Rilis Aplikasi KirimAja, Garuda Serius Garap Layanan Bisnis Logistik

Dinar | Rabu, 3 Juni 2020 13:48
Rilis Aplikasi KirimAja, Garuda Serius Garap Layanan Bisnis Logistik

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Seperti apa bisnisnya?

Dream – Perkembangan industri e-commerce di Indonesia terutama selama pandemi corona, menarik minat Garuda Indonesia Group. Melalui anak usahanya, PT Aerojasa Cargo, Garuda merilis layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital, KirimAja.

Dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 7 Juni 2020, KirimAja menjangkau pengiriman barang ke sejumlah destinasi penerbangan yang dilayani oleh Garuda Indonesia dan Citilink. Pengiriman ini juga melayani area Jabodetabek dan daerah lainnya yang didukung oleh Aerojasa Cargo.

“ Pandemi COVID-19 menuntut kami untuk semakin adaptif dan kreatif berakselerasi mengembangkan opportunity bisnis di era new normal. Salah satunya, kami kembangkan melalui bisnis layanan logistik dengan memperkenalkan ‘KirimAja’ yang merupakan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, di Tangerang, Banten.

Irfan mengharapkan layanan ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat dan sektor UMKM yang memerlukan layanan pengiriman barang secara online.

“ Didukung oleh layanan kargo udara yang terpercaya, baik dari sisi akurasi waktu pengiriman, keamanan paket, hingga tarif yang kompetitif,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Diharapkan Berikan Dampak Ekonomi

Irfan menjelaskan layanan KirimAja didukung oleh bisnis model berbasis komunitas. Selain mendekatkan layanan kepada masyarakat, jasa tersebut juga bisa memberikan dampak ekonomi kepada yang bergabung sebagai agen pengiriman yang disebut “ program Sohib KirimAja”.

Saat ini, telah terdapat agen " Sohib KirimAja" yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia yang dapat melayani pengiriman barang sampai dengan alamat tujuan pengiriman.

“ Layanan pengiriman barang pada saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan transaksional semata, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di era borderless untuk dapat menjalin silaturahmi dengan kerabat maupun kolega melalui pemberian hantaran/buah tangan sebagai bentuk perhatian pada masa pembatasan aktivitas masyarakat di masa pandemi”, kata dia.

3 dari 3 halaman

One Stop Service

Dengan dilengkapi berbagai fitur yang dapat diakses dengan mudah seperti reservasi, booking management, real time tracking, tracing, pengecekan tarif pengiriman, hingga pembayaran yang dapat dilakukan dengan virtual account, aplikasi pendukung layanan “ Kirim Aja” menawarkan konsep layanan “ one-stop-service” untuk kebutuhan pengiriman paket ke seluruh Indonesia.

Saat ini “ KirimAja” dapat melayani pengiriman barang umum, mulai dari produk fashion, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, makanan kering, hingga produk non-perishable lainnya. Kedepannya, “ Kirim Aja” akan turut mengembangkan kapasitas layanan lainnya, khususnya untuk segmentasi pengiriman makanan dengan durasi pengiriman yang lebih singkat.

" Kehadiran KirimAja kami harapkan dapat menjadi langkah berkelanjutan perusahaan untuk " tumbuh" bersama masyarakat dengan mengembangkan model bisnis yang dapat mendukung upaya peningkatkan daya saing layanan kargo dan logistik,” kata Irfan.

Sebelumnya Garuda Indonesia pernah memiliki perusahaan hampir mirip bernama PT Garuda Tauberes Indonesia. Seiring munculnya dugaan skandal di jajaran direksi sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memutuskan untuk menutup bisnis tersebut. 

(Baca: Erick Thohir Tergelitik Ada Cucu Usaha Bernama PT Garuda Tauberes Indonesia)

Join Dream.co.id