Sudah Lama Kerja Tapi Gaji Nggak Naik-naik, Jangan-jangan...

Dinar | Selasa, 6 Februari 2018 10:43
Sudah Lama Kerja Tapi Gaji Nggak Naik-naik, Jangan-jangan...

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Rasanya kesal juga kalau tidak naik gaji padahal sudah bekerja bertahun-tahun.

Dream Sahabat Dream pernah merasa kesal karena gaji tidak naik-naik meskipun sudah bekerja selama bertahun-tahun? Atau pernah permintaan kenaikan gaji ditolak perusahaan? Kira-kira kenapa, ya?

Jika gaji tidak naik-naik meskipun sudah bekerja cukup lama (kalaupun naik gaji, naiknya tidak signifikan), jangan buru-buru emosi. Lebih baik intropeksi diri ke dalam diri. Jangan-jangan penyebabnya ada di dalam diri.

Contohnya, kemampuan kerja yang standar dan biasa saja. Sahabat Dream bekerja cukup lama dan termasuk ke dalam kategori senior. Tapi, kemampuan kerja biasa-biasa saja.

Ini membuat perusahaan enggan menaikkan gaji. Perusahaan memerlukan karyawan yang serba bisa dan kemampuan yang luar biasa.

Penyebab yang lain bisa jadi Anda minder dengan kemampuan diri dalam bekerja. Rasa tidak percaya diri ini akan menghambat Sahabat Dream untuk berkembang, padahal Anda punya kemampuan kerja yang baik.

Atau bisa jadi Sahabat Dream tidak pernah “ curhat” tentang gaji terhadap perusahaan karena merasa sungkan. Misalnya, negosiasi ulang gaji karena beban pekerjaan berat, tapi gaji masih segitu-gitu saja.

Padahal, dengan curhat, perusahaan akan mendengarkan permasalahan dan kemungkinan gaji naik akan terbuka. Tapi, kalau diam-diam saja, ya, perusahaan akan menganggap Anda baik-baik saja.

Bisa jadi pula Anda mengajukan kenaikan gaji di waktu yang tidak tepat. Misalnya Anda mengajukan kenaikan gaji ketika kondisi perusahaan bermasalah. Perusahaan tak cukup memiliki anggaran untuk menaikkan gaji karyawan. Anda juga bisa menanyakan rekan-rekan kerja yang lebih berpengalaman tentang waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji. 

Kemungkinan lainnya perusahaan tak kunjung menaikkan gaji karyawan adalah mereka takut kenaikan gaji akan merembet ke hal-hal lain. Jika ada di posisi ini, tak ada salahnya mencai pekerjaan baru. Carilah perusahaan yang lebih menghargai Anda. (ism) 

Terkait
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id