Cara Cristiano Ronaldo Habiskan Uang Rp6 Triliun

Dinar | Rabu, 20 Juni 2018 13:40
Cara Cristiano Ronaldo Habiskan Uang Rp6 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ronaldo menjadi salah satu atlet terkaya.

Dream – Mumpung sedang demam Piala Dunia, kali ini Dream akan membahas pemain sepak bola terkaya. Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo.

Dilansir dari CNBC, Rabu 20 Juni 2018, pria berusia 33 tahun ini diprediksi memiliki kekayaan sebesar US$450 juta (Rp6,27 triliun). Per 5 Juni 2018, bintang sepak bola Portugal ini telah mencetak US$108 juta (US$1,5 triliun) selama setahun, berdasarkan Forbes.

Rinciannya, dia mendapatkan US$61 juta (Rp849,95 miliar) dari gaji, bonus, dan hadiah menang pertandingan, serta endorse sebesar US$47 juta (Rp654,88 miliar).

Selain punya duit banyak, pencetak tiga gol dalam pertandingan Portugal—Spanyol di Grup B Piala Dunia 2018 ini juga merintis bisnis.

Punya uang sebegitu banyak, penasaran dengan caranya menghabiskan uang?

2 dari 4 halaman

Dulang Uang dari Endorse

Ketika berusia 18 tahun, bintang sepak bola Portugal ini menandatangani kontrak dengan Machester United—raksasa klub sepak bola di Inggris. Sejak itulah, kariernya melejit. Dia membukukan 654 gol dan kakinya diasuransikan sebesar US$144 juta (Rp2 triliun).

Ronaldo mungkin bukan pemain yang dibayar termahal di dunia sepak bola. Tapi, yang membedakannya dengan pemain yang lain adalah dia bisa “ mengemas” dirinya di jejaring sosial.

Kapten timnas Portugal ini terbilang produktif di jejaring sosial dan memiliki pengikut terbanyak. Jumlah pengikuti Ronaldo mencapai 323,4 juta orang di Facebook, Instagram, dan Twitter. Di Instagram saja, pengikut Ronaldo menembus angka 128 juta. Angka ini jauh lebih tinggi daripada Lionel Messi dan Neymar Jr. yang punya puluhan juta pengikut.

Melihat banyaknya pengikut Ronaldo di jejaring sosial, merek dunia tertarik untuk meng-endorse, mulai dari jam tangan sampai provider televisi kabel. Bahkan, dia juga mendapatkan dukungan dari perusahaan baja Mesir.

Satu hal yang tidak dimiliki atlet sepak bola lain dari Ronaldo adalah kontrak seumur hidup dari Nike. Nilainya mencapai US$1 miliar (Rp13,93 triliun). Kontrak ini diteken pada 2016 dan masih bisa berlanjuut selama berpuluh-puluh tahun setelah dia pensiun. Kontrak ini juga dimiliki oleh legenda pemain basket, Michael Jordan. Jordan memiliki kontrak serupa dengan Nike dan dia mendapatkan bayaran setelah pensiun sejak 2003.

Sayangnya, Ronaldo tersandung kasus penggelapan pajak oleh jaksa Spanyol. Karena kasus ini, dia akan mendapatkan hukuman 2 tahun penjara dan denda sebesar US$21,7 juta (Rp302,36 miliar).

Jadi, Ronaldo menghabiskan uangnya untuk apa saja?

 

3 dari 4 halaman

Invetasi Ronaldo

Selain untuk konsumsi pribadi, Ronaldo juga menghabiskan uangnya untuk bisnisnya sendiri.

Pemain sepak bola di klub Real Madrid ini memiliki bisnis pakaian dalam mewah, sepatu, selimut, parfum, aplikasi mobile, dan agensi kreatif.

Bahkan, dia juga menanamkan uangnya di restoran dan hotel. Pada tahun 2015, Ronaldo menginvestasikan uang US$40 juta (Rp557,33 miliar) di Pestana Hotel Group.

 

4 dari 4 halaman

Untuk Kehidupan Pribadi

Gaya hidupnya juga terbilang wah. Dia memiliki vila senilai US$7,1 juta (Rp98,93 miliar) di Madrid, Spanyol, dan apartemen senilai US$18,5 juta (Rp257,77 miliar) di Trump Tower, New York. Bintang sepak bola ini juga punya sederet mobil mewah, termasuk Lamborghini dan Ferrari.

Ada juga Bugattti Chiron dengan logo CR7 yang senilai US$3 juta (Rp41,8 miliar) dan jet pribadi senilai US$17 juta (Rp236,87 miliar) dengan logo CR7.

 

Terkait
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id