`Suka Bicara Sendiri` Tanda Calon Orang Sukses?

Dinar | Rabu, 20 Juli 2016 09:44
`Suka Bicara Sendiri` Tanda Calon Orang Sukses?

Reporter : Syahid Latif

Ada tiga intervensi stimulan yang dipakai. Bicara pada diri sendiri, imagery, dan strategi jika.

Dream - Anda yang gemar berbicara sendiri, tak perlu lagi malu. Sebuah penelitian menyebut kebiasaan ini merupakan salah satu ciri orang yang bakal meraih sukses. 

Penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology itu meneliti bagaimana teknik psikologis yang berbeda bisa mempengaruhi kesuksesan seseorang saat bermain video game online.

Tim peneliti melakukan studi terhadap 44.742 peserta dengan rentang usia antara 16 sampai 92 tahun. Para peserta penelitian ini direkrut melalui proyek BBC Lab UK, situs laboratorium publik milik BBC di Inggris.

Para peserta diminta untuk menggunakan salah satu dari tiga intervensi keterampilan psikologis (cara yang melibatkan mental) dalam menyelesaikan tugas.

Intervensi keterampilan psikologis yang pertama menggunakan metode imagery. Para peserta diberitahu untuk membayangkan diri mereka sebagai orang sukses dalam situasi tertentu.

Untuk intervensi keterampilan psikologis kedua, para peserta menggunakan metode self-talk. Metode ini meminta para peserta untuk berbicara pada diri mereka sendiri bahwa mereka mampu mencapai level permainan yang paling tinggi.

Intervensi keterampilan psikologis yang ketiga meminta para peserta menggunakan metode if-then plan yaitu mereka membuat strategi jika-maka untuk mencapai hasil akhirnya.

Semua kemudian diuji berdasarkan empat aspek berbeda dari kinerja, yaitu proses, hasil, pengendalian emosi, dan instruksi (bagaimana mereka mendapat hasil melalui proses).

Tim peneliti menemukan peningkatan terbesar dalam prestasi ketika peserta menggunakan metode self-talk, dan mengatakan pada diri mereka sendiri: " Saya bisa mengalahkan skor terbaik saya di waktu berikutnya."

Strategi teratas berikutnya adalah ketika peserta mengatakan kepada diri mereka sendiri bahwa mereka bisa " bereaksi lebih cepat saat ini."

Sementara imagery-outcome (membayangkan diri Anda melakukan lebih baik daripada terakhir kali) dan imagery-process (membayangkan diri Anda bereaksi lebih cepat daripada terakhir kali) menjadi pilihan terbaik berikutnya dalam menambah kinerja untuk meraih sukses.

Namun tim menemukan bahwa metode jika-maka tidak membuat perbedaan yang signifikan dalam prestasi.

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id