Stadion Piala Dunia Sejuk Berkat Atap Buatan Negara Muslim

Dinar | Selasa, 15 Juli 2014 11:00
Stadion Piala Dunia Sejuk Berkat Atap Buatan Negara Muslim

Reporter : Sandy Mahaputra

Dalam ajang Piala Dunia 2014, ribuan penggemar sepakbola menikmati pengalaman baru, merasakan sejuknya stadion-stadion di tengah udara panas.

Dream - Selama pagelaran Piala Dunia 2014, ribuan penggemar sepakbola menikmati pengalaman baru, merasakan sejuknya stadion-stadion di tengah udara panas. Itu akibat penggunaan atap dari bahan polikarbonat Lexan buatan pabrik kimia Arab Saudi, Sabic.

Bahan polikarbonat ringan, kuat dan bisa menahan sinar ultra violet (UV) ini dipilih sebagai atap dan fasad bagi empat stadion utama di Brasil, yakni Arena da Baixada di Curitiba, Arena Pantanal di Cuiabá, Stadion Coritiba Football Club di Curitiba dan Arena Gremio di Porto Alegre.

Polikarbonat Lexan memiliki keunggulan dibandingkan dengan bahan lainnya. Dibandingkan dengan kaca, lembaran polikarbonat Lexan dari Sabic secara signifikan lebih ringan.

Di saat yang sama, bahan polikarbonat itu menawarkan tingkat kekakuan yang tinggi dan 250 kali lebih kuat dalam menahan risiko kerusakan dari angin, hujan es dan cuaca ekstrem lainnya.

Bahan yang tahan api ini juga menawarkan ketahanan yang sangat baik terhadap radiasi sinar UV. Sehingga mampu memantulkan panas lebih banyak pada siang hari dan mengurangi penggunaan pendingin udara yang membutuhkan energi listrik yang besar. Kelebihan lainnya, bahan buatan Sabic ini sangat mudah dalam pemasangannya tanpa mengurangi nilai estetika.

Lembaran polikarbonat Sabic Lexan telah memenuhi persyaratan konsep desain yang unik bagi bangunan untuk olahraga. Dengan demikian, Lexan Sabic telah menjadi pilihan utama arsitek untuk menciptakan lebih dari 50 stadion di seluruh dunia.

(Sumber: Saudi Gazette)

Join Dream.co.id