Terungkap Motivasi Terbesar Perempuan Asia Ingin Jadi Pebisnis

Dinar | Sabtu, 11 Juli 2020 14:00
Terungkap Motivasi Terbesar Perempuan Asia Ingin Jadi Pebisnis

Reporter : Syahid Latif

Jumlah perempuan Asia yang ingin menjadi wirausahawati lebih tinggi dari rata-rata dunia.

Dream - Keinginan kalangan perempuan di Asia untuk menjadi seorang wirausahawati ternyata lebih besar dibandingkan kaum sesamanya di belahan dunia lain. Bahan 4 dari 5 perempuan di Asia Tenggara ingin memiliki bisnis sendiri.

Survei Herbalife Nutrition Global Entrepreneurship Survey 2020 yang dilakukan OnePoll terungkap jika 81 persen perempuan di Asia Tenggara memiliki keinginan berwirausaha. Angka itu lebih tinggi dari rata-rata global yang mencapi 72 persen.

Keinginan berwirausaha juga ditemukan paling banyak pada para generasi Z dan milenial yang berusia 18-39 tahun.

Jajak pendapat dilakukan pada Maret-April 2020 dengan responden 9.000 wanita berusia 18 tahun ke atas yang tersebar di 15 negara, termasuk 2.000 wanita di Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Survei ini menelaah sikap para perempuan tentang kewirausahaan. Selain mengungkap ambisi kewirausahaan di kalangan wanita Asia Tenggara, survei tersebut menemukan sejumlah alasan praktis yang menjadi dorongan utama untuk menjadi wirausahawan wanita pada saat ini.

 

2 dari 2 halaman

Motif Perempuan Asia Ingin Berwirausaha

Sebagian besar kalangan perempuan, 56 responden, mengaku ingin merintis bisnis sendiri karena termotivasi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Sementara 54 persen responden mengaku termotivasi keinginan menjadi pemimpin, 53 persen ingin mengubah karier.

Sejumlah alasan tersebut berada di posisi yang lebih penting ketimbang beberapa hal lain, seperti keinginan memperoleh kebebasan yang lebih besar dalam pekerjaan (45%) serta mengejar minat (41%).

" Bagi kaum wanita di Asia Tenggara, motivasi terbesar untuk menjadi wirausahawan wanita ialah kebutuhan mencari sumber pendapatan alternatif demi menghidupi keluarga," jelas Stephen Conchie, Senior Vice President & Managing Director, Asia Pasifik, Herbalife Nutrition.

Melihat hasil survei tersebut, Conchie mengingatkan pelaku di sektor publik dan swasta harus bersatu untuk menyediakan berbagai peluang, sumber daya, pendidikan, dan pelatihan yang mendukung wirausahawan wanita.

Wirausahawan perempuan tak hanya berpotensi untuk memperoleh peluang pendapatan yang lebih baik, masyarakat juga dapat memiliki wirausahawan generasi baru sebagai panutan yang mampu memberikan peluang yang lebih luas bagi kaum wanita di masa depan.

Join Dream.co.id