Sumbangan Zakat Saudi Setara Anggaran Tunjangan Guru RI

Dinar | Selasa, 11 November 2014 09:00
Sumbangan Zakat Saudi Setara Anggaran Tunjangan Guru RI

Reporter : Syahid Latif

Arab Saudi tahun ini diperkirakan mampu menghimpun dana zakat hingga Rp 80 triliun.

Dream - Di kala negara-negara Islam masih berpikir optimalisasi penerimaan zakat masyarakat, Arab Saudi justru sudah menikmati untung besar dari dana masyarakat tersebut. Puluhan triliun rupiah uang masuk ke kas negara.

Direktur Jenderal Departemen Zakat dan Pajak Arab Saudi, melaporkan penerimaan zakat pada tahun ini bakal meningkat 15 hingga 20 persen. Artinya, Saudi tahun ini bakal menampung dana hingga 25 miliar riyal atau setara Rp 80 triliun.

Pendapatan zakat Saudi pada tahun lalu tercatat hanya 11,5 miliar riyal sementara zakat 13,5 miliar riyal.

Jika dibandingkan dengan anggaran pemerintah, dana zakat yang dihimpun Saudi ini setara dengan seluruh anggaran tunjangan guru di Indonesia. Pada tahun depan, pemerintah menganggarkan pembayaran tunjangan profesi guru tahun 2015 mencapai Rp 80 triliun. Porsi Rp 72 triliun dipakai untuk tunjangan tahun berjalan dan Rp 8 triliun tunjangan tahun 2014 yang belum ditransfer ke daerah.

Mengutip laporan Arabnews, Selasa, 11 November 2014, perusahaan Amerika Serikat yang beroperasi di Arab Saudi akan didesak untuk mengungkapkan data pajak kepada Internal Revenue Service (IRS) AS.

Pemerintah Saudi diharapkan menerapkan kebijakan ini pada pertengahan 2015. Departemen Zakat Saudi nantinya akan mengirim data pajak ke pemerintah AS.

Untuk mengoptimalkan peran zakat, Ibrahim menegaskan departemennya akan menggelar Konferensi Zakat Wilayah Timur Tengah kelima yang digelar di Riyadh.

Konferensi ini bakal membahas sejumlah topik terkait perpajakan termasuk sejumlah inisiatif perpajakan dunia.

TOP 3: Kecelakaan Maut Tol Cipali, 12 Tewas
Join Dream.co.id