Tak Perlu Narkoba, Stamina Tubuh Bisa Fit dengan 4 Cara Ini

Dinar | Kamis, 25 Juli 2019 07:24
Tak Perlu Narkoba, Stamina Tubuh Bisa Fit dengan 4 Cara Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kamu pun bisa mengerjakan segudang tugas dengan tubuh yang bugar.

Dream – Bagi orang yang memiliki segudang aktivitas, kebugaran tubuh menjadi hal yang paling utama. Tubuh harus tetap fit agar bisa beraktivitas secara normal.

Namun, banyak orang melakukan cara yang salah agar tubuh tetap bugar. Salah satunya adalah mengkonsumsi narkoba.

Seperti yang dilakukan oleh Nunung alias Tri Retno Prayudati. Pelawak itu mengaku mengonsumsi sabu untuk menjaga daya tahan. Padahal, menjaga stamina tak harus dengan narkoba.

Ada empat cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga stamina tubuh ketika bekerja. Berikut tip menjaga daya tahan untuk bekerja, sebagaimana dikutip dari CekAja, Kamis 24 Juli 2019.

2 dari 5 halaman

Minum Banyak Air Putih

Air putih adalah kunci. Kekurangan cairan bisa memecah persediaan energi dan mengacaukan kerja tubuh.

 Minum Banyak Air Putih© MEN

Kekurangan cairan ini membuat tubuh menjadi cepat lelah, tidak bersemangat, dan sulit berkonsentrasi. Saat tubuh punya cukup cairan, keseimbangan elektrolit otomatis memberimu energi yang maksimal untuk beraktivitas.

3 dari 5 halaman

Konsumsi Vitamin C

Cara ke dua dengan memasok vitamin C yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih.

Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C pun dapat membantu meningkatkan energi. Dengan begitu, kamu tak akan merasa cepat capek.

 Konsumsi Vitamin C© Dream

Biasanya, suplemen vitamin C juga mengandung vitamin B yang ampuh membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Selain berbentuk tablet, suplementasi vitamin C bisa pula kamu dapatkan melalui suntikan atau infus dengan bantuan tenaga medis.

4 dari 5 halaman

Power Nap

Saat memasuki jam istirahat, sesekali tak ada salahnya mencoba power nap alias tidur singkat. Konon, power nap dapat menyegarkan tubuh meskipun waktu tidurnya cukup singkat.

Studi menunjukkan bahwa power nap bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan tingkat energi. Umumnya power nap ini dilakukan selama 20 menit.

 Power Nap© MEN

Lakukan selagi bisa di sela-sela kegiatanmu. Supaya tidur lebih berkualitas sebaiknya pasang alarm, tidur di tempat yang membuatmu nyaman, dan matikan ponsel selama power nap berlangsung.

Buat kamu yang sangat sibuk kejar target, seperti Mbak Nunung yang punya jadwal syuting padat, tidak ada salahnya manfaatkan waktu di kendaraan untuk melakukan power snap jika harus pindah-pindah lokasi mencari rezeki.

5 dari 5 halaman

Makan Tepat Waktu

Energi ibarat baterai yang harus selalu diisi. Semisal ketika konsentrasi dan tenaga mulai hilang di siang hari, berarti kita harus mengisi energi tersebut dengan makan secukupnya.

 Makan Tepat Waktu© MEN

Makanan berfungsi menyuplai energi utama yang nantinya akan dimanfaatkan tubuh untuk beraktivitas. Jangan sampai menunda makan. Nanti kamu justru mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak.

Ingat, makan dalam porsi tak terkontrol nantinya akan memicu kantuk.

Masak Pintar dengan SHARP bersama Chef Deny Gumilang | Online Dream Camp 2020
Join Dream.co.id