Fresh Graduate Tolak Gaji Rp8 Juta, Ini Gaji Pertama Raditya Dika

Dinar | Sabtu, 27 Juli 2019 16:02
Fresh Graduate Tolak Gaji Rp8 Juta, Ini Gaji Pertama Raditya Dika

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dia gemas dengan unggahan alumni yang menolak gaji Rp8 juta.

Dream – Masalah gaji untuk lulusan fresh graduate membuat Raditya Dika angkat bicara. Selebritis ini blak-blakan dengan gaji pertama. Dikatakan bahwa Raditya mendapatkan gaji pertama di bawah Rp5 juta.

“ Pertama kali kerja, gaji pertama gue Rp4 juta waktu jadi lulusan baru,” kata dia di akun Youtubenya, Sabtu 27 Juli 2019.

Raditya mengatakan rata-rata gaji lulusan baru Universitas Indonesia (UI), menurut Career Development Center (CDC), sebesar Rp3 juta—Rp6 juta.

Tapi, hal ini juga tidak membuka kemungkinan bahwa gaji seorang lulusan baru UI bisa mendapatkan double digit.

“ Adik gue lulusan UI. Ada beberapa temannya gajinya dua digit. Padahal, itu fresh graduate,” kata alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) ini. 

2 dari 5 halaman

Tak Ada Salahnya `Pasang Tarif` Tinggi

Raditya mengatakan, lulusan baru tak ada salahnya mematok nilai jual yang tinggi kepada perusahaan.

Apalagi, nilainya lebih tinggi daripada kandidat lain dan yang dibutuhkan pemerintah. “ Mungkin benar. Itu sah-sah saja,” kata dia.

Tapi, lanjut Raditya, cara warganet yang menolak gaji Rp8 juta ini juga tidak tepat.

“ Cuma, cara menyampaikan dan tempatnya itu salah. Dia kasih Instastory dan menggunakan kata-kata yang merendahkan orang,” kata dia.

Kalau tidak sesuai dengan keinginan, Raditya menyarankan kandidat untuk menolak secara halus dan meninggalkan lokasi. 

3 dari 5 halaman

Sentil Alumni `Gaji Rp8 Juta`, Raditya Dika: Jangan Belagu

Dream – Raditya Dika turut angkat bicara tentang viralnya lulusan Universitas Indonesia (UI) yang menolak gaji Rp8 juta dari sebuah perusahaan lokal. Dia memberikan beberapa pandangannya tentang kasus ini.

Salah satunya adalah nasihatnya kepada pengunggah snapgram.

Dikutip dari akun Youtube Raditya, Sabtu 27 Juli 2019, Radit mempertanyakan kebenaran unggahan status itu. Dikatakan bahwa nama pengirimnya disamarkan. Bisa jadi itu adalah status orang yang iseng.

“ Gue rasa kita harus menjaga kecurigaan bahwa itu nggak beneran, itu bukan anak UI asli, bukan anak yang melamar kerja, dan kejadiannya nggak seperti yang di Instastory,” kata dia.

 

 Sentil Alumni Gaji Rp8 Juta, Raditya Dika: Jangan Belagu

 

Penulis buku “ Kambing Jantan” ini menegaskan para alumni tidak seperti itu. Misalnya, teman-temannya yang merupakan alumni UI. Dikatakan bahwa teman-temannya tidak arogan dan merasa sekeren itu.

“ Percayalah, teman-teman gue malah nggak ada yang kayak begitu. Nggak ada yang merasa sekeren itu, nggak searogan itu, nggak ada yang merendahkan universitas lain,” kata lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI ini.

Kalaupun benar, Raditya meyakini bahwa sikap si sender tidaklah mencerminkan anak UI secara keseluruhan. “ Sebagian saja,” kata dia.

Raditya juga punya pesan khusus kepada pengunggah status. Dia memberikan tiga pesan kepada warganet yang katanya alumni UI ini.

4 dari 5 halaman

Apa Nasihatnya?

Raditya meminta warganet ini tidak merasa jumawa, apalagi dirinya hanya seorang lulusan baru dan hendak masuk ke dunia kerja. Ditambah, sikap arogan dan merasa jadi orang paling penting.

“ Jangan belagu. Lu baru lulus kuliah, baru masuk kerja,” kata dia.

Raditya menekankan bahwa sikap dan perilaku yang seperti ini takkan membuat seseorang untuk berkembang.

“ Itu tidak akan membuat lu panjang secara karier,” kata dia.

5 dari 5 halaman

Hati-hati di Internet

Raditya juga mengingatkan si penunggah untuk berhati-hati menuliskan sesuatu di internet, termasuk di status snapgram. Perusahaan bisa saja menemukan rekam jejak yang negatif dari seseorang.

“ Apa pun yang ditulis di internet, akan terus ada,” kata dia.

Jika yang menulis macam-macam, apalagi yang bersifat menyerang, perusahaan akan berpikir panjang untuk merekrut si pengunggah.

“ Gue akan mikir berkali-kali kalau hire dia. Dia pernah begini. Gue nggak mau hire orang kayak gini,” kata dia. 

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id