Studi: Semakin Tua, Karyawan Merasa Tambah Stres di Kantor

Dinar | Rabu, 30 Januari 2019 11:15
Studi: Semakin Tua, Karyawan Merasa Tambah Stres di Kantor

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kamu pernah merasa stres kantor, Sahabat Dream?

Dream – Setiap karyawan pernah merasakan stres di tempat kerja. Namun, karyawan senior lebih sering merasakannya.

Ini terungkap dalam kajian yang dilakukan oleh Universitas Negeri Portland, Oregon, Amerika Serikat.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu 30 Januari 2019, banyak hal negatif di kantor yang bisa mempengaruhi kepuasan kerja antara karyawan muda dan pegawai tua. Malah, hal negatif itu lebih merugikan karyawan senior.

" Kepuasan kerja merupakan hak karyawan yang harus diberikan oleh para atasan, tak peduli muda atau muda. Kamu tentu tak ingin bekerja dengan kebijakan perusahaan seperti, karyawan muda diperlakukan begini sementara yang lebih tua diperlakukan begitu," kata professor psikologi Portland State University, Donald Truxillo.

Kenyataannya, ada beberapa sistem sumber daya manusia yang sangat peka terhadap usia. Sistem itu sebaiknya lebih fokus terhadap pelatihan pada para manajer. Hal ini bertujuan agar para atasan bisa lebih peka terhadap kebutuhan karyawan sesuai dengan usia.

Studyfind menyebut tim peneliti melakukan survei terhadap 243 pegawai selama setahun. Umur respondennya di kisaran 24 tahun-64 tahun.

2 dari 2 halaman

Nyaman Jika Dihargai dan Didukung

Penelitian ini juga menemukan seluruh karyawan merasa lebih tenang saat mereka merasa dipercaya dan dihargai di tempat kerja. Saat kurang dukungan dan rasa dihargai, banyak karyawan merasa sangat tertekan.

Temuan ini menunjukkan tekanan sangat terasa kepada karyawan yang berusia lebih tua. Tapi, mereka akan merasa lebih berguna di tempat kerja jika ada interaksi bermakna dengan yang lebih muda.

Terlepas dari berbagai permasalahan di tempat kerja, semua karyawan muda dan tua akan merasa tertekan jika hubungannya buruk dengan atasan. Namun, kurangnya perhatian dari atasan juga punya dampak yang berbeda.

Karyawan yang lebih tua akan cenderung lebih tertekan dibandingkan karyawan muda jika dihadapkan pada situasi yang serupa.

(Sumber: Liputan6.com/Sisca Amelie F. Deil)

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id