Dulu Sulit Beli Susu Anak, Kini Punya Karyawan

Dinar | Selasa, 14 Januari 2020 18:36
Dulu Sulit Beli Susu Anak, Kini Punya Karyawan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Wanita ini memberikan anaknya air tajin karena tak punya uang untuk membeli susu.

Dream - Hasil takkan mengkhianati kerja keras. Ini dibuktikan oleh Nur Zalikha Mohd Rosidi.

Wanita ini sukses menjadi pengusaha bakery setelah bekerja keras untuk mengubah garis tangannya.

Dikutip dari Siakap Keli, Selasa 14 Januari 2020, Zalikha ini memiliki usaha bakery, Umido Bakery, yang terletak di Subang U5, Shah Alam, Malaysia.  Kesuksesan wanita berusia 27 tahun ini bermula dari uang 100 ringgit (Rp336.440).

Zalikha juga pernah merasakan tidur tanpa alas dan tak mampu membelikan susu bagi anaknya. Alhasil, dia memberikan air tajin bagi sang anak agar bisa mencukupi uang untuk beli nasi.

Tak hanya itu, dia juga pernah mengajak anak dan suaminya untuk berjualan kue. Malah, usahanya berbisnis kue dipandang sebelah mata karena dianggap terlalu susah.

Suami Zalikha, Encik Noraswai, seorang tentara angkatan udara yang kini telah menyelesaikan tugasnya selama 5 tahun. Kini, dia menemani istrinya berjualan kue.

2 dari 8 halaman

Produk Mewah, Harga Merakyat

Zalikha mulai menawarkan produk kue ekslusif dan harganya murah. Kue bikinannya menggunakan krim yang dibuatnya sendiri. Walaupun harganya ramah di dompet, rasa dan resepnya kelas atas.

Bisnis Umido Bakery menawarkan kue mewah dengan harga merakyat. Harganya berkisar 15 ringgit-50 ringgit (Rp50.466-Rp168.220).  Per harinya, kue Zalikha bisa laku sampai 50 potong.

Kesuksesan ini diraih oleh Zalikha dan pasangan. Setelah mendapatkan mentor pemasaran dari pakar, penjualannya bisa mencapai jutaan ringgit selama setahun.

Selama sebulan, nilai penjualan bisnis kue mencapai ratusan ribu ringgit per bulan. Zalikha juga punya beberapa karyawan untuk menjalankan operasional toko kue.

Zalikha menjalankan bisnis kue mewah, tapi harga merakyat, karena ingin membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mengicipi kue enak.

Tak hanya itu, dia juga mau membantu ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.                                 

          

3 dari 8 halaman

Cerita Sukses Mantan Karyawan Swasta Rintis Waralaba Ayam

Dream – Membangun dan punya usaha sendiri merupakan salah satu “ cita-cita” banyak orang. Ini juga berlaku bagi pria bernama Agung Prasetyo Utomo, pemilik brand waralaba kuliner “ Ayam Geprek Juara”.

Agung mengaku pernah bekerja di sebuah perusahaan swasta selama 16 tahun sebelum memutuskan banting setir memulai bisnis sendiri.

 

Cerita Sukses Mantan Karyawan Swasta Rintis Waralaba Ayam© Dream

 

“ Sebagai seorang karyawan saya ingin menjadi seorang pengusaha. Kerena kalau karyawan itu kan terikat waktu, tidak bisa kemana-mana. Berangkat pagi pulang malam,” kata dia dikutip dari Merdeka.com, Sabtu 6 Juli 2019.

Agung mengaku ingin menjadi investor dan pemilik bisnis. “ Cita-cita saya mendapatkan passive income lebih besar dari kebutuhan hidup,” kata dia.

4 dari 8 halaman

Rintis Bisnis Ayam Geprek

Agung berinisiatif bisnis ayam geprek pada 2013. Nama brand yang diambil adalah “ Ayam Geprek Sambal Korek”. “ Saya coba buka itu. Tapi, masih nyambi. Saya kerja sekaligus buka usaha,” kata dia.

Dia mengaku, bekerja sebagai karyawan serentak mengembangkan bisnis sangatlah merepotkan. Perhatian yang terbagi antara dua kutub yang cukup berbeda membuat bisnisnya jalan di tempat. Tiga tahun setelah start, dia memutuskan keluar dari perusahaan.

" Selama tiga tahun saya merasakan tidak ada perkembangan apa-apa. Karena ternyata perubahan dari karyawan ke self-employee itu tidak mudah. Kerja sambil ngurusi bisnis. Perhatian terbagi kan. Akhirnya saya memutuskan untuk resign tahun 2016 dan mulai fokus," kata dia.

5 dari 8 halaman

Tak Mudah

Namun, memulai bisnis, apalagi dari nol, bukan hal yang mudah. Tantangan utama adalah tanggapan keluarga yang bertolak belakang dengan semangat serta optimisme yang coba dia bangun.

" Besar sekali (tantangan dari keluarga). Terutama keluarga besar. Bagaimanapun juga orang tua saya. Saya dari Nganjuk, Jawa Timur, ingin anaknya di Jakarta bekerja di perusahaan kan luar biasa. Jadi ketika saya minta izin untuk resign tidak diizinkan," kata dia.

" Ke istri saya juga tidak diizinkan. 'Lho kamu kan sudah kerja enak-enak kok keluar nanti bagaimana?' Tapi saya percaya jodoh, mati, rejeki ada di tangan Allah," kata dia.

6 dari 8 halaman

Bermodal Rp200 Juta

Tapi Agung sudah terlanjur basah. Berbekal modal Rp 200 juta hasil tabungan dan patungan dari beberapa teman, dia mulai membangun bisnis. Hal pertama yang dia buat adalah mengubah brand menjadi 'Ayam Geprek Juara' dan mendesain ulang outlet.

" Karena saya sadar saya bukan orang kuliner, makanya saya berkolaborasi dengan teman-teman. Ada yang dia tahu produk, tahu operation, ada yang tahu marketing, kita kolaborasi. Kita bikin, dulu sederhana, ketika sudah resign saya redesain biar lebih kekinian, lebih bagus. Juara itu ada singkatannya Jaringan Usaha Amanah Ridho Allah," ujar dia.

Sebagai pendatang baru di bisnis kuliner, Agung sadar betul bahwa dia perlu strategi khusus, tidak saja agar mampu bersaing, melainkan juga memberi produk yang berbeda dengan penjual ayam geprek yang lain.

" Itu yang pertama kita harus menentukan fungsional selling poin. Contoh Rp15 ribu makan sepuasnya. Nasi ambil sendiri, ayam ambil sendiri, milih sendiri satu, sambel dan es teh tawar gratis. Saya rasa itu harga yang sangat menarik," kata dia.

Yang kedua, sambal diulek di depannya, baru bayar dan makan. Supaya menarik banyak orang, Agung mengubah interior dan eksterior lebih menarik untuk difoto.

“ Interior dan eksteriornya kita bikin instagramable banyak tulisan, poster yang lucu-lucu agar orang ketika dia makan dia merasa nyaman dan dia mau eksis,” kata dia.

7 dari 8 halaman

Gunakan Strategi `Emotional Selling`

Tak hanya dari sisi harga. Agung juga berupaya 'membius' para costumer secara emosional. Dia merasa perlu mengusung satu tema tertentu untuk memberi warna tersendiri bagi produknya. Tema yang dia usung adalah nasionalisme.

Tema ini, kata dia, coba dia gambarkan dalam produk sejak awal. Karena itulah dia memilih me-launching 'Ayam Geprek Juara' pada 20 Mei 2017, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

" Emotional selling poin. Ayam geprek juara kita ngomongnya nasionalisme. Kamu makan di ayam geprek juara berarti kamu membela kuliner anak bangsa. Kamu makan di tempat makan luar negeri kamu bayar royalti. Kamu complain dolar menguat, rupiah melemah, padahal kamu makan di sana. Gigitanmu melemahkan rupiah. Itu yang ingin kita bawakan. Bukan cuma di ayam geprek juara. Makanlah di kuliner anak bangsa. Kuliner lokal. Semangatnya itu," tegas Agung.

8 dari 8 halaman

Punya 67 Outlet

Meskipun enggan membeberkan omzet yang dia peroleh setiap bulan, dia mengaku produknya cukup menguntungkan. Terbukti dari penyebaranya di 26 kota di Indonesia dengan total 67 outlet, 55 di antaranya beroperasi dengan mengusung produknya.

" Karyawan kan kita waralaba ya. Karyawan orang ya karyawan dia. Tapi kalau di outlet yang punya saya, kira-kira 100-an orang. Punya saya ada 12 outlet. Jumlah karyawan masing-masing bisa 8 sampai 9 orang," ujarnya.

Melihat kembali langkah awal dia mulai membangun usaha serta tantangan yang dia hadapi, Agung menegaskan bahwa poin penting dalam membangun usaha bukan saja modal dan keinginan, tapi juga strategi dan juga keberanian mengambil risiko.

" Saya yakin andaikata waktu itu pendapatan saya turun, kalau saya berhasil ini pasti akan lebih besar daripada yang dulu. Ternyata berhasil," kata dia.

Join Dream.co.id