Studi: Orang yang Kerja di Akhir Pekan Lebih Rentan Depresi

Dinar | Minggu, 17 Maret 2019 08:00
Studi: Orang yang Kerja di Akhir Pekan Lebih Rentan Depresi

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tak sedikit orang yang masuk kerja pada Sabtu dan Minggu.

Dream – Sahabat Dream, banyak dari kita yang bekerja pada akhir pekan. Entah dia lembur, bekerja part time, atau menjalankan bisnisnya.

Tapi, ada temuan yang mengejutkan tentang bekerja pada akhir pekan. Sebuah studi menunjukkan orang yang bekerja pada akhir minggu berisiko terserang depresi.

Dikutip dari World of Buzz, Minggu 17 Maret 2019, fakta ini dibeberkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health di University of College London, Departemen Riset dan Regulasi Umur di Inggris, serta Queen Mary University of London.

Studi ini berkaitan dengan riset terhadap 11.215 orang pria dan 12.188 wanita. Kajian itu menetapkan definisi standar bekerja, begini rinciannya:

  1. Jam kerja normal: 35-40 jam per minggu
  2. Kurang dari normal: kurang dari 35 jam per minggu
  3. Jam kerja panjang: 41-55 jam per minggu
  4. Jam kerja sangat panjang: di atas 55 jam per minggu.

Studi tersebut menunjukkan bahwa wanita yang bekerja pada jam kerja sangat panjang atau masuk ketika akhir pekan, memiliki kesehatan mental terburuk daripada pria. Wanita ini lebih sering depresi daripada yang bekerja pada jam normal.

2 dari 2 halaman

Pria Bisa Depresi Masuk Akhir Pekan Karena Ini

Meskipun demikian, sangat penting dicatat bahwa bekerja pada akhir pekan berkaitan dengan peningkatan risiko depresi kepada pria dan wanita.

Kajian ini menunjukkan pria yang bekerja lebih banyak atau lebih sedikit dari jam normal, kecil kemungkinan terkena depresi.

Tapi, pria bisa saja tertekan ketika bekerja pada akhir minggu. Hal ini disebabkan oleh mereka tak suka keadaan pekerjaannya.

Karena penelitian ini hanya berdasarkan kepada pengamatan, para peneliti tak bisa menetapkan sebab dan akibat bekerja pada akhir pekan.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id