Toksoplasma dari Kucing Bikin Pebisnis Jadi Sukses?

Dinar | Jumat, 5 Juli 2019 18:36
Toksoplasma dari Kucing Bikin Pebisnis Jadi Sukses?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kok bisa?

Dream – Kamu penyuka kucing dan memelihara hewan lucu ini di rumah? Selain ketakutan akan infeksi toksoplasma, ternyata ada kabar dibalik serangan parasit itu. Setidaknya keyakinan itu dipegang oleh para ilmuwan.

 

Sebuah studi menemukan bahwa infeksi parasit yang ditularkan kucing, Toxoplasma gondii (T. gondii), bisa meningkatkan kemungkinan seseorang terlibat dalam aktivitas berkaitan dengan bisnis dan kewirausahaan.

Dikutip dari studyfinds.org, Minggu 7 Juli 2019,  mengutip dari penelitian sebelumnya, ada 2 miliar orang di seluruh dunia terinfeksi dengan T. gondii menyebabkan toksoplasmasosi dan telah menyebabkan perilaku impulsif bersama dengan risiko kecelakaan mobil, kemarahan di jalan, penyakit mental, neurosis, bunuh diri, dan penyalahgunaan narkoba.

Para peneliti dari University of Colorado di Boulder, Colorado, Amerika Serikat, meneliti 1.495 mahasiswa. Hasilnya, mereka yang terinfeksi T.gondii memiliki 1,4 kali lebih besar untuk mengambil bisnis dan 1,7 kali memilih pendidikan bidang manajemen atau kewirausahaan.

Survei juga dilakuan terhadap 197 profesional yang menghadiri acara kewirausahaan dan menemukan bahwa mereka yang terinfeksi 1,8 kali lebih mungkin memulai bisnis mereka sendiri daripada peserta lainnya.

Tak hanya itu, para penulis juga mengambil penelitian secara global dan mengumpulkan statistik nasional dari 42 negara di seluruh dunia. Tingkat infeksi di negara-negara yang dianalisis berkisar antara 9 persen di Norwegia sampai 60 persen di Brasil. Para peneliti juga menemukan bahwa infeksi T.gondii konsisten dari kegiatan kewirausahaan,

“ Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa mikroorganisme yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari memiliki potensi untuk mempengaruhi inang mereka secara signifikan,” kata anggota penulis, Pieter Johnson.

Sekadar informasi, studi ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of The Royal Society B.

2 dari 9 halaman
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id