Terungkap, Total Uang Tip Diterima Mitra Gojek Semasa Pandemik Corona

Dinar | Selasa, 7 Juli 2020 09:34
Terungkap, Total Uang Tip Diterima Mitra Gojek Semasa Pandemik Corona

Reporter : Syahid Latif

Gojek merilis data 5 layanan yang mengalami peningkatan semasa pandemik Covid-19

Dream - Selama pandemik Covid-19 banyak hal yang berubah dalam rutinitas masyarakat. Selain rajin menerapkan protokol kesehatan, tren belanja melalui aplikasi online shop sudah mulai menjadi kebiasaan.

Dalam sehari, kamu mungkin semakin sering mendengar pengantar paket mengantarkan barang pesanan ke rumah tetangga atau mungkin kediaman kamu sendiri.

Perusahaan pengelola platform Gojek juga mengakui adanya peningkatan selama pandemik corona di Tanah Air. Layanan pesan antar makanan dan kebutuhan sehari-hari dilaporkan mengalami kenaikan tertinggi.

Layanan Gojek lain yang juga mengalami lonjakan adalah layanan pembayaran digital, layanan donasi digital, layanan hiburan dan acara online, serta layanan logistik Gojek.

" Sejak awal masa pandemi hingga memasuki masa tatanan baru sejumlah layanan Gojek mengalami peningkatan permintaan, menjadikan Gojek sebagai super app andalan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 untuk tetap produktif dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Nila, Gojek menyediakan beragam solusi dan inovasi untuk mendukung masyarakat tetap produktif dengan mengedepankan aspek kesehatan, kebersihan dan keamanan.

Nah berikut ini adalah layanan Gojek yang dilaporkan mengalami peningkatan permintaan selama periode Maret-Mei 2020 dibandingkan dengan data periode Januari-Februari 2020:

 

2 dari 6 halaman

1. GoFood dan GoMart

 GoFood Klaim Pimpin Layanan Pesan Antar di Asia Tenggara© MEN

Selama pandemi, GoFood mengimplementasikan pembatasan jarak fisik dengan meluncurkan fitur contactless delivery, memperluas layanan dengan menghadirkan kategori makanan siap masak, dan kemudahan pembelian bahan pokok melalui Pasar Mitra Tani.

Sejak diluncurkan April lalu, transaksi layanan makanan siap saji meningkatkan hingga tiga kali lipat.

Sementara layanan GoMart mencatat peningkatan transaksi selama masa pandemi (Maret - Mei 2020) hingga tiga kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi (Desember 2019 - Februari 2020). Sementara itu pada periode yang sama, jumlah produk yang dibeli naik 4,6 kali lipat.

Sementara untuk outlet Pasar Mitra Tani yang bekerja sama dengan Kementerian Pertanian, transaksi masyarakat naik 2,3 kali lipat sejak pertama diluncurkan di bulan April.

 

3 dari 6 halaman

2. Pengguna GoPay Meningkat

Booming online shop selama pandemik turut membuat layanan pembayaran digital Gojek mengalami kenaikan. Salah satunya adalah untuk berbagi rezeki di bulan Ramadan dimana jumlah transfer saldo GoPay ke sesama pengguna meningkat empat kali lipat dibandingkan Ramadan setahun lalu.

Pengguna juga menggunakan pembayaran digital untuk berinvestasi dengan mencatat penggunaan GoPay untuk investasi reksadana naik hampir dua kali lipat, pembelian kupon games naik tiga kali lipat.

Wabah Corona juga membuat transaksi GoPay di layanan GoMed meningkat dua kali lipat sejalan dengan upaya masyarakat untuk mengedepankan aspek kesehatan, salah satunya melalui layanan telemedis. Sedangkan pembelian obat melalui GoMed mengalami peningkatan signifikan hingga 103 persen dibandingkan dengan sebelum masa pandemi.

 

4 dari 6 halaman

3. Donasi menggunakan GoPay

 Sedekah Koin NU Kini Bisa Lewat Gopay© MEN

Hal yang menggembirakan dari laporan Gojek kali ini adalah peningkatan donasi masyarakat menggunakan layanan GoPay. Nila menyebutkan, total sumbangan yang disalurkan menggunakan GoPay mencapai Rp45 miliar pada periode Maret-Mei 2020 atau naik dua kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi.

Donasi tersebut disalurkan masyarakat ke Kitabisa.com, ratusan rumah ibadah dan yayasan, pembelian tiket konser amal melalui GoTix, serta pembayaran zakat digital lewat aplikasi Gojek.

Adapun apresiasi ke mitra driver melalui tip di akhir layanan mencapai Rp77,6 miliar pada periode yang sama, naik dua kali lipat selama pandemi.

 

5 dari 6 halaman

4. GoGames, GoPlay, dan GoTix

Kondisi yang membuat masyarakat tetap berada di rumah saja tidak tak berarti menghambat produktivitas dan kesempatan mendapat hiburan berkualitas. Buktinya terjadi peningkatan jumlah sesi permainan di GoGames sebanyak 64 kali lipat.

Sementara waktu untuk streaming konten film dan serial lokal berkualitas dilaporkan naik 10 kali lipat dari total waktu yang dihabiskan oleh pengguna GoPlay. Sedangkan sebagai upaya untuk tetap produktif di rumah, masyarakat sering mengikuti berbagai macam event online, sehingga terjadi 32 kali lipat peningkatan jumlah event online yang tersedia di platform GoTix.

 

6 dari 6 halaman

5. GoSend

 Tarif Ojol Naik, Begini Kata Gojek dan Grab© MEN

Selama masa pandemi, jumlah pesanan layanan pengiriman GoSend meningkat hampir 90 persen. Khusus sepanjang bulan Ramadan tahun ini, lebih dari 80 persen transaksi GoSend berasal dari layanan mengantarkan makanan dan minuman.

Terkait
Join Dream.co.id