3 Pola Pikir Orang Sukses, Fresh Graduate Wajib Baca!

Dinar | Selasa, 10 Desember 2019 08:36
3 Pola Pikir Orang Sukses, Fresh Graduate Wajib Baca!

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Misalnya, alasan mengapa kamu bekerja.

Dream - Mahasiswa yang baru lulus memiliki kesempatan yang lebar untuk meraih sukses. Mereka bisa sedari dini meniti karier yang hendak digapai.

Perjalanan menuju kesuksesan ini bisa menjadi tantangan dan kesenangan sekaligus.

Dikutip dari Merdeka.com yang melansir CNBC Make It, Selasa 10 Desember 2019, pakar karier, Marcus Buckingham, mempelajari orang-orang yang unggul dalam kehidupan profesional.

“ Saya telah menemukan kunci keberhasilan dimulai dengan pola pikir yang kuat,” kata Marcus.

Ada tiga pemikiran sukses yang perlu diterapkan oleh sarjana baru. Pertama, karier bukanlah tujuan, melainkan proses pencairan. Dalam karier, tak ada yang sempurna dan tak ada yang bisa memprediksi apa yang terjadi selanjutnya setelah kita bisa merintis karier.

Kamu harus bisa mencari langkah selanjutnya. Carilah peran dan tanggung jawab yang memungkinkan untuk benar-benar sesuai dengan keahlian dan tampil mengesankan.

2 dari 7 halaman

Cari Tahu Alasan Kamu Bekerja

Kedua, kamu harus mencari tahu alasan kamu bekerja.

Sebelum menerima pekerjaan, kamu sebaiknya bertanya kepada diri sendiri mengapa memilih bekerja.

Jika kamu percaya terhadap apa yang perusahaan lakukan dan mencintai rekan kerjamu, namun pada saat yang sama kamu membencinya, niscaya tak akan bertahan lama.

Ketiga, temukan kemampuan keunggulanmu.

Orang-orang tak bisa menebak apa bakat dan kekuatanmu. Bos mungkin menjadi orang yang pantas mengevaluasi kinerjamu, tapi diri sendirilah yang bisa mengenalmu dengan baik.

Kamu harus memperhatikan kekuatan apa yang paling unik dan bermakna dari setiap tugas yang dilakukan. Dengan melakukannya, kamu bisa menyiapkan diri untuk masa depan yang sukses.(Sah)

3 dari 7 halaman

7 Kiat Sukses Gapai Keberhasilan Karier, Resapi Poin Terakhir!

Dream - Saat mengawali karier, beberapa orang mungkin masih bersikap idealis dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan hasrat. Terkadang jalannya tak semulus yang diperkirakan.

Saat tak kunjung mendapatkan tawaran kerja dari pekerjaan yang dipilih, mereka mulai menerima pekerjaan apa saja yang bisa didapatkan.

Ada yang berhasil mendapatkan pekerjaan sesuai passion, tapi tak seindah yang dibayangkan saat dilakoni. Saat mengalami tahap ini, bukan tak mungkin kita bisa menggenjot karier.

Dikutip dari keterangan tertulis dari Jobstreet, Rabu 4 Desember 2019, ada tujuh cara untuk meningkatkan karier. Pertama, kamu harus memiliki rencana. Seorang motivator, Anthony Robbins, mengatakan seseorang berencana gagal jika gagal merencanakan.

“ Jika kamu tidak memiliki rencana sendiri, orang lain akan membuatmu masuk ke rencana mereka,” kata Robbins.

 

 7 Kiat Sukses Gapai Keberhasilan Karier, Resapi Poin Terakhir!



Kedua, mengetahui dan mempelajari budaya perusahaan.

Budaya perusahaan adalah tradisi, adat, dan cara kerja di perusahaan. Budaya perusahaan ini bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Plus ketentuan pakaian kerja dan cara berkomunikasi.

Ketiga, follow up dan follow through.

Mengembangkan reputasi sebagai seseorang yang dapat diandalkan akan membuatmu bisa diandalkan oleh rekan kerja dan atasan. Jangan hanya menyelesaikan pekerjaan, tapi juga tepat waktu dan anggaran.

4 dari 7 halaman

Jadilah Team Player

Keempat, kuasail public speaking

Dengan keterampilan ini, kamu akan terdengar cerdas saat berbicara. Mulai dari basa-basi sampai membuat presentasi bisnis. Komunikasi yang efektif adalah keterampilan penting untuk berhasil di lingkungan perusahaan.

Kalau kamu tak nyaman berbicara di depan umum, cobalah untuk mengambil kelas public speaking untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kemampuan untuk merepresentasikan ide secara efektif akan memberikan nilai tambah yang luar biasa.

Kelima, jadilah team player

Dalam bisnis apa pun, kerja sama tim diperlukan. Untuk mencapai dan melampaui tujuan perusahaan, kamu memerlukan semua orang yang bekerja sama sebagai sebuah tim.

Menjadi bagian dari tim bukan berarti kamu harus bersinar. Kamu harus siap untuk menyesuaikan diri dengan model tim.

5 dari 7 halaman

Orang yang Penuh Wawasan

Keenam, jadilah orang yang penuh dengan wawasan.

Kamu bekerja di bidang yang dikuasai. Pelajari peran dan tanggung jawab dari departemen lain dan bagaimana mereka masuk ke dalam struktur perusahaan.

Misalnya, belajarlah tentang keuangan perusahaan jika kamu berada di komunikasi. Atau, belajarlah bagian pemasaran jika kamu berada di bidang SDM. Dengan memiliki keterampilan dan keahlian yang melampaui pekerjaan saat ini, kamu tak hanya menjadi karyawan yang berharga, tetapi juga baik untuk dipromosikan.

Ketujuh, mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Semua perusahaan membangun bisnisnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Jika kondisi perusahaan tidak baik, begitu juga kamu. Kesuksesan perusahaan akan berdampak kepadamu dalam bentuk kenaikan gaji, bonus, dan promosi.

Segala sesuatu yang dilakukan untuk pekerjaan, kamu harus menganggapnya sebagai kontribusi terhadap perusahaan, atau ekuitas. Jangan malu-malu untuk berbagi ide-ide dan mengembangkan reputasi sebagai seseorang yang selalu memikirkan cara dan memberikan ide untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

6 dari 7 halaman

Jadi `Pemberontak` Terkadang Bisa Bikin Karier Sukses, Asalkan...

Dream - Apakah kamu tipe orang yang tidak suka menciptakan sesuatu yang menggemparkan? Atau kamu termasuk karakter orang yang dibesarkan untuk menjadi “ anak yang baik-baik”?

Bisa jadi kamu termasuk sosok yang diajarkan untuk menjadi seorang perempuan sopan dan harus menyenangkan semua orang?

Dikutip dari Inc, Minggu 1 November 2019, penulis buku “ 13 Things Mentally Strong People Don’t Do”, Amy Morin, mengatakan tak ada salahnya untuk melanggar aturan untuk menjalani kehidupan karier yang lebih baik.

 

 Jadi Pemberontak Terkadang Bisa Bikin Karier Sukses, Asalkan...

 

Namun, sayangnya melanggar pakem yang sudah ada menjadi hal yang sulit dilakukan oleh wanita.

Hal ini berdasarkan suatu penelitian yang menunjukkan salah satu alasan lebih banyak meminta maaf karena mereka memiliki ambang batas yang lebih rendah untuk kesalahan. Kaum hawa acapkali merasa terdorong untuk mengikuti aturan dan cenderung merasa bersalah untuk pelanggaran aturan daripada pria.

Plus, peluang bagus sering tertutup oleh aturan-aturan yang menahan wanita.

7 dari 7 halaman

Orang yang Sering Melanggar Aturan Sedari Kecil Cenderung Lebih Sukses?

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id