Ini Lama Waktu Pelamar Bisa Dapat Diterima Kerja, Mohon Bersabar!

Dinar | Minggu, 23 Juni 2019 11:08
Ini Lama Waktu Pelamar Bisa Dapat Diterima Kerja, Mohon Bersabar!

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Wow.

Dream – Menempatkan pekerjaan yang tepat itu adalah lari maraton, bukan sprint. Kamu tak bisa secepat kilat diterima kerja setelah lulus kuliah atau mengirimkan surat lamaran.

Perusahaan rekruter, Randstad menyatakan seorang pelamar membutuhkan waktu -plus bersabar- untuk bisa bekerja di perusahaan yang dilamar.

Dikutip dari studyfinds, Minggu 23 Juni 2019, hasil survei ini akan memberikan waktu sedikit banyak bagi pelamar untuk mendapatkan pekerjaan.

Randstad dan OnePoll mensurvei 2 ribu orang-orang Amerika. Hasilnya, mereka memerlukan rata-rata waktu lima untuk bulan untuk mendapatkan pekerjaan dan mulai hari mereka di perusahaan baru.

Selama lima bulan, pencari kerja akan membuat 4 lamaran kerja yang berbeda, memasukkan 7 aplikasi, menghadiri 5 wawancara langsung, dan menulis 4 surat lamaran.

Ada 82 persen responden mengatakan mencari pekerjaan adalah pengalaman yang membuat stres.

2 dari 6 halaman

Pencari Kerja Juga Membuat Kesalahan Vital

Ternyata, pencari kerja juga membuat kesalahan vital ketika sedang wawancara kerja. Ada 2 dari 5 responden tidak mengambil aksi krusial setelah mengikuti wawancara kerja. Dan 12 persen lainnya tidak menindaklanjuti wawancara.

Hasil survei menunjukkan pencari kerja bersikap apatasi dan abai terhadap detail lamaran. Ada 38 persen responden yang melamar pekerjaan tanpa membaca deskripsi dan persyaratan posisi.

Lebih jauh, ada 42 persen merasa kurang cocok dengan persyaratan yang diberikan, sedangkan 54 persen merasa cocok.

3 dari 6 halaman

Wawancara Kerja Juga Berikan Masalah

Wawancara kerja juga memberikan masalah tersendiri bagi pelamar. Separuh responden merasa tidak siap menghadiri wawancara kerja. Ada 57 persen menghadiri wawancara kerja dengan sangat buruk.

Ketika mendapatkan pertanyaan, “ apa kelemahanmu”, para pelamar merasa sulit untuk menjawab dan 48 persen lainnya mengkambinghitamkan perasaan gugup sebagai penyebab wawancara tak berjalan dengan baik.

Presiden Randstad Professional and Life Sciences, Jodi Chaves, mengatakan refleksi diri sangat diperlukan ketika sedang mencari kerja. Makanya, pelamar diminta tenang dan menuliskan apa saja kekuatan dan keterampilan kerja yang dimiliki.

“ Ini akan membuatmu sukses dalam mendapatkan pekerjaan,” kata Chaves.

4 dari 6 halaman

3 Trik Bikin CV Lamaran Kerja Dilirik Perusahaan

Dream – Ketika hendak melamar pekerjaan, satu tahapan yang pasti dilalui setiap pencari adalah membuat curriculum vitae (CV). Dkumen berisi data pribadi pelamar kerja ini merupakan gerbang pertama agar bisa memikat perusahaan impian.

CV akan memberi tahu calon perusahaan yang diincar mengenai data diri, keterampilan, pengalaman, dan latar belakang pendidikanmu. Dengan membuat CV dengan benar, tentu saja peluangmu dipanggil dan masuk daftar kandidat akan terbuka lebar.

Dengan kata lain, CV merupakan kesempatan pertama kamu untuk “ menjual diri” kepada calon atasan perusahaan yang diimpikan.

Mengingat posisinya yang sangat penting, mempersiapkan dokumen CV tentu tak bisa dibuat sembarangan. Kamu harus memberikan kesan pertama yang terbaik.

Perlu diingat, usahakan CV yang kamu buat terlihat menonjol dan berbeda dari yang lain. Tinggalkan kesan tak terlupakan saat pencari kerja membaca CV kamu di 10 detik pertama.

Terdengar mudah dibaca namun sulit diterapkan memang. Namun bukan berarti tidak mungkin dilaksanakan.

Berikut ini adalah tiga tips agar bisa membuat CV yang kece, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 31 Januari 2019.

 

5 dari 6 halaman

Begini Caranya

Presentasikan dengan Jelas dan Perhatikan Bahasa

Pastikan CV kamu disajikan dengan baik, terstruktur, dan mudah dibaca. Kamu bisa membaginya menjadi beberapa bagian, seperti keterampilan utama, riwayat pekerjaan, pendidikan, pelatihan, dan minat.

Gunakanlah poin-poin dan kalimat yang pendek. Jangan lupakan ejaan dan tata bahasa yang digunakan. Usahakan CV tidak melebihi 3 lembar.

Sesuaikan CV dengan Perusahaan yang Akan Dilamar

Kebanyakan perusahaan akan melihat pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki sudah sesuai dengan persyaratan pekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Untuk itu, kamu harus punya pengalaman dan kemampuan yang relevan.


(Sumber: Liputan6.com/Ayu Lestari Wahyu Puranidhi)

6 dari 6 halaman

Perhatikan Bahasa yang Digunakan

Untuk membuat CV yang baik, gunakanlah bahasa yang profesional dan formal. Hindari jargon dan akronim yang sulit dipahami oleh beberapa orang.

Walaupun sudah banyak layanan jasa pembuatan CV, lebih baik kamu membuatnya sendiri. Tujuannya agar kamu bisa menyesuaikan jawaban yang tertera di CV.

Jangan segan meminta bantuan teman untuk memeriksanya. Kadang kita tak sadar telah melakukan kesalahan penulisan.

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id