Sudah Lamar Kerja, Kok Belum Dipanggil Wawancara? Ini Sebabnya

Dinar | Rabu, 26 Juni 2019 07:36
Sudah Lamar Kerja, Kok Belum Dipanggil Wawancara? Ini Sebabnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bisa jadi ini tiga penyebabnya.

Dream – Panggilan wawancara kerja menjadi sebuah kabar yang menggembirakan untuk para pencari kerja. Tak jarang untuk mendapatkan panggilan ini butuh kerja keras karena bukan merupakan hal yang mudah.

Terkadang, surat lamaran sudah dikirim, namun baru enam bulan kemudian mendapat panggilan untuk melakukan tes masuk kerja. 

Dikutip dari Karir.com, Rabu 26 Juni 2019, ada tiga penyebab yang membuat kamu tak segera dipanggil untuk wawancara.

Pertama, tidak sesuai dengan kualifikasi. Pencari kerja harus menyadari bahwa proses rekrutmen adalah sebuah proses yang cukup rumit dan tidak mudah. Perusahaan mau tidak mau mencari calon pegawai yang sesuai dengan kebutuhan posisi dari perusahaan.

Perusahaan akan repot kalau mempekerjakan orang yang salah. Makanya, pemberi kerja akan berhati-hati dalam menerima pegawai.

Kualifikasi pekerjaan yang sudah dibuat tentunya menjadi patokan utama bagi perusahaan dalam menerima pegawai. Kualifikasi ini tentunya disesuaikan dengan job desk dari posisi tersebut agar pencapaian kerja bisa mencapai maksimal.

Jika belum dipanggil oleh pihak perusahaan, ada kemungkinan profil kamu tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2 dari 6 halaman

Informasi Lamaran Tidak Lengkap

Seorang rekruter memiliki waktu yang sangat sedikit untuk memeriksa berkas lamaran yang kamu kirim. Selain itu biasanya mereka juga meminta dokumen pendukung lainnya untuk melamar kerja di sebuah posisi.

Karena sempitnya waktu, rekruter terkadang tidak meneruskan berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak jelas. Keputusan ini diambil agar kandidat yang sudah sesuai bisa diproses lebih cepat.

Agar hal ini tidak terjadi kepada kalian, lakukan cek lamaran kalian sebelum dikirimkan. Pastikan seluruh informasi dan dokumen sudah lengkap.

Jangan lupa persyaratan dari perusahaan untuk posisi yang diinginkan sudah sesuai.

3 dari 6 halaman

Mengirim Lamaran Seenaknya

Terkadang perusahaan membuka kesempatan untuk melamar melalui email perusahaan atau rekruternya secara langsung. Ini sebenarnya dilakukan agar proses lamaran bisa dilakukan lebih cepat.

Akan tetapi, masih banyak pelamar yang tidak bisa memanfaatkan hal ini dengan baik. Masih banyak pelamar yang mengirimkan email sesuka hatinya tanpa mengetahui bagaimana cara mengirim email yang baik kepada perusahaan.

Walau channel tersebut sudah dibuka untuk pelamar tetap saja ada etiket untuk melamar kerja. Jangan pernah mengirim lamaran kerja melalui email hanya dengan melampirkan dokumen pribadi bahkan terkesan sebagai email kaleng yang tidak jelas.

Gunakan subject email yang sudah disediakan oleh perusahaan. Jika tak ada, kamu bisa menyesuaikan subjeknya dan pastikan juga mudah dimengerti oleh penerima. Ceritakan latar belakang dan tujuan kalian mengirim email. Jangan lupa kalimat penutup serta nomor kontak yang bisa dihubungi perekrut.

Cara ini bisa membuat rekruter mengetahui latar belakang dan juga maksud kalian mengirim email tersebut. Setidaknya pihak perusahaan bisa tahu bahwa kalian adalah kandidat yang profesional dan tahu bagaimana berbicara dalam konteks bisnis.

4 dari 6 halaman

3 Trik Bikin CV Lamaran Kerja Dilirik Perusahaan

Dream – Ketika hendak melamar pekerjaan, satu tahapan yang pasti dilalui setiap pencari adalah membuat curriculum vitae (CV). Dkumen berisi data pribadi pelamar kerja ini merupakan gerbang pertama agar bisa memikat perusahaan impian.

CV akan memberi tahu calon perusahaan yang diincar mengenai data diri, keterampilan, pengalaman, dan latar belakang pendidikanmu. Dengan membuat CV dengan benar, tentu saja peluangmu dipanggil dan masuk daftar kandidat akan terbuka lebar.

Dengan kata lain, CV merupakan kesempatan pertama kamu untuk “ menjual diri” kepada calon atasan perusahaan yang diimpikan.

Mengingat posisinya yang sangat penting, mempersiapkan dokumen CV tentu tak bisa dibuat sembarangan. Kamu harus memberikan kesan pertama yang terbaik.

Perlu diingat, usahakan CV yang kamu buat terlihat menonjol dan berbeda dari yang lain. Tinggalkan kesan tak terlupakan saat pencari kerja membaca CV kamu di 10 detik pertama.

Terdengar mudah dibaca namun sulit diterapkan memang. Namun bukan berarti tidak mungkin dilaksanakan.

Berikut ini adalah tiga tips agar bisa membuat CV yang kece, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 31 Januari 2019.

 

5 dari 6 halaman

Perhatikan Bahasa

Presentasikan dengan Jelas

Pastikan CV kamu disajikan dengan baik, terstruktur, dan mudah dibaca. Kamu bisa membaginya menjadi beberapa bagian, seperti keterampilan utama, riwayat pekerjaan, pendidikan, pelatihan, dan minat.

Gunakanlah poin-poin dan kalimat yang pendek. Jangan lupakan ejaan dan tata bahasa yang digunakan. Usahakan CV tidak melebihi 3 lembar.

Perhatikan Bahasa yang Digunakan

Untuk membuat CV yang baik, gunakanlah bahasa yang profesional dan formal. Hindari jargon dan akronim yang sulit dipahami oleh beberapa orang.

Walaupun sudah banyak layanan jasa pembuatan CV, lebih baik kamu membuatnya sendiri. Tujuannya agar kamu bisa menyesuaikan jawaban yang tertera di CV.

Jangan segan meminta bantuan teman untuk memeriksanya. Kadang kita tak sadar telah melakukan kesalahan penulisan.

Sesuaikan CV dengan Perusahaan yang Akan Dilamar

Kebanyakan perusahaan akan melihat pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki sudah sesuai dengan persyaratan pekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Untuk itu, kamu harus punya pengalaman dan kemampuan yang relevan.


(Sumber: Liputan6.com/Ayu Lestari Wahyu Puranidhi)

6 dari 6 halaman

Bernama Saddam Hussein, Lamaran Kerja Pria Ini Selalu Ditolak

Dream - Pria asal kota Jamshedpur, India, merasa frustasi karena kesulitan mencari kerja. Padahal, dia lulusan salah satu perguruan tinggi beken negeri itu, Universitas Noorul Islam Tamil Nadu.

Bukan karena indeks prestasi buruk. Pemuda itu tak kunjung mendapat pekerjaan karena perkara nama. Sang kakek memberinya nama sama dengan mantan pemimpin Irak yang digantung karena dinyatakan melakukan kejahatan, Saddam Hussein.

Pemuda bernama Saddam Hussein itu lulus sebagai insinyur kelautan dua tahun lalu. Sejak lulus itu, dia terus mengirim lamaran kerja ke berbagai perusahaan. Terhitung sudah 40 kali dia melayangkan lamaran, tapi tak satu pun yang meliriknya.

Saddam Hussein justru merasa nama itu menjadi beban hidup. Oleh karena itu, dia memutuskan untuk mengajukan permohonan pengubahan nama ke pengadilan. Upaya itu berhasil, kini namanya menjadi Sajid.

" Orang-orang takut mempekerjakan saya, mereka khawatir akan menghadapi masalah dengan petugas imigrasi di perbatasan," kata Sajid.

Meski demikian, persoalan Sajid belum benar-benar selesai. Penyebabnya, seluruh ijazah pendidikan yang dia miliki masih menggunakan nama Saddam Hussein.

Sajid kini tengah menunggu sidang pada 5 Mei mendatang. Sidang tersebut akan memutuskan apakah nama lamanya bisa diubah berikut yang tercantum pada ijazahnya.

Sumber: Alarabiya.net

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id