Tentang Asuransi Kesehatan Syariah yang Perlu Diketahui

Dinar | Rabu, 4 September 2019 00:01
Tentang Asuransi Kesehatan Syariah yang Perlu Diketahui

Reporter : Ayu Miranti

Apakah asuransi kesehatan syariah sama dengan asuransi kesehatan pada umumnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Mendengar percakapan tentang asuransi kesehatan syariah, beberapa orang akan memberikan tanggapan yang berbeda. Bagi kamu yang belum benar-benar tahu tentang asuransi kesehatan syariah dan apa saja manfaatnya, perlu simak baik-baik nih. Apakah asuransi kesehatan syariah sama dengan asuransi kesehatan pada umumnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Asuransi Kesehatan Syariah Beda dengan Konvensional

©Shutterstock

Sebagian masyarakat masih sering kali menyamakan asuransi kesehatan syariah dengan konvensional. Padahal, kenyataannya sangat berbeda, lho. Asuransi kesehatan syariah didasari prinsip tolong menolong dan melindungi melalui Dana Tabarru.

Dana Tabarru sendiri merupakan kumpulan dana dari uang kontribusi para peserta asuransi syariah yang setuju untuk saling bantu bila terjadi risiko di antara mereka. Dana ini kemudian dikelola sesuai prinsip syariah dan di bawah pengawasan Dewan Syariah. Jadi, jika terjadi risiko, santunan asuransi akan dibayarkan dari Dana Tabarru.

Konsep ini juga dikenal sebagai risk sharing. Sementara di asuransi kesehatan konvensional, nasabah membayarkan sejumlah premi atas proteksi yang dibelinya ke perusahaan asuransi. Jadi, jika terjadi risiko atas nasabah, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah santunan asuransi. Konsep ini juga dikenal sebagai risk transferring. Jadi, anggapan jika asuransi kesehatan syariah sama dengan konvensional hanyalah isu. Pada kenyataannya, kedua jenis asuransi kesehatan ini memiliki konsep yang sangat berbeda.

Praktik Asuransi Syariah Mendapat Pengawasan Khusus dari Lembaga Terkait

©Shutterstock

Produk asuransi kesehatan dengan penerapan sistem syariah kini memang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya, sering kali muncul isu jika produk ini tidak sepenuhnya halal. Padahal, pada kenyataannya sistem syariah harus memiliki badan independen untuk mengawasi operasional dan praktik agar tetap konsisten dan berpegang pada prinsip syariah. Badan tersebut dinamakan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

DPS sendiri merupakan badan yang direkomendasikan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN), sebuah badan di bawah pengawasan Majelis Ulama Indonesia (MUI). DPS bertugas untuk mengawasi kinerja asuransi syariah sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian dan Fatwa-fatwa dari DSN MUI.

Selain mendapatkan pengawasan khusus, unsur utama yang harus dipenuhi oleh lembaga ekonomi syariah adalah pelarangan Riba (bunga/tambahan), Maysir (perjudian/merugikan pihak lainnya) dan Gharar (ketidakpastian/ketidakjelasan).

Itulah beberapa isu yang masih sering kali terdengar di masyarakat. Pastikan untuk mencari tahu lebih dalam tentang informasi mengenai asuransi kesehatan syariah dari sumber terpercaya. Pasalnya, memiliki asuransi kesehatan syariah memberikan banyak manfaat dan keunggulan. Apalagi, jika memilih PRUPrime Healthcare Plus Syariah (PPH Plus Syariah) karena bisa memberikan perlindungan komplit dan fleksibel seperti Outfit Of The Day (OOTD) yang bisa #AturSesukamu.

©instagram/id_prudential

Terdapat 8 keunggulan yang dirancang khusus untuk memberikan jangkauan perlindungan hingga ke seluruh dunia serta menawarkan fleksibilitas pada kesehatanmu.

1. Fleksibilitas dalam menentukan Cakupan Wilayah Asuransi , Tipe Kamar dengan harga terendah dengan dua tempat tidur atau satu tempat tidur dengan kamar mandi di dalam dan Batas Harga Kamar sesuai plan yang dipilih.
2. Nikmati Cakupan Wilayah Asuransi yang lebih luas, mulai dari wilayah Indonesia hingga seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat)
3. Fleksibilitas dalam menentukan masa perlindungan (dengan pilihan perlindungan sampai Peserta Yang Diasuransikan berusia 55, 65, 75, 85 atau 99 tahun)
4. Terdapat PRUPrime Limit Booster yang dapat menambah Batas Manfaat Tahunan Asuransi Tambahan PRUPrime Healthcare Plus Syariah menjadi hingga Rp65 Miliar sesuai plan yang dipilih
5. Pembayaran rawat jalan sesuai tagihan untuk perawatan kanker dan cuci darah tanpa atau dengan rawat inap sebelumnya.
6. Manfaat untuk perawatan 30 hari sebelum dan 90 hari sesudah tindakan bedah rawat jalan.
7. Kunjungan Dokter Umum dan Dokter Spesialis (serta Sub Spesialis) per jenis spesialisasi masing-masing hingga dua kali perhari.
8.  Terdapat Santunan Dana Marhamah yang akan dibayarkan apabila Peserta Yang Diasuransikan meninggal yang akan menambahkan Santunan Asuransi Dasar

Delapan keunggulan di atas akan semakin memudahkan untuk mendapatkan perlindungan komplit dan fleksibel seperti OOTD. Bisa #AturSesukamu, lho! Makin penasaran dengan PRUPrime Healthcare Plus Syariah? Yuk cari tahu selengkapnya dengan klik di sini.

Join Dream.co.id