masyarakat terhadap suatu produk. Oleh sebab itu, riset mengenai kebutuhan masyarakat harus dilakukan secara mendalam hingga secara personal.

Caranya dengan mengubah pola berpikir dari perspektif masyarakat, mencari tahu apa yang digemari di luar sana, hingga menciptakan inovasi yang membuat target pasar tidak sadar bahwa meereka membutuhkannya.

Ciptakan Komunikasi Pemasaran yang Tepat, Bagaimana Caranya?

Serba-Serbi Pemasaran Digital yang Perlu dijalankan Pelaku UMKM di Masa Pandemi

Komunikasi pemasaran yang baik akan menentukan image dari produk yang akan dipasarkan. Melalui Integrated Marketing Communication atau IMC, Alfred Albert Tuwahatu menyampaikan jika IMC model bisa diterapkan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran secara digital.

Adanya komunikasi pemasaran yang sesuai dengan keunggulan produk dan relevan di tengah masyarakat akan mampu memunculkan rasa penasaran bagi target pasar. Hasil akhir yang bisa dilihat adalah dengan semakin terkenalnya suatu produk atau brand dan banyak dibicarakan oleh banyak orang.

Banyak banget pengalaman dan ilmu yang diberikan Alfred Albert Tuwahutu dalam Business Coaching kepada finalis Festival Kreatif Lokal 2020. Dengan semangat untuk bangkit yang diusung oleh Adira Finance, maka bisa membuat masyarakat terinspirasi daan optimis untuk bertahan di tengah pandemi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mengintip Peta Persaingan E-Commerce di Akhir Tahun 2023, Ternyata Ini Favorit Brand Lokal dan UMKM

Mengintip Peta Persaingan E-Commerce di Akhir Tahun 2023, Ternyata Ini Favorit Brand Lokal dan UMKM

Tren ini pun dimanfaatkan oleh brand lokal dan UMKM dalam berjualan lewat e-commerce.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

Begah tidak hanya karena terlalu banyak makan tapi bisa jadi karena kebiasaan makan yang kurang tepat dimana memberi beban tambahan pada kerja lambung.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.