Tahun Depan, Gaji Indonesia Naik 3,8 Persen?

Dinar | Jumat, 20 November 2020 17:12
Tahun Depan, Gaji Indonesia Naik 3,8 Persen?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Gaji di kawasan regional diprediksi meningkat sebagai penanda sedang bangkit dari pandemi.

Dream – Gaji di Asia Pasifik diperkirakan akan tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi daripada bagian dunia lainnya pada 2021. Negara-negara ini sedang bangkit dari pandemi. Indonesia menjadi negara yang kenaikan upah rata-ratanya tertinggi tahun depan.

Dikutip dari CNBC Make It, Jumat 20 November 2020, laporan gaji baru perusahaan konsultan, ECA International, memperkirakan upah riil di Asia Pasifik rata-rata naik 4,3 persen pada 2021. Kenaikannya lebih besar daripada 2020 yang sebesar 3,2 persen.

Dengan memperhitungkan inflasi, pertumbuhan upah riil regional rata-rata 1,7 persen. Angka ini jauh di atas standar global 0,5 persen meskipun tingkat inflasi rata-rata sebanding.

Dalam laporan itu, ada 10 negara di dunia yang kenaikan upahnya tertinggi. Delapan di antaranya berasal dari Asia Pasifik.

Yang menduduki nomor satu adalah Indonesia. Negara ini diprediksi mengalami kenaikan gaji rata-rata sebesar 3,8 persen pada 2021. Kenaikannya 3,8 persen karena pengusaha yang pendapatannya terus turun dan inflasi yang terus turun.

Setelah Indonesia, ada Israel yang upah rata-ratanya naik 2,8 persen, Singapura dan Thailand 2,7 persne, dan Colombia 2,7 persen.

“ Kenaikan terjadi karena ada produktivitas yang meningkat di negara-negara Asia,” kata Direktur Regional untuk Asia dari ECA International, Lee Quane.

Terkait
Join Dream.co.id