Terungkap, Pengeluaran Belanja Bulanan Para Pelanggan Ojol

Dinar | Kamis, 22 Maret 2018 15:45
Terungkap, Pengeluaran Belanja Bulanan Para Pelanggan Ojol

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Ojek online menjadi transportasi alternatif saat ini.

Dream – Moda transportasi umum yang paling digemari masyarakat ibukota saat ini mungkin ojek online (Ojol). Angkutan yang mulai booming dalam beberapa tahun terakhir ini jadi andalan untuk menembus kemacetan di kota-kota besar.

Fenomena menjamurnya bisnis dan pengguna ojek online mendorong Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia untuk membuat survei perilaku para pengguna ojol, khususnya Gojek.

Berbagai temuan menarik diperoleh dari survei yang dilakukan terhadap 3.465 pengguna Gojek di sembilan wilayah, yaitu Bandung, Balikpapan, Jabodetabek, Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, dan Surabaya.

“ Survei ini didominasi oleh masyarakat usia produktif yang berasam dari kelas menengah ke bawah,” kata Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Turro S. Wongkaren, di Jakarta, Kamis 22 Maret 2018.

Salah satu temuan menarik dari survei itu adalah soal karakteristik dari para pelanggan ojek online. Diketahui jika para pelanggan Ojol rata-rata memiliki anggaran pengeluaran bulanan sebesar Rp2,55 juta per bulan.

“ Ada 68 persen (penumpang) adalah perempuan,” kata dia.

Mayoritas pengguna Gojek didominasi oleh lulusan SMA/sederajat sebanyak 98 persen. Selama ini para pelanggan umumnya merasa puas, aman dan nyaman saat berkendara menggunakan jasa Gojek. 

Bagaimana dengan pengalaman kamu?

(Sah)

 

TOP 3 Gara-Gara BTS, Menara Seoul jadi Ungu
Join Dream.co.id