Pikir Dua Kali Jika Beli 6 Barang Ini dari Situs Belanja Online

Dinar | Sabtu, 21 September 2019 08:00
Pikir Dua Kali Jika Beli 6 Barang Ini dari Situs Belanja Online

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Suka belanja online? Coba pikirkan lagi ketika ingin membeli beberapa barang berikut ini.

Dream – Zaman digital memang serba memudahkan. Dengan kecepatan internet yang semakin cepat, berbagai kebutuhan dan keinginan bisa tersalurkan. Kamu juga bisa membeli apapun dengan berbagai aplikasi e-Commerce yang semakin menjamur.

Membeli makanan, mengantar barang, membeli tiket perjalanan hingga membeli barang dari berbagai negara bisa kalian lakukan hanya melalui situs online. 

Sayangnya kemudahan yang disediakan tak dibarengi dengan ketelitian. Banyak netizen yang harus menekuk wajah saat barang yang dibeli ternyata tak sesuai harapan. Bisa karena salah memilih atau memang pemilik lapak yang nakal. 

Yup, meski tinggal menyentuh layar, kamu tetap harus meneliti barang yang akan dibeli melalui aplikasi e-Commerce. Apalagi jika barang yang dibeli berharga sangat mahal, langka, atau memang sangat kamu butuhkan. 

Beberapa barang berharga ini ada baiknya kamu beli secara offline. Kecuali kamu sudah sangat percaya dengan platfrom e-Commerce favoritmu.

Berikut beberapa barang yang sebaiknya berpikir dua kali jika dibeli dari situs belanja online:

2 dari 7 halaman

Belanja Online Perabotan Rumah

 Suka Belanja Online? Pikirkan Kembali Jika Beli Barang Ini

Menurut pakar belanja online untuk FatWallet.com, Brent Shelton, “ Pergilah ke toko online untuk mencari tahu apa yang kalian butuhkan, namun pergilah ke toko furniture untuk membeli barang tersebut”.

Shelton menyarankan sebaiknya kamu menggunakan toko online hanya untuk melakukan riset sebanyak mungkin karena menghemat waktu daripada harus shopping ke mal. Kamu pasti tahu jika perabotan rumah memiliki ratusan model dan tipe yang akan membuat kalian bingung

Mendatangi toko furniture juga akan membuat kamu merasa lebih puas. Kamu bisa langsung memastikan kondisi barang baik bahan yang digunakan maupun harga yang ditawarkan. Bahkan, tidak jarang toko furniture akan memberikan pada kalian diskon secara khusus loh Sahabat Dream.

3 dari 7 halaman

Belanja Online Perlengkapan Rumah

 Suka Belanja Online? Pikirkan Kembali Jika Beli Barang Ini

Selain perabotan rumah, sebaiknya kalian juga harus memikirkan ulang jika ingin belanja online mengenai perlengkapan rumah. Kalian tentu ingin merasakan langsung kondisi bahan yang dipakai dalam perlengkapan rumah tersebut. Misalnya seperti tirai, karpet, hingga tempat tidur sekalipun.

Pakar konsumen dan keuangan, Andrea Woroch, warna yang disuguhkan pada toko online dapat terlihat berbeda dari warna aslinya. Hal tersebut terkadang membuat para konsumen sedikit merasa kecewa saat barang tersebut sampai ke tangannya.

Tidak hanya itu saja, kualitas bahan juga tidak mungkin bisa dinilai hanya dengan melihat melalui sebuah halaman website saja. 

4 dari 7 halaman

Belanja Online Beberapa Kosmetik

 Suka Belanja Online? Pikirkan Kembali Jika Beli Barang Ini

Selanjutnya, sebaiknya pikirkan dua kali jika kalian ingin membeli produk kosmetik yang belum pernah dicoba sebelumnya. Namun, jika kalian sudah pernah mencobanya dan terasa cocok, maka tidak apa-apa untuk membeli secara online sesekali.

“ Banyak pembelian online yang tidak akan menerima barang tersebut kembali lagi jika sudah dalam kondisi segel telah terbuka,” ujar Brent Shelton.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada kalian, sebaiknya belilah kosmetik baru di toko-toko yang memungkinkan kalian untuk mengembalikan barang setelah dibuka. Jika tidak, sebaiknya cobalah terlebih dahulu kosmetik baru tersebut dengan tester yang biasanya telah disediakan di counter.

5 dari 7 halaman

Belanja Online Sepatu

 Suka Belanja Online? Pikirkan Kembali Jika Beli Barang Ini

Menurut Andrea Woroch, membeli sepatu yang tidak sesuai keinginan, ukuran, warna, atau bentuk tentu saja akan membuang uang kalian. Tapi jangan lantas kamu beranggapan tak boleh boleh belanja online sepatu dan sandal ya Sahabat Dream.

Kalian tetap masih bisa belanja online selama website tersebut bisa dipercayai. Selain itu, pastikan kalian memilih toko online yang memungkinkan untuk terjadi pengembalian barang, mengetahui sangat sulit menemukan ukuran yang pas pada kaki.

6 dari 7 halaman

Belanja Online Alat Musik

 Suka Belanja Online? Pikirkan Kembali Jika Beli Barang Ini

Membeli gitar murah sekadar untuk memainkannya tidak akan terjadi masalah jika dibeli lewat situs online. Namun, akan menjadi masalah jika kalian hendak membeli instrumen kelas atas. Bukan berarti toko online semuanya buruk ya Sahabat Dream.

Menurut Brent Shelton, yang menarik dari instrumen kelas atas adalah teknik pembuatannya yang dilakukan secara berbeda. Para seniman perakit instrumen musik biasanya membuat karya sebaik mungkin.

Daripada nantinya kalian merasa menyesal, lebih baik lakukan pembelanjaan secara langsung pada toko alat musik di kota kalian.

7 dari 7 halaman

Belanja Online Perhiasan

 Suka Belanja Online? Pikirkan Kembali Jika Beli Barang Ini

Dengan kemewahan yang ditawarkan oleh beberapa perhiasaan khususnya berlian, pastikan kalian tidak akan pernah melakukan belanja online untuk ini. Meskipun termasuk ke dalam salah satu barang mewah, namun saat ini sudah banyak sekali produk tiruan yang dijual seharga produk asli. Tentu kalian tidak ingin tertipu bukan?

Nah, untuk itu pastikan kalian ikut terlibat secara langsung dalam proses transaksi sejumlah perhiasaan khususnya berlian. Menurut Andrea Woroch, kalian harus memastikan apakah ada kekurangan serta memastikan kejernihan dan warna yang ada di berlian apakah telah sesuai dengan keinginan kalian.
 
 
 
(Sumber: Reader’s Digest)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id