Punya Bos Kejam Tak Selamanya Buruk, Ini Kajiannya

Dinar | Jumat, 23 Agustus 2019 10:24
Punya Bos Kejam Tak Selamanya Buruk, Ini Kajiannya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mengapa demikian? Yuk cari tahu.

Dream – Memiliki bos yang kejam, suka menghina, dan mengerikan acapkali menjadi mimpi buruk bagi karyawan di perusahaan. Bagi karyawan, bos dengan gaya 'kejam' kerap membuat sulit bekerja.

Tapi, ada penelitian baru yang menunjukkan bahwa bos kejam tak selamanya buruk. Pimpinan seperti ini justru malah punya pengaruh baik bagi karier.

Dikutip dari Studyfinds.org, Jumat 23 Agustus 2019, ada kajian dari University of Central Florida, Amerika Serikat yang diterbitkan di Journal of Applied Psychology. Kajian ini menunjukkan bahwa perilaku dan perlakuan buruk orang-orang di posisi manajemen tak selalu mengarah kepada perilaku yang sama kepada bawahannya.

Justru, mereka akan memperlakukan bawahannya lebih baik ketika menjadi pimpinan.

“ Beberapa karyawan yang dilecehkan oleh bos mereka, memutuskan untuk tidak mengulangi pola itu kepada bawahannya. Mereka menjadi pemimpin yang luar biasa dari tim,” kata salah seorang penulis kajian, Shannon Taylor—profesor University of Central Florida College of Business.

Taylor mengatakan penelitannya menyoroti orang-orang yang menjadi korban dari pimpinannya di tempat kerja. Para manajer yang dulunya jadi korban bisa menolak gaya kepemimpinan itu dan membingkainya menjadi gaya kepemimpinan yang lebih baik.

2 dari 6 halaman
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id