10 Negara Paling Jago Cetak Wanita Pebisnis

Dinar | Kamis, 8 Maret 2018 09:41
10 Negara Paling Jago Cetak Wanita Pebisnis

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Inikah alasannya?

Dream Wanita pengusaha cenderung mengalami perkembangan yang lebih baik di negara-negara maju. Para wanita di negara ini mampu memanfaatkan sumber daya dan peluang yang lebih besar, termasuk akses modal, layanan keuangan, dan program-program akademik dibandingkan dengan yang di negara-negara berkembang.

Ini tertuang dalam Mastercard Index of Women Entrepreneurs (MIWE).

Dikutip dari keterangan tertulis Mastercard yang diterima Dream, Kamis 8 Maret 2018, Chief Financial Officer Mastercard, Martina Hund-Mejean, menatakan indeks ini mengindikasikan wanita pengusaha pemula maupun profesional di seluruh dunia terus berkembang. MIWE edisi kedua ini mengukur kemajuan dan pencapaia para wanita pengusaha dan pemilik bisnis di 57 negara, termasuk Asia Pasifik, Eropa, Afrika, dan Amerika Utara.

“ Para wanita pengusaha telah membuat langkah besar sebagai pemilik usaha di seluruh dunia, sebagaimana mereka juga berupaya untuk mencapai potensi terbaik mereka,” kata Martina.

Berikut ini adalah daftar 10 besar negara dengan kondisi pendukung terkuat dan peluang terbesar bagi para wanita yang berkembang sebagai pengusaha.

1. Selandia Baru – 74,2
2. Swedia – 71,3
3. Kanada – 70,9
4. Amerika Serikat – 70,8
5. Singapura – 69,2
6. Portugal – 69,1
7. Australia – 68,9
8. Belgia – 68,7
9. Filipina – 68,0
10. Inggris – 67,9

Martina mengatakan negara-negara maju dengan kondisi pendukung yang kuat tidak kebal terhadap bias budaya yang berkaitan dengan wanita wirausaha. Misalnya, di Selandia Baru, studi ini mengungkapkan masyarakat di negara tersebut cenderung kurang mampu menerima kehadiran wanita pengusaha.

“ Meskipun demikian, wanita pemilik bisnis di Selandia Baru telah berkembang melampaui tantangan tersebut dan berhasil menduduki posisi teratas dalam studi ini selama dua tahun berturut-turut,” kata dia.

Lantas, apa yang membuat bisnis yang sukses bisa bertahan? Martina mengatakan kombinasi yang kuat mulai dari akses terhadap layanan dan produk keuangan, kemudahan dalam menjalankan bisnis,

“ Dalam menyambut Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day), kami berharap bahwa temuan dari studi ini dapat menjadi pengingat bagi pemerintah dan organisasi untuk senantiasa meningkatkan dukungan mereka bagi para wanita pengusaha pemula dan pekerja wanita di seluruh bidang, mulai dari inklusi keuangan yang lebih baik maupun akses terhadap pendidikan yang lebih luas,” kata President International Market Mastercards, Ann Cairns.

Komentar
Beri Komentar
Ibu Negara Iriana Memperingati Hari Kartini di Solo
Join Dream.co.id
KPU Buka Pengaduan Data, Ini Caranya