Tak Lulus SD, Pria Ini Sukses Jadi Miliarder Kalahkan Jack Ma

Dinar | Senin, 28 September 2020 17:12
Tak Lulus SD, Pria Ini Sukses Jadi Miliarder Kalahkan Jack Ma

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Kekayaan pria ini bahkan mencapai Rp582 triliun.

Dream - Bagi kalian yang tidak punya kesempatan meraih gelar tinggi, jangan berkecil hati. Bukan berarti orang-orang yang tak punya ijazah mentereng bakal kelar hidupnya. Sudah banyak contoh orang dengan pendidikan seadanya sukses, bahkan menjadi miliarder.

Simaklah kisah Zhong Shansan. Dia tak lulus sekolah dasar. Ya, drop out SD. Namun dia sempat menjadi orang terkaya di China berkat bisnis di bidang minuman dan farmasi. Berdasarkan data Forbes, kekayaan Zhong pekan ini sempat mencapai US$57,2 miliar atau sektiar Rp582 triliun.

Kekayaan Zhong Shansan berasal dari perusahaan air minum kemasan Nongfu Spring. Dia mendirikan perusahaan itu pada 1996.

Awal September ini, Zhong Shansan melepas saham Nongfu Spring di bursa saham Hong Kong. Saham Nongfu Spring ternyata laku keras dan nilai perusahaan melonjak 77 persen.

2 dari 3 halaman

Pada Kamis pekan lalu, Zhong Shansan sempat menjadi orang terkaya di China, melewati raksasa teknologi Ma Huateng (bos Tencent) dan Jack Ma (Alibaba). Kini, Zhong berada di posisi 2.

Zhong Shansan juga tidak lahir dari keluarga kaya raya. Dia bahkan terpaksa keluar dari SD karena saat itu situasi politik di China sedang kacau akibat Revolusi Budaya rezim Mao Zedong.

Setelahnya, Zhong Shansan bekerja di berbagai bidang. Dia pernah kerja di bidang konstruksi, lalu reporter koran, dan agen minuman. Akhirnya, Zhong mendirikan perusahaan minuman miliknya sendiri.

3 dari 3 halaman

Usia Zhong ketika mendirikan Nongfu Spring juga tidak muda lagi. Saat itu, usianya sudah di atas 40 tahun.

Kini, Zhong Shansan adalah miliuner terkaya nomor 20 di dunia, bahkan melewati miliuner senior Li Ka-shing dan bos Uniqlo Tadashi Yanai dari Jepang.

Pesannya adalah, tirulah semangat dan kerja keras Zhong Shansan. Soal pendidikan, kalian harus mengejar setinggi-tingginya.

Sumber: Merdeka.com

Terkait
Join Dream.co.id