Semua Proses Tanpa Kertas, Begini Wujud Kantor Cabang Bank Paperless di Jakarta

Dinar | Senin, 26 September 2022 12:34

Reporter : Okti Nur Alifia

Saat memasuki kantor, nasabah disajikan mesin QR Code yang menampilkan berbagai pilihan keperluan, seperti halnya teller dan customer service.

Dream - Boleh jadi konsep dari kantor cabang sebuah bank ini menjadi yang pertama di Indonesia dengan pelayanan paperless alias tanpa kertas. 

Biasanya ketika datang ke kantor cabang, begitu membuka pintu nasabah akan diberi nomor antrean menggunakan kertas. Lain halnya dengan Permata Bank yang telah merombak kantor cabangnya dengan konsep yang disebut Model Branch di Pluit Kencana, Jakarta Utara.

Saat memasuki kantor, nasabah disajikan mesin QR Code yang menampilkan berbagai pilihan keperluan, seperti halnya teller dan customer service. Dan ini terhubung dengan aplikasi mobile banking Permata Bank yakni Permata Mobile X.

 qr code permata bank© Istimewa

QR Code tersebut terintegrasi penuh dengan platform CRM, sehingga Customer Experience Officer (CXO) Permata Bank bisa langsung mengetahui kehadiran nasabah.

Hanya dalam sentuhan QR Code itu, CXO akan tahu semua data nasabah. Tak perlu lagi menunjukkan nomor id, mereka bahkan sudah tahu nama nasabah.

Semua Proses Tanpa Kertas, Begini Wujud Kantor Cabang Bank Paperless di Jakarta
Cabang PermataBank Di Pluit Kencana (Foto: Istimewa)
2 dari 6 halaman

Ada pilihan lain bagi nasabah yang belum mengakses Permata Mobile X, nasabah dapat menggunakan kartu kredit, kartu ATM, KTP, dengan cukup menggesekkannya di mesin QR tersebut. Mirip-mirip ketika sedang transaksi cardless.

Bahkan ketika nasabah lupa membawa kartu, mereka bisa menggunakan nomor WhatsApp saja. Nomor antrian pun akan muncul dalam gawai yang kita pegang.

 kantor cabang permata bank di pluit kencana© Istimewa

3 dari 6 halaman

Tanpa Perlu Tanda Tangan Nasabah

Tidak dipungkiri layanan digital memang sudah dijalani berbagai bank, pola transaksi perbankan yang hanya memanfaatkan aplikasi memang sudah tidak asing. Namun kantor cabang masih dibutuhkan, apalagi untuk transaksi cek biru. Mereka masih membutuhkan kantor cabang.

Ketika mengambil uang di tempat teller, di kantor cabang ini nasabah akan merasakan pengalaman yang sama seperti mengambil di ATM. Tak perlu tanda tangan ataupun gores-gores menulis di kertas untuk mengisi data. Cukup memasukkan PIN.

 permata bank© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

4 dari 6 halaman

Pengambilan Uang Sama Praktisnya dengan Mesin ATM

Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank, Abdy Salimin, menjelaskan bahwa pengambilan uang di kantor cabang pun tidak kalah praktis dengan mesin ATM. Model Branch, kata Abdy, juga disusun dengan tampilan desain terkini, fun dan friendly.

" Model Branch dibangun diatas platform teknologi yang sama seperti mobile banking, internet banking dan API banking," kata Abdy.

Pantas saja, sentuhan dari desain interior di dalamnya penuh dengan gambar-gambar unik yang dirancang khusus sesuai lokasi. Look tersebut dibuat custom dengan ciri khas daerah dan demografi lokasi cabang masing-masing. Begitu pula yang akan diterapkan untuk cabang lainnya.

5 dari 6 halaman

Kantor cabang Permata Bank di Pluit Kencana ini merupakan salah satu cabang dari 20 lokasi di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, dan Medan, yang diperbarui tahun ini.

Di mana cabang Permata Bank lainnya akan turut di format ulang selaras dengan konsep dan inovasi baru yang dikembangkan.

 permata bank© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Saat di lokasi teller, ada lima gambar wanita yang tersenyum. Abdy mengatakan makna dan filosofi darinya adalah untuk menghibur nasabah yang sedang mengantri. 

6 dari 6 halaman

Lain halnya dengan nasabah VIP, mereka diberikan pelayanan di lantai yang berbeda. Lukisan merah akan menyambut mereka dengan sofa empuk yang sudah tersedia.

 permata bank© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Mereka pun bisa merasakan seduhan kopi, secara gratis. Fasilitas gratis lain, nasabah juga bisa memanfaatkan ruang meeting.

 permata bank© Dream.co.id/Okti Nur Alifia

Sebagai informasi, Permata Bank sendiri telah mempunyai 275 kantor cabang & kantor kas, kantor cabang Syariah, dan cabang bergerak (Mobile Branch) di seluruh Indonesia per 30 Juni 2022.  

Join Dream.co.id