Terbiasa Atur Keuangan Sejak Dini, Ini 5 Cara Kenalkan Finansial pada Anak

Dinar | Jumat, 20 September 2019 10:49
Terbiasa Atur Keuangan Sejak Dini, Ini 5 Cara Kenalkan Finansial pada Anak

Reporter : Wuri Anggarini

Ingin memperkenalkan konsep finansial dasar pada anak? Ini beberapa trik jitunya!

Mendidik anak bukan hanya soal mendapatkan nilai bagus di sekolah, tapi hal-hal yang bisa diaplikasikan dalam kehidupannya. Salah satunya adalah soal keuangan. Buat yang ingin si kecil tumbuh menjadi pribadi terhindar dari gaya hidup konsumtif, ada beberapa cara mudah dan efektif yang dapat membuatnya lebih melek finansial. 

Ajak Anak Membuka Tabungan

Jika sejak awal anak sudah diajarkan untuk menabung sisa uang jajan, tingkatkan pemahaman soal keuangan dengan mengajaknya membuka tabungan di bank. Jelaskan apa saja keuntungan yang didapat dengan menabung di bank. Ajak juga ia ikut serta saat proses pengajuan aplikasi bank untuk membuka rekening baru, sehingga semakin bersemangat untuk menanamkan kebiasaan yang satu ini.

Mulai dari keamanan yang terjamin, mendapatkan bunga atau sistem bagi hasil yang diberlakukan di bank syariah, hingga penggunaan kartu ATM yang dapat memudahkan transaksi. Untuk menarik perhatian anak-anak, kini tidak sedikit bank yang menawarkan produk tabungan khusus anak lengkap dengan kartu bergambarkan motif kartun favorit atau foto si kecil.

Ajarkan Lewat Dongeng

Hindari menggunakan bahasa yang terlalu rumit untuk dipahami oleh anak-anak. Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengenalkan soal finansial adalah lewat dongeng yang sudah familiar di telinganya. Seperti Cinderella untuk mengingatkan pentingnya menabung untuk menghadapi ketidakpastian di masa yang akan datang atau Red Riding Hood yang mengajarkan sikap menunda-nuda pekerjaan hanya akan berakibat fatal.

Ajak Belanja di Pasar

Pasar mungkin bukan tempat yang disukai anak-anak. Namun Sahabat Dream bisa mengenalkannya sedikit demi sedikit sebagai lokasi tepat untuk berhemat.

Selain pilihan barangnya yang cukup lengkap, harganya pun tergolong miring jika dibandingkan dengan berbelanja di supermarket. Minta dia untuk membandingkan harga dari barang yang sama untuk memperkenalkan konsep mahal dan murah, yang akan membantunya untuk mengenali cara berhemat.

Jauhkan dari Gadget

Di masa tumbuh kembangnya ini, banyak ahli yang menyarankan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak-anak. Sahabat Dream bisa menjelaskannya pada anak-anak jika kecanduan gadget bukan hanya kurang baik bagi perkembangan tapi juga uang belanja.
Pasalnya, gadget perlu kuota internet yang harus dibeli setiap kali habis untuk melihat video atau bermain games. Sebaiknya perbanyak kegiatan lainnya seperti membaca buku bergambar, mewarnai karakter kartun favoritnya, hingga bermain di luar ruangan.

Beramal Sejak Dini

Bukan hanya mengenalkan anak akan pentingnya berbagi dan saling membantu, lewat beramal anak-anak akan menyadari ada banyak orang yang kurang beruntung darinya. Diharapkan si kecil akan berpikir berulang kali saat akan meminta dibelikan barang-barang.

Begitu juga ketika akan menghamburkan uang yang didapatnya, sebaiknya memberi nasihat untuk memasukkannya ke dalam tabungan . Ajak anak untuk memisahkan mainan mana yang ingin ia berikan pada teman-temannya di panti asuhan untuk meningkatkan kepekaan sosialnya.

Memang tidak mudah untuk mengenalkan soal keuangan pada anak, namun hasilnya akan terlihat saat mulai tumbuh dewasa dan melihatnya sukses mengelola finansialnya. (eth)

Terkait
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id