Pesawat Mahal, Peminat Bus dan Kereta Melonjak Jelang Lebaran

Dinar | Rabu, 15 Mei 2019 13:44
Pesawat Mahal, Peminat Bus dan Kereta Melonjak Jelang Lebaran

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ini disebabkan oleh mahalnya harga tiket pesawat.

Dream – Kenaikan harga tiket pesawat masih jadi bulan-bulanan. Terutama, bagi yang berencana mudik ke kampung halaman menjelang lebaran.

Melangitnya harga tiket pesawat ini diprediksi bakal membuat para pemudik beralih moda transportasi. Pengguna moda transportasi darat, seperti bus dan kereta, bakal naik. Penumpang pesawat diprediksi menurun.

" Penjualan tiket kereta meningkat 30 persen dari tahun lalu. Sedangkan penjualan tiket bus meningkat 300 persen,” kata Head of Growth Management Transport Traveloka, Iko Putera, di Century Hotel, Jakarta Selatan, Selasa 14 Mei 2019.

Menurut Iko, perbedaan harga tiket bus antarkota dan pesawat pun berbeda jauh. " Dari Jakarta ke kota tujuan di Pulau Jawa, pengguna bisa menghemat sampai Rp950 ribu dibandingkan dengan pesawat" .

2 dari 2 halaman

Bagaimana dengan Fasilitasnya?

Harga tiket bus hanya berkisar Rp280 hingga Rp350 ribu ke kota besar di Pulau Jawa. Tentunya dengan fasilitas AC, makanan gratis, kursi recliner, bagasi yang besar dan perlengkapan tidur seperti selimut.

Meski begitu, penjualan tiket pesawat masih yang paling besar, yaitu 60 persen. Tapi, memang berkurang dari tahun kemarin yang mencapai 70-80 persen.

" Tahun lalu penjualan tiket pesawat 70-80 persen. Tapi, sekarang moda transportasi lain lebih murah, infrastruktur lebih nyaman, jadi orang berpindah," kata dia.

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id