Profil Syahrul Yasin Limpo, Pengganti Susi Pudjiastuti?

Dinar | Selasa, 22 Oktober 2019 10:45
Profil Syahrul Yasin Limpo, Pengganti Susi Pudjiastuti?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Politikus Nasdem ini terkenal sebagai sosok yang mengutamakan kesehatan dan pendidikan.

Dream – Selain Sri Mulyani Indrawati, hari ini Presiden Joko Widodo juga memanggil Syahrul Yasin Limpo. Ketua DPP Partai Nasional Demokrat ini datang ke Istana pukul 09.30 WIB.

“ Baru dapat penyampaian untuk hadir untuk ketemu Bapak Presiden,” kata Syahrul di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Selasa 22 Oktober 2019.

Syahrul merupakan anak dari pasangan Muh. Yasin Limpo dengan Nurhayati. Syahrul lahir di Makassar pada 16 Maret 1955.

Di karier politiknya, dia merupakan gubernur Sulawesi Selatan yang pertama kali dipilih secara langsung. Sebelumnya, Syahrul pernah menjabat sebagai bupati di Gowa selama dua periode.

Lulusan Universitas Hasanuddin ini terkenal dengan tagline “ Sayang” (Syahrul Yasin Limpo – Agus Arifin Nu’mang) ini, mulai merealisasikan ide-idenya, antara lain pendidikan gratis dan kesehatan gratis.

Syahrul mengungkapkan bahwa hal dasar dalam mensejahterakan rakyat dan membuat suatu bangsa maju terletak dari tingkat pendidikan dan kesehatan.

Dia berusaha mewujudkan ide ini, dan sekarang ini dapat dilihat. Pendidikan gratis telah direalisasikan di Gowa dan daerah lainnya sampai tingkat SMA.

Di bidang kesehatan, rumah sakit yang ditunjuk pemerintah menggratiskan biaya kesehatan, yakni melayani pasien dengan hanya menerima pembayaran fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.

Beberapa kabar beredar, Syahrul bakal menduduki kursi Menteri Kelautan dan Perikanan. Apakah Syahrul Yasin Limpo calon menteri pengganti Susi Pudjiastuti? Belum bisa dipastikan. 

2 dari 9 halaman

Raih Sejumlah Penghargaan

Selain berkiprah di panggung politik, Syahrul juga mendapat sederet penghargaan. Berikut ini adalah rinciannya.

1. Perhargaan Manggala Karya Kencana-Men. Kepdd/BKKBN, Tahun 1997

2. Perhargaan Bhakti Koperaso dan Pengusaha Kecil-Menkop & UKM, Tahun 1997

3. Penghargaan Upakarti-Presiden RI, Tahun 1997

4. Satya Lencana Kebaktian Sosial-Presiden RI, Tahun 1998

5. Satya Lencana Pembangunan-Presiden RI, Tahun 2001

6. Satya Lencana Wirakarya-Presiden RI, Tahun 2003

3 dari 9 halaman

Politisi Nasdem Syahrul Yasin Limpo Menyusul ke Istana

Dream - Setelah Sri Mulyani, orang kedua yang merapa ke kompleks Istana Kepresiden yakni politisi Partai Nasdem, Syahrul Yasin Limpo. 

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini tiba di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa 22 Oktober 2019, sekitar pukul 09.30 WIB. 

Syahrul Yasin Limpo mengaku sudah menghubungi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk bertemu dengan Presiden Jokowi hari ini. 

" Saya sudah menghubungi Pak Surya Paloh, ada panggilan. Saya diminta pakai baju putih," jelasnya.

Memang, banyak pertanyaan muncul sejak Surya Paloh menyebut Partai Nasdem siap berada di luar pemerintah.

Tetapi, Syahrul Yasin Limpo kembali menegaskan posisi Partai Nasdem di koalisi Jokowi-Maruf Amin. " Sejak 2014 Partai Nasdem, partai yang selalu bersama Pak Jokowi dan siap," ujarnya lagi. 

Mengenai posisi menteri yang bakal diembannya nanti, apakah Syahrul Yasin Limpo akan menjabat Menteri Dalam Negeri terkait pengalamannya sebagai gubernur? Belum bisa dipastikan. (ism, sumber: Merdeka.com)

 

4 dari 9 halaman

Berkemeja Putih, Sri Mulyani Tiba di Istana

Dream - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembal memanggil para kandidat calon menteri Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024. Pagi ini, Sri Mulyani membuka hari kedua pemanggil para calon menteri ke Istana. 

Sri Mulyani, yang juga Menteri Keuangan Kabinet Kerja Jilid I tiba di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa 22 Oktober 2019. 

Sri Mulyani tampak mengenakan busana putih hitam, seperti para tokoh yang dipanggil ke Istana kemarin.

Sri Mulyani merupakan tokoh wanita pertama yang menjalani pemanggilan calon menteri ke Istana, dan diprediksi merupakan salah satu menteri yang tak bakal diganti Jokowi. 

Kemarin, sejumlah nama datang ke Istana termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. 

Berikut nama-nama tokoh yang menghadap Jokowi di hari pertama kemarin: 

5 dari 9 halaman

Daftar 11 Calon Menteri Jokowi Hari Pertama: Diawali Mahfud Diakhiri Prabowo

Dream - Sehari usai dilantik, Presiden Joko Widodo sengaja memperlihatkan para calon menteri yang akan membantunya di kabinet. Publik bisa melihat langsung wajah para tokoh yang dipanggil Jokowi menghadapnya di Istana Negara.

Sesuai janjinya saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 di gedung MPR, Jakarta, Jokowi mengatakan akan segera mengumumkan kabinet barunya. 

Rencananya Jokowi akanmelakukan pemanggilan tokoh-tokoh tersebut selama dua hari yaitu pada Senin-Selasa, 21-22 Oktober 2019. Sedangkan nama-nama yang terpilih akan dilantik pada Rabu, 23 April 2019.

Di hari pertama pemanggilan, publik melihat ada 11 tokoh yang hadir. Mereka hadir dalam waktu yang berbeda-beda.

Tetapi, ada kesamaan dari para tokoh ini. Mereka hadir mengenakan kemeja putih, pakaian yang selalu dipakai Jokowi dan para menteri kabinet sebelumnya saat bekerja.

Berikut adalah 11 tokoh yang dipanggi presiden dan dikabarkan disiapkan menjadi calon menteri kabinet Jokowi jilid II:

6 dari 9 halaman

Mantan Ketua MK, Bos Gojek dan Bos Net TV

1. Mahfud MD

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menjadi orang pertama hadir di Istana Negara. Mahfud diminta Jokowi untuk duduk di kursi menteri.

Mengenai posisi, Mahfud menyebut ada beberapa kemungkinan dia ditempatkan antara bidang hukum, politik, atau agama. Dia mengaku Jokowi telah mengetahui latar belakangnya sehingga bisa ditempatkan di mana saja.

2. Nadiem Makarim

 Nadiem Makariem Cocok Jadi Menteri Milenial Jokowi-Maruf?

Bos Gojek ini sudah lama disebut-sebut bakal jadi salah satu menteri. Dia juga memenuhi panggilan Jokowi dan menerima tawaran untuk menjadi menteri.

Nadiem pun telah melepaskan posisinya di Gojek dan akan bekerja penuh membantu Jokowi. Tetapi, dia enggan menyebut posisi apa yang akan dipercayakan kepadanya.

3. Wishnutama

Pria yang dikenal sebagai CEO Net TV ini juga masuk dalam daftar nama yang dipanggil Jokowi. Wishnutama mengaku juga ditawari menjadi menteri.

Dia juga tidak secara tegas akan menempati posisi menteri apa. Dia hanya menyebut akan mendapat amanah yang sesuai dengan kemampuannya.

7 dari 9 halaman

Bos Mahaka Group, Kapolri dan Ketum Golkar

4. Erick Thohir

 Wisnutama dan Erick Thohir Juga Muncul di Istana

Bos Mahaka Group ini bukan nama yang asing di sekitar Jokowi. Erick pernah menjabat sebagai Koordinator Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin.

Erick mengaku diminta Jokowi untuk membantu di kabinet. Jika duduk di kursi menteri, Erick menyebut jabatannya tidak akan jauh dari bidang ekonomi.

5. Tito Karnavian

Kapolri Jenderal Tito Karnavian turut hadir di Istana Negara pada Senin siang. Tetapi, dia tidak mengenakan kemeja putih namun Pakaian Dinas Lapangan (PDL).

Didampingi sejumlah pejabat Polri seperti Kadiv Humas Irjen M Iqbal, Tito mengaku akan membahas persoalan pengamanan terutama usai pelantikan. Dia mengaku tidak tahu apakah akan diajak bicara soal kabinet atau tidak.

6. Airlangga Hartarto

Airlangga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Dia juga termasuk salah satu nama yang dipanggil Jokowi.

Airlangga mengatakan dia diminta kembali untuk membantu Jokowi. Dalam pertemuan dengan Jokowi, Airlangga diajak berdiskusi mengenai upaya menekan neraca perdagangan serta energi alternatif.

8 dari 9 halaman

Mantan Mensesneg,Tenaga Ahli, Komisaris Utama Adhi Karya

7. Pratikno

Pria yang menjabat sebagai Sekretaris Negara pada periode pertama pemerintahan Jokowi juga terlihat datang ke Istana pada Senin siang. Dia juga mengenakan kemeja putih.

Tetapi, Pratikno sama sekali tidak memberikan keterangan mengenai kedatangannya. Dia enggan berbicara mengenai penjaringan nama untuk kabinet.

8. Nico Harjanto

 Pratikno, Nico Harjanto & Fadjroel Rachman Datang Bareng ke Istana

Nico Harjanto juga terlihat datang ke Istana pada Senin siang. Dia masuk ke Istana bersama dengan Pratikno dan tidak memberikan keterangan apapun.

Nico merupakan Tenaga Ahli Mensesneg dan pernah bekerja sebagai Staf Khusus Presiden. Sebelumnya, dia adalah pengamat politik dari lembaga survei Populi Center.

9. Fadjroel Rachman

Komisaris Utama Adhi Karya ini juga menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Jokowi. Dia datang ke Istana bersama dengan Pratikno dan Nico Harjanto pada Senin siang.


Usai pertemuan, Fadjroel mengaku siap membantu Jokowi jika diminta. Dia akan menjalankan apapun amanah yang diberikan kepadanya.

9 dari 9 halaman

Ketum dan Waketum Partai Gerindra

10. Edhy Prabowo

Politisi yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo ini turut ke Istana untuk menghadap Jokowi. Dia datang mendampingi Prabowo.

Edhy juga akan duduk di kursi menteri. Tetapi, posisinya belum ditentukan oleh Jokowi.

11. Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga hadir memenuhi panggilan Jokowi. Prabowo sempat mengatakan siap membantu pemerintah jika diminta.

Dalam pertemuan dengan Jokowi, Gerindra mendapatkan jatah dua kursi kabinet. Sementara Prabowo diminta duduk di kursi menteri bidang pertanahan.

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id